Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus?

bagaimana memilih agama kristen yang baik?
Bagaimana Memilih Agama Kristen Yang Baik Dan Sejati?
SALAH SATU FAKTOR yang mempengaruhi manusia dalam berpikir, berperilaku, berpandangan hidup, berinteraksi dengan sesama, bahkan kehidupan kekal dan lain-lain hal adalah agama kepercayaan yang dianutnya. Dan bagi Saudara yang sedang belajar dengan Saksi Yehuwa ingin menjadi seorang Saksi atau ingin mengetahui siapa dan apa ajaran Saksi-Saksi Yehuwa sebenarnya, silahkan pelajari thread artikel ini yang akan memberikan panduan rangkuman isi blog ini.

PENGANTAR UMUM

Blog Membongkar Fakta Di Balik Ajaran Sesat Saksi Yehuwa tidak dibuat dengan fokus utama pada debat atau diskusi ayat-ayat Alkitab dengan Saksi-Saksi Yehuwa, misalnya apakah Yesus adalah Allah sejati atau suatu allah, manusia akan hidup di surga atau di bumi firdaus, dan lain-lain hal yang biasa menjadi ajang perdebatan antara doktrin Kristen vs. Saksi Yehuwa. Bagi penulis, diskusi yang demikian adalah suatu kesia-siaan karena apa yang diyakini oleh seorang Saksi Yehuwa sebenarnya adalah tafsiran badan pimpinan (pemimpin tertinggi) Saksi Yehuwa terhadap Alkitab, bukan apa yang dinyatakan Alkitab (baca di sini). Oleh karena itu, apapun perdebatannya tidak akan ada penyelesaian yang memuaskan. Misalnya tidak ada konsep Alkitabiah yang mengajarkan hanya ada sekelompok orang yang berhak menafsirkan Alkitab secara eksplisit dan umat lainnya diwajibkan untuk taat mengikuti apapun juga tafsirannya. Namun demikian, Saksi Yehuwa percaya ada sekelompok orang yang berhak menafsirkan Allah untuk ditaati mutlak oleh anggota lainnya berdasarkan Matius 24:45-47 yang menyebut dirinya sebagai “hamba setia dan bijaksana” yaitu badan pimpinan yang memberikan makanan rohani bagi seluruh Saksi-Saksi Yehuwa. Dan konsep ajaran ini sungguh-sungguh diyakini kebenarannya oleh para Saksi, bahkan tanpa mengakui kedaulatan dan wewenang golongan ini, suatu hal yang tidak mungkin seorang peminat dibaptis menjadi seorang Saksi Yehuwa. Kita lihat kesaksian seorang Saksi Yehuwa yang telah sadar bahwa Saksi Yehuwa sebenarnya lebih percaya kepada badan pimpinan daripada apa yang Alkitab nyatakan:

ketika Badan Pimpinan mengatakan A mereka akan percaya A, ketika Badan Pimpinan merubahnya menjadi B, mereka akan percaya B; tanpa ada kemampuan untuk menolak ketika mereka melihat B itu tidak benar. Jadi iman Saksi bukan kepada Alkitab, iman Saksi kepada Badan Pimpinan. Yang terpenting bagi Saksi bukan apa yang Alkitab katakan, tetapi apa yang Badan Pimpinan katakan, sebab ketika mereka melihat yang Alkitab katakan berbeda dengan yang Badan Pimpinan katakan, mereka lebih percaya kepada Badan Pimpinan. (Truth Servant, di sini)
Nah, jika standard keyakinan Saksi Yehuwa didasarkan kepada tafsiran atau lebih tepatnya opini badan pimpinan-nya atas Alkitab, bukan apa yang Alkitab ajarkan, maka betapa sia-sianya berdiskusi Alkitab dengan seorang Saksi Yehuwa, bukan?

Karena thread ini merupakan rangkuman isi blog ini, maka ada begitu banyak link-link yang akan membawa Saudara kepada halaman baru yang sesuai dengan topik bahasan jika diklik.

Bagi pembaca yang kurang memahami dan ingin mengetahui ajaran Saksi Yehuwa secara umum silahkan klik Tafsiran Kepercayaan Saksi Yehuwa

KULTUS VS. BIDAT

Banyak orang kurang memahami — bahkan termasuk pendeta sekalipun — perbedaan antara kultus dengan bidat. Pada umumnya, orang berpikir bahwa kultus dan bidat merupakan hal yang sama. Faktanya tidak demikian jika Anda membaca artikel Fakta Dan Mitos Tentang Psikologi Kultus. Suatu gerakan agama Kristen dapat mengajarkan ajaran bidat, tetapi belum tentu dipimpin oleh pemimpin kultus. Sebaliknya, pemimpin kultus harus mengajarkan doktrin bidat — khususnya doktrin keselamatan melalui perbuatan baik — karena jika tidak demikian maka pemimpin kultus tidak mampu memanipulasi dan memanfaatkan pengikutnya demi maksud kepentingannya.

Nah, blog ini secara khusus membahas dan menyingkap detail psikologi teknik mind control [meskipun belum tuntas dan akan terus menyingkapnya] yaitu metode yang digunakan oleh pemimpin kultus untuk memanipulasi pikiran, perilaku, emosi dan informasi apa yang dapat diperoleh pengikutnya dengan maksud tujuan tertentu. Dan jika blog ini mengupas masalah doktrin maka yang dikupas adalah ajaran yang benar-benar sesat dan langsung bertentangan langsung dengan apa yang Alkitab ajarkan.

Pemimpin kultus sangat piawai menggunakan teknik psikologi mind control (dulunya dikenal dengan istilah brain wash atau cuci otak) untuk memanipulasi dan memanfaatkan pengikutnya demi maksud tujuannya tanpa disadari sama sekali oleh pengikutnya tersebut. Oleh karena itu, jika blog ini membongkar ajaran kultus atau kebidatan Saksi Yehuwa dan dipresentasikan kepada seorang Saksi; kemungkinan besar ia akan menolaknya karena ia tidak berpikir atau berperasaan demikian. Ini wajar karena semua bekerja secara alam bawah sadar atau lebih tepatnya berada di bawah pengaruh mind control. Misalnya seorang Saksi akan mengatakan bahwa ia percaya pada Yesus, Allah dan Alkitab secara gamblang kepada Anda. Tetapi faktanya tidak demikian. Ia hanya mengira percaya; faktanya tidak percaya kepada Yesus, Allah dan Alkitab. Heran? Tentunya tidak jika Anda telah mempelajari tekniknya.

Atau ketika Anda mempresentasikan pengakuan Saksi Yehuwa sebagai juru bicara atau nabi Allah maka gagasan ini langsung ditolak oleh seorang Saksi karena pertama secara tersurat organisasi Saksi Yehuwa menolak disebut sebagai nabi Allah. Dan kedua, karena Saksi itu belum sungguh-sungguh mempelajari sejarah agamanya dengan baik di mana organisasi mengklaim sebagai nabi secara tersurat maupun tersirat.  Namun demikian, jika kita mempelajari sejarah dan makna tersirat ataupun tersurat dari publikasi terbitan Menara Pengawal mengaku sebagai nabi Allah.

SEJARAH LEMBAGA MENARA PENGAWAL ATAU SAKSI YEHUWA

Bagi saya, membicarakan sejarah organisasi Menara Pengawal merupakan hal yang menarik karena membongkar kepalsuan para pemimpin organisasi ini; baik dari sisi doktrin, klaim-klaim sepihak yang bersifat propaganda dusta dan nubuatan kiamat yang diprediksi berulang kali dan tidak pernah terjadi. Misalnya dusta langsung yang dilakukan Saksi Yehuwa adalah pengakuan Saksi Yehuwa bukan peramal kiamat, tetapi di satu sisi Saksi Yehuwa mengaku pernah salah memprediksi (baca di sini). Mari kita mulai turnya.

1. Charles Taze Russell

Organisasi ini dimulai oleh Charles Taze Russell, sebagai presiden pertama, dengan Siswa-Siswa Alkitab-nya yang mengaku sebagai juru bicara Allah dan penggenapan perumpamaan hamba setia dan bijaksana di Mat. 24:45-47 atas Russell sehingga para pengikutnya mengultuskan atau memujanya. Tentunya pengultusan ini ditutup-tutupi dengan cara mendustai pembacanya oleh organisasi Saksi Yehuwa.

Doktrin dasar Russell dipengaruhi oleh gabungan ajaran kafir bangsa Mesir yaitu Piramida Gizeh dan Kristen Adventist. Berdasarkan perhitungan ruang di dalam Piramida dan kombinasi Alkitab (sinkritisme), Russell mengajarkan bahwa Yesus Kristus sudah hadir secara tidak terlihat tahun 1874 dan bernubuat kiamat terjadi tahun 1914. Dan ketika tidak terjadi dirubah menjadi 1915.

Berdasarkan teologi Saksi Yehuwa masa kini, Charles Russell dan pengikut-pengikutnya dapat dikategorikan sebagai penyembah-penyembah berhala dan akan mendapatkan hukuman dari Allah yaitu dimusnahkan. Baca di sini

2. Joseph Franklin Rutherford

Presiden kedua adalah Joseph Franklin Rutherford. Di bawah kepemimpinan Rutherford doktrin Russell dan segi organisasional mengalami perubahan total. Misalnya dalam hal doktrin perhitungan kronologi waktu berdasarkan Piramida Gizeh dicap sebagai ajaran dari Setan sendiri, kehadiran Kristus secara tidak terlihat di rubah dari 1874 menjadi 1914, pembagian 2 golongan yaitu 144,000 orang yang dikenal sebagai “kaum terurap” akan hidup di surga memerintah bersama Kristus dan jutaan anggota lainnya disebut “kawanan besar” hidup di bumi firdaus dan nama Saksi-Saksi Yehuwa juga dicetuskan oleh Rutherford.

Dari segi organisasi, Rutherford yang bertanggung jawab merubah dari konsep pengultusan kepada individu yaitu Russell menjadi pemujaan kepada organisasi melalui konsep teokrasi-nya yaitu suatu konsep di mana segala sesuatunya ditentukan dan diatur tersentralisasi karena diyakini organisasi ini berada di bawah pengarahan langsung Allah semesta alam. 

Rutherford terlibat dalam praktek spiritisme dengan mengklaim adanya malaikat berbaju putih menyampaikan pesan-pesan kepadanya tanpa suara sehingga buku-buku yang ditulisnya diklaim bukan pendapatnya pribadi melainkan bersumber ilahi. Seperti juga Russell, Rutherford juga nabi palsu karena bernubuat kebangkitan nabi-nabi Perjanjian Lama terjadi pada tahun 1925. Dan ketika nubuatannya tidak terjadi, ia menyalahkan para anggotanya terlalu banyak berimajinasi. Padahal Rutherford lah yang berimajinasi terlalu tinggi dan imajinasi liarnya itu dipercayai oleh Saksi-Saksi Yehuwa sampai hari ini. Salah satu ajarannya yang saya buktikan mustahil terjadi adalah hidup kekal di bumi firdaus yang dijajakan dalam publikasi terbitan Menara Pengawal untuk menarik orang. Hampir seluruh konsep-konsep ajaran Rutherford masih diyakini oleh Saksi Yehuwa sampai hari ini.

Meskipun dalam publikasinya organisasi mengutuk praktek-praktek spiritisme, tetapi bukti-bukti menunjukkan bahwa Saksi Yehuwa terlibat dengan spiritisme. Misalnya meskipun Russell sudah meninggal tetapi diklaim masih mengelola organisasi, terjemahan Yoh. 1:1c yaitu Firman adalah Allah diterjemahkan suatu allah diklaim sesuai dengan terjemahan Johannes Greber, seorang pelaku spiritisme, dan begitu banyak gambar-gambar subliminal dalam publikasi Saksi Yehuwa dapat ditemukan di artikel Menara Pengawal Dan Okultisme, dan Sumber Doktrin Saksi: Yehuwa Atau Setan?.

Satu lagi bukti kegilaan Rutherford dan menjadi suatu tonggak memalukan dalam sejarah Lembaga Menara Pengawal adalah meskipun terbukti nubuatan kebangkitan nabi-nabi Perjanjian Lama tidak terjadi, tetapi ia tetap membangun sebuah rumah bergaya spanyol yang sangat mewah di San Diego, California, Amerika disebut Beth Sarim untuk ditempati oleh para nabi PL. Karena tidak ada nabi-nabi yang bangkit, lalu siapa yang menempatinya? Rutherford, tentunya. Karena nubuatan kebangkitan nabi-nabi PL dan pembangunan Beth Sarim banyak mendapatkan publikasi media waktu itu sehingga banyak orang menghina dan melecehkan organisasi Menara Pengawal maka organisasi berupaya menutupi sejarah Beth Sarim dengan mendustai para pengikutnya yang kurang memahami sejarah organisasinya.

3. Presiden Ke-3: Nathan H. Knorr

Presiden ke-3 adalah Nathan Knorr yang dikenal sebagai seorang organisator ulung. Di bawah kepemimpinannya para Saksi Yehuwa mendapatkan pelatihan yang luar biasa yang masih dapat kita lihat dampaknya sampai saat ini yaitu hafal ayat-ayat Alkitab dan mahir bolak-balik Alkitab.  Sebenarnya program pelatihan para Saksi Yehuwa bukanlah proses mempelajari Alkitab melainkan proses internalisasi absolute doktrin.

Seperti juga presiden sebelumnya, Knorr dan Frederick Franz sebagai wakil presiden tidak lepas dari nabi palsu yang bertanggung jawab atas nubuatan palsu memprediksi terjadi pada tahun 1975 yaitu berakhirnya sejarah manusia. Nubuatan palsu ini membawa pengaruh dan akibat yang luar biasa di kalangan Saksi Yehuwa. Misalnya mereka yang menjual rumah dan menunda berkeluarga/memiliki anak karena percaya kiamat akan terjadi 1975.

Jika dulu pada zaman Russell maupun Rutherford menerbitkan publikasi-publikasinya dengan mencantumkan nama penulisnya, maka pada masa Knorr; tidak lagi ada pencantuman nama individu sebagai penulis. Semua publikasi diterbitkan tanpa nama penulis, melainkan langsung diarahkan kepada organisasi Menara Pengawal yang mengklaim sebagai satu-satunya organisasi Allah di bumi. Tetapi organisasi ini bukanlah berarti impersonal. Organisasi Menara Pengawal sesungguhnya dipersonifikasikan sedemikian rupa agar pembacanya mengarahkan perhatian dan memperlihatkan rasa hormatnya kepada organisasi milik Yehuwa sendiri, karena ia adalah ibu dari para Saksi Yehuwa dan istri tercinta dari Bapa surgawi, Allah Yehuwa.

NABI PALSU DAN ANTIKRISTUS

Istilah kata “antikristus” digunakan oleh Rasul Yohanes dalam surat-suratnya agar orang Kristen mewaspadainya. Yohanes menulis “Anak-anak kecil, ini adalah jam yang terakhir, dan sebagaimana kamu telah mendengar bahwa antikristus akan datang, bahkan sekarang sudah ada banyak antikristus; dari fakta ini kita tahu bahwa inilah jam yang terakhir. Mereka telah keluar dari kita, namun mereka bukan dari jenis kita . . . Siapa gerangan pendusta itu jika bukan orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Inilah antikristus itu, yaitu orang yang menyangkal Bapak dan Putra.” (1 Yoh. 2:18-19, 22, TDB)

Saya percaya bahwa Saksi-Saksi Yehuwa, meskipun mengaku Kristen, menggunakan Alkitab sebagai kitab sucinya dan berasal dari orang Kristen, adalah antikristus-antikristus yang dinubuatkan oleh Yohanes yang hadir untuk menyesatkan orang Kristen sendiri.

Tentunya ketika saya katakan Saksi-Saksi Yehuwa adalah para antikristus bukanlah tanpa bukti. Silahkan baca artikel Membuktikan Siapakah Antikristus Menurut Saksi Yehuwa yang membuktikan berdasarkan majalah Menara Pengawal secara tersirat mengakui bahwa para Saksi Yehuwa lah merupakan antikristus-antikristus. 

Sebelum rasul Yohanes menulis tentang para antikristus tersebut, Yesus Kristus menasihati murid-murid-Nya, “Berjaga-jagalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan berbaju domba, tetapi di dalamnya, mereka adalah serigala-serigala yang rakus.” (Matius 7:15, TDB) Demikian juga para Saksi Yehuwa adalah nabi-nabi palsu yang dinubuatkan oleh Yesus akan hadir untuk menyesatkan manusia. Saya mengatakan bahwa Saksi Yehuwa adalah nabi palsu karena mereka mengaku sebagai nabi dan juru bicara Allah dan telah berulang kali menubuatkan waktunya kiamat

Rasul Paulus juga memperingatkan orang-orang Kristen di Tesalonika tentang para penyesat, “Janganlah seorang pun menyesatkan kamu dengan cara apa pun, karena hari itu tidak akan datang sebelum kemurtadan datang dan manusia pelanggar hukum disingkapkan, yaitu putra kebinasaan.” (2 Tes. 2:3, TDB). Jadi kita sebagai orang Kristen harus sungguh-sungguh memperhatikan peringatan Kristus dan para rasul tentang penyesatan yang akan terjadi. Dan sungguh benar, para Saksi Yehuwa adalah nabi palsu, antikristus dan penyesat.


RASIONALISASI PEMBELAAN SAKSI YEHUWA ATAS NUBUATAN PALSU

Tidak ada satupun individu atau organisasi yang bersedia mengakui bahwa dirinya adalah nabi palsu, terlepas dari nubuatan yang berulangkali dilakukannya, karena memang hukumannya mati (Ul. 18:20-22). Demikian juga organisasi Saksi Yehuwa menolak nubuatan yang telah dilakukannya dengan cara merasionalisasikannya. Artikel Nubuatan, Rasionalisasi Dan Dusta Saksi Yehuwa, Rasionalisasi: Janji Yehuwa & Karunia Bernubuat, dan Para Nabi Dan Rasul: Manusia Yang Dapat Salah untuk bahasan detailnya. Bahkan artikel Bernubuat Atas Nama Yehuwa: Generasi Yang Tidak Akan Berlalu membuktikan bagaimana Saksi Yehuwa telah bernubuat atas nama Allah yang tidak mungkin dapat dirasionalisasikan kepalsuan nabi Saksi Yehuwa ini.

Fakta Saksi Yehuwa sebagai nabi palsu tidak terbantahkan. Oleh karena itu, hal ini menjadi titik terlemah dari Saksi Yehuwa. Jika ingin mengalahkan Saksi Yehuwa dalam sebuah diskusi, topik nabi palsu wajib didiskusikan. Meskipun Saksi Yehuwa akan menolaknya dengan berbagai rasionalisasi di luar akal sehat apalagi Alkitabiah, misalnya dalam diskusi saya dengan Saksi Yehuwa (diduga seorang penatua) berinitial Maxi-Sam di Contoh Fanatisme Buta, tetapi paling tidak Saksi tersebut dapat menjadi perenungan dalam hatinya bahwa ia memang mengikuti nabi palsu. 

INTI DASAR AJARAN SAKSI YEHUWA

Selain ajaran Tafsiran Kepercayaan Saksi Yehuwa yang umumnya disampaikan ke publik, kita juga perlu memahami doktrin Saksi Yehuwa berikut ini karena inilah yang merupakan inti ajaran yang sebenarnya. Di permukaan inti ajaran ini kelihatannya tidak penting dan kerap tidak dipahami banyak orang. Tetapi pada kenyataannya, inti ajaran inilah yang utama dan terpenting yang membuktikan bahwa ajaran Saksi Yehuwa hanyalah sebuah kultus dan bidat. Dalam bahasan ini saya pisahkan mana yang merupakan ajaran bidat dan mana yang kultus.

Satu kali Tuhan Yesus mengutuk para penyesat dengan berkata, “Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini” (Luk. 17:1-2). Demikian juga konsep ajaran berikut ini merupakan ajaran sesat yang tidak diajarkan Alkitab bahkan bertentangan dengannya.

Ajaran Bidat

Saya mengatakan bahwa ajaran Saksi Yehuwa adalah bidat karena banyak konsep ajaran organisasi tidak berdasarkan Alkitab kecuali spekulasi liar berdasarkan ilmu cocok-logi yaitu mencocokkan ayat-ayat Alkitab untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang diyakini kebenarannya. Ajaran Saksi tidaklah Alkitabiah karena jika seseorang belajar Alkitab tanpa bantuan publikasi Menara Pengawal; mustahil dapat mencapai suatu kesimpulan seperti yang diajarkan oleh para Saksi. Misalnya saja tentang keyakinan Yesus sudah hadir secara tidak terlihat dan ditakhtakan menjadi raja tahun 1914. Tidak ada seorang pun yang hanya membaca Alkitab dapat menyimpulkan ajaran ini karena Saksi Yehuwa menghitung tahun-tahun yang ada di Alkitab seperti menghitung kode togel (toto gelap). Tentunya ajaran ini didasarkan suatu dusta agama jika Anda membaca artikel Kehadiran Yesus 1914. Berikut adalah fakta-fakta kesesatan doktrin Saksi Yehuwa.

1. Ajaran Yang Berubah-ubah

Salah satu ajaran Saksi Yehuwa yang menggelikan dan menjadi tidak masuk akal adalah pengajaran yang berubah-ubah disebut terang baru atau bersifat progresif. Bagi Saksi Yehuwa ajaran yang berubah-ubah ini merupakan bukti bahwa Allah mengarahkan organisasinya. Sebaliknya, bagi orang Kristen merupakan bukti bahwa tafsiran Saksi Yehuwa merupakan buatan manusia yang tidak layak dipercaya dan berada dalam kegelapan yang paling gelap. Misalnya saja tentang ajaran Yesus adalah malaikat Mikhael yang diyakini oleh Saksi dewasa ini. Padahal dulu Charles Russell, pendiri Lembaga Menara Pengawal, mengajarkan bahwa Yesus bukan malaikat Mikhael.

Akibat ajaran terang baru atau bersifat progresif yang berubah-ubah dapat membawa penderitaan, bahkan membahayakan kehidupan dan nyawa para Saksi Yehuwa yang mengikutinya. Misalnya artikel Doktrin Saksi Yehuwa Dan Penganiayaan membahas kasus Saksi-Saksi Yehuwa di Malawi, Afrika yang dianiaya, bahkan dibunuh karena mengikuti ajaran Saksi waktu itu yaitu tidak berpartisipasi dalam politik dengan cara tidak boleh membeli kartu politik. Ironisnya beberapa tahun kemudian ajaran ini dirubah yaitu diperbolehkan berpartisipasi dalam politik berdasarkan pertimbangan hati nurani. Tentunya kita bertanya-tanya dan miris melihat begitu banyak korban, menderita dan mati sia-sia, yang dulunya mengikuti ajaran lama dengan setia.

Bukti contoh lainnya ajaran Saksi Yehuwa yang berubah-ubah terbukti tidak masuk akal dan palsu adalah ketika Charles Russell sebagai pendiri gerakan ini dan para pengikutnya dapat disebut sebagai penyembah berhala dan akan dimusnahkan Allah. Baca di sini untuk bahasannya.

Saya katakan ajaran atau pemahaman yang berubah-ubah merupakan pengajaran bidat karena konsep yang demikian tidak diajarkan oleh Alkitab. Mengapa? Karena para pemimpin organisasi Saksi Yehuwa mengaku nabi Allah di mana setiap publikasi yang diterbitkannya diyakini bersumber ilahi oleh anggotanya tetapi kemudian pengajaran itu dikoreksi atau dirubah dengan pembenaran berdasarkan ayat-ayat Alkitab misalnya Amsal 4:18  yang membahas bagaimana perubahan suatu ajaran sebenarnya organisasi telah mempermalukan Yesus dari pada mempermuliakan-Nya. Tidak ada pola-pola perubahan ajaran yang dilakukan oleh nabi sejati diajarkan di Alkitab kecuali pengajaran sekelompok orang yang sedang bingung.

2. Konsep Hamba atau Budak Setia Dan Bijaksana

Sebenarnya konsep yang paling utama di dalam organisasi Saksi Yehuwa adalah golongan hamba setia dan bijaksana disebut juga badan pimpinan karena diyakini mewakili Yesus di bumi untuk memberikan makanan rohani bagi umat-Nya:


Yesus menyingkapkan apa yang akan terjadi selama hari-hari terakhir dari dunia jahat ini saat ia memerintah sebagai Raja Kerajaan Allah. Yesus memberi tahu mereka [para murid] bahwa pada masa itu, ”budak yang setia dan bijaksana” akan mewakili dia di bumi dan memberikan makanan rohani yang tepat waktu kepada para pengikutnya.—Mat. 24:45-47. (MP, 15/2015, hlm. 12-13, online di sini)
Hamba atau budak Setia Dan Bijaksana adalah satu-satunya golongan yang berhak menafsirkan Alkitab bagi para Saksi Yehuwa sebagai makanan rohani yang wajib ditaati dan tidak boleh dipertanyakan keabsahannya karena diyakini bersumber ilahi. Mempertanyakannya tafsiran ataupun otoritas golongan budak dianggap sama dengan mempertanyakan otoritas Allah sendiri sehingga tidak ada kebebasan berpendapat atas seluruh tafsiran ataupun ketentuan-ketentuan yang ada di dalam organisasi. Ini merupakan pelanggaran hak asasi manusia yaitu kebebasan berpendapat atau beropini.

Seorang Saksi Yehuwa juga yakin bahwa “Yehuwa berbicara kepada kita [Saksi Yehuwa] melalui Alkitab dan ”budak yang setia dan bijaksana” (Menara Pengawal, 1/5/2000 hlm. 15 )”. Diyakini golongan “Hamba” ini dipilih oleh Yesus sendiri pada tahun 1914/1919 sehingga budak ini adalah satu-satunya saluran yang digunakan oleh Yesus untuk memberi makanan rohani kepada orang Kristen sejati. Kita lihat dalam kutipan berikut:


Budak yang setia itu adalah saluran yang Yesus gunakan untuk memberi makan para pengikutnya yang sejati pada zaman akhir ini. Maka, kita perlu mengenali budak yang setia itu. Saluran ini mutlak diperlukan agar kita tetap sehat secara rohani dan memiliki hubungan baik dengan Allah.—Mat. 4:4; Yoh. 17:3. (Menara Pengawal, 15/7/2013 hlm. 20)
Ya, bagi seorang Saksi, berhubungan dan menyenangkan hati golongan “Hamba” sangat menentukan kesehatan rohani dan hubungan baiknya dengan Allah. Oleh sebab itu, ia akan berusaha menyenangkan hati penyembahan berhalanya di atas segalanya, termasuk kepentingan pribadi seperti pendidikan, pekerjaan, keluarga dan lain-lain hal. Jadi tidaklah aneh jika para Saksi bersikap militan karena dalam upayanya menyenangkan golongan ini.

Benarkah Tuhan Yesus memilih “Hamba” pada 1914/1919 seperti yang diklaim golongan ini? Jika Anda membaca artikel Natal Dan Saksi Yehuwa, Dusta Yesus adalah raja dan pelantikan budak, Budak Setia Murtad dan Penipuan, Kebenaran dan kebangkitan dan Menyingkap Mitos dan Dusta membuktikan bahwa klaim pemilihan ilahi tersebut merupakan dusta-dusta organisasi kultus berkedok agama Kristen.

Dulu diyakini bahwa seluruh kaum terurap merupakan golongan “Hamba” tetapi kemudian pengajaran ini dirubah yaitu menjadi badan pimpinan Saksi Yehuwa, yaitu sekelompok kecil orang (8 orang) yang memimpin seluruh operasional organisasi Saksi-Saksi Yehuwa di seluruh dunia. Perubahan ini mengajarkan peralihan peranan penyembahan berhala modern dari kaum terurap kepada badan pimpinan. Faktanya setiap Saksi Yehuwa mengikuti badan pimpinan, bukan Yesus sebagai kepala jemaat. 

3. Dua Golongan: Kaum Terurap Atau Kawanan Kecil Dan Kawanan Besar

Ajaran sesat lainnya yang dibuat oleh nabi palsu Rutherford adalah pembagian 2 golongan yaitu 144.000 orang yang dikenal sebagai kaum terurap atau kawanan kecil yang merupakan mesias-mesias dan kristus-kristus palsu dan jutaan Saksi Yehuwa lainnya disebut kawanan besar. Kemungkinan besar Saksi Yehuwa yang Anda jumpai adalah Saksi Yehuwa golongan ini.

Kaum terurap ini memiliki hak yang istimewa dibandingkan kawanan besar yaitu: 

Karena konsep 2 golongan ini maka sebagian besar janji-janji dan pernyataan Alkitab, misalnya menjadi anak-anak Allah, tidak berlaku bagi kawanan besar. Ya, Janji-janji dan pernyataan Perjanjian Baru sebagian besar hanya bagi kawanan kecil (144.000 orang).

4. Doktrin Keselamatan

Doktrin keselamatan merupakan hal yang paling penting bagi umat Kristen. Karena kasih Allah akan dunia inilah, maka Bapa mengirim Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan manusia (Yoh. 3:16). Alkitab mengajarkan hanya melalui percaya kepada Kristus saja manusia dapat beroleh selamat (Kis. 16:29-31). Jadi doktrin Kristen jelas mengajarkan bahwa keselamatan hanya dapat diperoleh melalui anugerah oleh iman kepada Yesus.

Bagaimana dengan ajaran Menara Pengawal? Jika Anda bertemu dengan Saksi Yehuwa, mereka akan mengatakan persis seperti yang saya tulis di atas yaitu hanya anugerah oleh iman percaya kepada Kristus maka manusia boleh selamat. Memang apa yang disampaikan oleh Saksi Yehuwa kepada orang luar adalah demikian. Tetapi apakah demikian faktanya? Tidak! Apa yang saya sampaikan di bawah ini tidak akan disampaikan kepada peminat atau orang baru dalam pelajaran awal-awalnya. Lalu apakah ajaran Saksi Yehuwa?


Organisasi mengajarkan bahwa keselamatan seorang dapat diperoleh pertama melalui bergabung dan menjadi bagian dari organisasi Saksi Yehuwa sehingga organisasi ini sebenarnya merupakan tempat pemujaan berhala bagi setiap Saksi.

Kedua, organisasi mengajarkan bahwa “bila kita [saksi yehuwa] bertekun memberitakan ”Injil Kerajaan” ini, keselamatan dapat kita peroleh” (w81 No. 31 hlm. 13 par. 4). Ini merupakan ajaran perbuatan baik untuk beroleh keselamatan. Oleh karena itu disadari atau tidak oleh Saksi Yehuwa alasan mereka berkeliling dari rumah ke rumah untuk beroleh keselamatan.

5. Penebusan Dosa manusia

Tujuan utama kelahiran Kristus ke dalam dunia ini adalah untuk menyelamatkan (baca, menebus) manusia dari dosa-dosa Anda dan saya (Mat. 1:21). Tetapi ajaran Saksi Yehuwa tidaklah demikian. Bagi Saksi kelahiran Kristus ke dalam dunia tidak menebus dosa manusia karena kematian manusia telah membebaskannya dari dosa-dosanya sendiri. Organisasi mengajarkan bahwa Yesus menebus dosa Adam. 

6. Berita Injil Saksi Yehuwa

Setiap Saksi bangga, karena merasa sebagai satu-satunya kelompok yang melakukannya dengan cara demikian padahal faktanya tidak karena Mormon juga melakukan hal yang sama, dengan pengabaran yang dilakukan dari rumah ke rumah yang katanya sesuai dengan perintah Yesus Kristus. Menurut saya pribadi masalah utamanya bukan pada giat dan gigihnya kita mengabar, tetapi apakah Injil yang kita kabarkan itu sesuai dengan berita Injil yang Alkitab ajarkan. Jika kita memberitakan injil lain yang tidak sesuai dengan Alkitab maka sia-sialah pengabaran yang kita lakukan.

Bagaimana dengan Injil yang diberitakan Saksi? Artikel SAKSI YEHUWA Pemberita INJIL SEJATI atau PALSU? dan Injil Kerajaan Palsu: Hidup Kekal di Bumi Firdaus menjelaskan bahwa injil atau kabar baik yang diberitakan adalah injil lain yang dikutuk oleh rasul Paulus karena menyesatkan manusia (Gal. 1:6-9).

7. Ajaran Mitos dan Dusta Saksi Yehuwa 

Raymond Franz, seorang mantan badan pimpinan Saksi Yehuwa yang bertobat, mengatakan tentang doktrin Saksi Yehuwa, “Charles Taze Russell mengikuti pemahaman orang-orang tertentu pada masanya, menjadi korban dari beberapa mitos yang mereka propagandakan sebagai “kebenaran yang disingkapkan”. Masing-masing pemimpin dari organisasi ini setelah itu mengikutinya, kadang-kadang turut berkontribusi mitos tambahan untuk mendukungnya atau mengelaborasi mitos dari aslinya (Crisis of Consciensce, hlm. 274). Hal ini benar. Jika Anda ingin memperdebatkannya dengan Saksi Yehuwa, doktrin mitos dan dusta akan membungkamkan Saksi Yehuwa. Silahkan pelajari artikel bersambung Menyingkap Mitos dan Dusta Menghalangi Manusia Mengasihi Allah.

KULTUS BERKEDOK AGAMA KRISTEN

Setiap anggota kultus tidak menyadari bahwa dirinya terlibat dan menjadi korban pengaruh kultus. Sebaliknya, setiap anggota kultus merasa atau mengira dirinya benar-benar sedang melayani “allah yang sejati”. Padahal yang ia tidak sadari adalah “allah sejati” itu diklaim diwakili oleh pemimpin kultus sehingga sebenarnya ia adalah budak dari pemimpin kultus. Jadi pemimpin kultus mengklaim secara sepihak bahwa Allah sudah memberikan mandat kepadanya untuk menjadi wakil-Nya di bumi. Demikian juga dengan organisasi Saksi Yehuwa di mana hamba setia tidak saja mengklaim telah dipilih oleh Yesus langsung tetapi juga menjadi wakil-wakil Kristus di bumi agar para anggotanya mau tunduk dan taat padanya. Tentunya karena organisasi Menara Pengawal adalah kultus berkedok agama Kristen maka klaim pemilihan dan menjadi wakil Kristus di bumi diklaim berdasarkan pada Alkitab. Klaim-klaim yang bersifat ilahi ini disebut mystical manipulation oleh Robert Jay Lifton, seorang pakar kultus. 

Bagi pemimpin kultus, Alkitab sebenarnya adalah suatu alat pembenaran untuk memanipulasi dan mengeksploitasi pengikutnya bahwa apa yang diperintahkan dan diajarkan pemimpin kultus itu memiliki dasar yang sah. Renungkan logika di balik metode manipulasi dan eksploitasi organisasi Saksi Yehuwa; Kita tahu bahwa Alkitab itu sebenarnya sebuah buku yang ajaib, dalam artian apapun juga yang kita ingin tafsirkan maka kita dapat menemukan ayat-ayat sebagai pembenarannya, entah tafsiran itu ditafsirkan di luar konteks,  bertentangan dengan ayat-ayat yang lain ataupun hal-hal yang tidak masuk akal. Misalnya ajaran Saksi Yehuwa tentang transfusi darah didasarkan pada Im. 17:13-14 yaitu tentang larangan makan darah. Lalu Menara Pengawal menafsirkan kata “Makan darah” sama dengan “transfusi darah” sehingga setiap Saksi Yehuwa tidak diperbolehkan mendonor atau pun menerima transfusi darah. Nah, celah ini digunakan oleh pemimpin untuk memanipulasi dan mengekploitasi pengikutnya. Sekarang kita terapkan kepada golongan hamba mengklaim dipilih Yesus sebagai wakil Kristus dan nabi Allah di bumi (istilahnya; satu-satunya saluran komunikasi Allah di bumi) sebagai satu-satunya kelompok orang yang berhak menafsirkan Alkitab yang tidak boleh dipertanyakan keabsahan tafsirannya. Jutaan Saksi Yehuwa hanya menerima, taat dan tunduk apapun juga yang ditafsirkannya karena kehendak Allah sama dengan kehendak budak. Golongan hamba meminta ini dan itu, tentunya disertai ayat-ayat Alkitab yang ditafsirkan entah sesuai dengan konteksnya atau tidak; hal ini tidak penting karena toh tafsirannya itu tidak boleh dipertanyakan hanya boleh dituruti dan ditaati. Jika tidak dituruti maka akan ada suatu konsekuensi atau intimidasi yang akan menimpanya secara kelompok, misalnya pengucilan dan pemecatan artinya orang yang dikucilkan atau dipecat tidak diperbolehkan berhubungan lagi dengan seluruh teman dan kerabat keluarganya. Oleh karena itu, mau tidak mau dan suka atau tidak suka, seorang Saksi taat mengikuti arahan organisasi. Jadi betapa mudahnya metode memanipulasi dan mengeksploitasi orang lain, bukan? Sebenarnya ciri dari organisasi kultus adalah kepemimpinannya bersifat otoriter; keinginannya harus dipenuhi tanpa boleh dipertanyakan keabsahannya dan ayat-ayat Alkitab digunakan sebagai pembenarannya. Sungguh sederhana, bukan?

Di pihak lain, setiap grup kultus menolak dirinya dicap sebagai suatu kultus oleh para ahli sehingga banyak melakukan propaganda informasi untuk menyangkal cap kultus yang disematkan pada dirinya. Misalnya saja organisasi Saksi Yehuwa menyangkal dirinya sebagai suatu kultus dalam majalah Menara Pengawal berjudul “Saksi Yehuwa, Suatu Kultus atau Rohaniwan Allah?”. Namun dalam artikel bersambung “Saksi Yehuwa, Suatu Kultus atau Rohaniwan Allah?” membuktikan bahwa ciri-ciri kultus yang dibuat oleh organisasi melekat pada dirinya.

Lalu apakah ciri-ciri kultus menurut para ahli kultus? Berikut pembahasannya yang membuktikan bahwa organisasi Saksi Yehuwa merupakan suatu kultus berkedok agama Kristen.

Apakah Bisnis Organisasi Saksi Yehuwa?

Setiap pemimpin kultus selalu memanipulasi, mengeksploitasi dan memanfaatkan — baik tenaga dan uang — para anggotanya untuk mencapai tujuan atau obyektif bagi kepentingannya. Manipulasi dan pemanfaatan ini sama sekali tidak disadari oleh korban kultus karena mereka mengira sedang melayani dan menyembah Allah sejati. Demikian juga organisasi Saksi Yehuwa. Bisnis utamanya adalah percetakan; baik buku-buku atau majalah yang dibungkus dengan dalih sumbangan suka rela. Setiap Saksi menyumbangkan uangnya untuk memperoleh publikasi terbitan Menara Pengawal; baik untuk kepentingannya sendiri maupun dibagikan kepada para peminat. Yang namanya sumbangan sukarela, tentunya ada yang menyumbang besar dan ada yang tidak, tetapi secara umum, Menara Pengawal sangat menikmati bisnis sumbangan sukarela ini.

Bagaimana cara kerja bisnis sumbangan sukarela ini? Tidak ada satupun Saksi Yehuwa yang akan mendapatkan pengetahuan tentang Allah (baca belajar Alkitab) tanpa publikasi terbitan Menara Pengawal. Jadi sebenarnya setiap Saksi merupakan captive market dari bisnis Menara Pengawal. Dan untuk memperbesar bisnisnya, dibutuhkan banyak orang untuk menjadi captive marketnya, karena itu organisasi meminta para Saksi menginjil dari rumah ke rumah merekrut orang lain agar dapat menjadi captive market makanan rohani berupa publikasi, majalah dan buku. Dan seterusnya. Dalam bahasa modernnya strategi marketing ini disebut dengan istilah “member get member”. Semakin banyak anggota, ya semakin banyak publikasi tercetak. Dan semakin kaya organisasi Menara Pengawal. Tentunya semuanya ini dilakukan dengan pemanfaatkan ayat-ayat Alkitab sebagai pembenaran dan memberitakan injil sesuai dengan perintah Kristus. Sumber keuangan lainnya adalah bagi seorang Saksi untuk menjadi sahabat Kristus berarti harus mendukung kaum terurap; tentunya dukungan berupa finansial dalam rupa tabungan, asuransi, properti dan lain-lain. Plus pundi-pundi organisasi juga bertambah besar dari iuran tetap bulanan yang diberikan berdasarkan sukarela oleh Saksi. Jadi organiasi mendapatkan uang dari 3 sumber. Betapa nikmatnya bisnis sumbangan sukarela, bukan? 

Sebenarnya membedakan gereja sejati dengan grup kultus ataupun maling-maling berbaju pendeta sangatlah mudah. Yaitu gereja sejati selalu menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas keuangannya secara jelas dan transparant — hasil kolekte, sumbangan, pengeluaran dan lain-lain — kepada jemaat yang memberi. Sebaliknya grup kultus ataupun pendeta-pendeta berorientasi kekayaan hanya meminta sumbangan dan menyampaikan pengeluaran agar mendapat lebih banyak sumbangan. Tidak ada pertanggung jawabannya apalagi jumlah uang yang masuk. Demikian juga organisasi Saksi Yehuwa. Tidak ada pertanggung jawabannya. Yang ada selalu mengatakan banyak kebutuhan yang lebih besar untuk ini dan itu.

Penipuan Dan Dusta

Ciri pertama suatu kultus adalah propaganda dusta atau penipuan yang dilakukannya; baik dari caranya merekrut orang ataupun untuk melakukan pembenaran atas doktrinnya. Salah satu penipuan dan dusta yang dilakukan organisasi Saksi Yehuwa untuk mendukung doktrin anti-Tritunggal nya yaitu Yesus adalah suatu allah dengan cara mengutip ahli tata bahasa Yunani seperti dalam artikel Kebohongan Lembaga Menara Pengawal yang mengutip Julius Mantey dan Philip B Harner di luar konteks maksud penulis. 

Metode lainnya Organisasi Saksi Yehuwa menyesatkan banyak orang adalah dengan cara mengacaukan antara ajaran bidat modalisme dengan ajaran Tritunggal ataupun triteisme dengan Tritunggal. Padahal secara esensi ajaran modalisme ataupun triteisme tidaklah sama dengan ajaran Tritunggal. Saya persilahkan pembaca memahami lebih dekat ajaran Tritunggal. Jika Anda bisa memahami doktrin Tritunggal dengan baik maka Anda dengan mudah menangkal setiap argumen Saksi Yehuwa.

Dalam artikel Mengenali Nabi Dan Guru Palsu dari Buahnya membahas tentang dusta-dusta organisasi yang berhubungan dengan doktrin Tritunggal dan jika Anda klik Dusta-Dusta Organisasi Saksi Yehuwa akan mengungkapkan lebih banyak dusta dan penipuan organisasi; baik klaim pemilihan ilahinya maupun mengutip sana-sini untuk maksud menipu. Dari fakta-fakta ini membuktikan bahwa suatu kemustahilan jika organisasi Saksi Yehuwa merupakan agama Kristen yang sejati karena mustahil Allah mewakilkan dan mempercayai suatu organisasi yang menggunakan dusta sebagai pembenaran.

Proses Dan Metode Pengrekrutan

Steve Hassan berkata, “People do NOT join Cults - They are Recruited! = Orang TIDAK bergabung dengan kultus tetapi mereka direkrut!” Prinsip mendasar yang membedakan antara organisasi Kristen dengan organisasi kultus yaitu metode pengkreturan atau pencarian anggota. Para penginjil Kristen sejati bisa melakukan penginjilannya secara massal melalui media massa seperti radio, TV dan media elektronik lainnya. Penginjilan secara massal dapat dan biasa dilakukan karena seorang penginjil, tanpa perlu berinteraksi langsung dengan orang, hanya ingin membawa peminat kepada Kristus untuk menjadi Tuhan dan Juru Selamat pribadinya. Misalnya, saya bertobat dan menjadi Kristen karena mengikuti KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) seorang pendeta. Secara pribadi saya tidak mengenal pendeta tersebut dan pertobatan saya murni hanya mendengar 1 kali kotbahnya itu. Tidak ada interaksi langsung dengan pendeta tersebut, kecuali mendengar kotbahnya. Sebaliknya, grup kultus tidak mampu merekrut orang dengan pola yang demikian karena polanya bersifat individual atau one on one basis. Mengapa demikian? Pertama harus ada proses internalisasi untuk menjadi seorang pengikut kultus sehingga dibutuhkan pembelajaran yang bersifat one on one.

Kedua, seseorang peminat diajak untuk menjadi anggota grup kultusnya, bukan menjadi bagian dari tubuh Kristus yang universal. Jadi pemimpin kultus meminta seorang peminat menjadi anggota dan mengikutinya secara eksklusif dan tanpa syarat, bukan kepada Kristus. Bukti seseorang menjadi bagian dari tubuh Kristus yang universal adalah seorang Kristen bisa dan mampu pergi ke gereja atas kehendaknya sendiri. Misalnya saya anggota denominasi A. Tetapi saya tidak wajib ke denominasi A tersebut. Saya bisa saja pergi ke denominasi B atau C sesuai dengan kebutuhan saya. Sebaliknya, anggota kultus tidak dapat melakukan hal yang demikian karena ia secara eksklusif menjadi bagian dari anggota kultusnya. 

Demikian juga Saksi Yehuwa berkeliling dari rumah ke rumah untuk mencari anggota. Tanpa metode yang demikian, pengrekrutan sulit dilakukan.

Teori Indirect Directives Atau Double Standard

Teori Indirect Directives Atau Double Standard dicetuskan dalam buku “Cults in Our Midst” oleh Margaret Thaler Singer, seorang psychologist dan seorang professor di University of California, Berkeley di departemen psikologi menyampaikan bahwa merupakan keahlian kultus memanipulasi pikiran korbannya seolah-olah percaya suatu hal padahal keyakinan yang sesungguhnya tidaklah demikian. Ini seperti suatu ilusi sulap yang dimainkan oleh David Copperfield di mana kita melihat dan mengalami patung Liberty seolah-olah menghilang di depan mata penontonnya. Faktanya tidak demikian. Demikian juga pemimpin kultus ahli menciptakan ilusi ini. Artikel Membaca Publikasi Menara Pengawal Atau Alkitab?, Otoritas Publikasi Menara Pengawal Atau Alkitab?, Keselamatan: Dalam Organisasi Allah Atau Yesus?, Tunduk Dan Setia Pada Kaum Terurap Atau Yesus? membuktikan bahwa teori tersebut benar adanya dan setiap Saksi Yehuwa berada dalam kondisi ini.

Proses Internalisasi Doktrin Absolute Kultus

Setiap Saksi Yehuwa pasti akan beroleh proses internalisasi doktrin absolute, salah satunya, melalui metode psikoanalisis sebagai sebuah kebenaran yang mutlak karena diklaim mampu menjawab setiap permasalahan yang ada di dunia ini. Karena proses internalisasi doktrin tersebut menjadikan anggota kultus memiliki pola pikir dikotomi secara ekstrem sehingga ia hanya mampu melihat dunia ini dalam 2 buah warna yaitu “hitam vs putih”, “kita vs mereka” di mana yang baik, suci, dan benar adalah doktrin grupnya sedangkan di luar grupnya semuanya jahat, najis/kafir dan sesat.

Secara praktis, pemimpin kultus memonopoli kekristenan di mana seluruh dunia sesat dan murtad dan ialah yang melakukan pemurnian dan menjadikan sejati. Hanya bergabung dan menjadi bagian dari kultus selamat sedangkan di luar itu tidak. Konsep pola pikir yang demikian ekstrem sudah diajarkan oleh Menara Pengawal sejak awal seseorang berminat untuk menjadi salah seorang Saksi Yehuwa. Untuk detailnya silahkan klik artikel Pola Pikir Saksi Yehuwa: Hitam Putih.

Pada tingkat yang ekstrem, proses internalisasi akan membuat seorang Saksi merasa dirinya sebagai orang yang spesial atau bersifat elitis. Ia merasa sebagai satu-satunya kelompok umat Allah, memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki kelompok lain, menganggap rendah kelompok lain dan lain-lain sifat elitis. Intinya semangat elitisme terbangun dan dipupuk subur untuk mencapai suatu fanatisme buta. Misalnya, setiap Saksi merasa bahwa hanya Saksi-Saksi Yehuwa merupakan agama dan Kristen sejati sedangkan lainnya sesat dan palsu. Namun demikian jika Anda membaca artikel Pemahaman Elitisme: Agama Dan Kristen Sejati membuktikan bahwa semangat elitisme ini tidaklah mendasar sama sekali karena ternyata fakta membuktikan bahwa agama dan Kristen Saksi Yehuwa lah yang palsu dan sesat.

Propaganda Informasi

Satu tanda lagi dari kultus adalah pemanfaatan dan penggunaan propaganda informasi baik untuk menarik orang menjadi anggotanya, untuk menipu orang luar tentang sesuatu, ataupun menipu anggotanya sendiri agar tetap berada dalam kegelapan. Misalnya untuk menyesatkan orang luar, organisasi Saksi Yehuwa mengaku dirinya bertoleransi terhadap agama lain di situs resminya, jw.org/id. Padahal faktanya mustahil demikian karena dampak dari proses internalisasi pola pikir hitam putih yang diterapkan secara konsisten kepada para pengikutnya. Dan untuk menipu anggotanya sendiri, organisasi mengacaukan pemahaman doktrin Tritunggal dengan ajaran bidat modalisme sehingga para Saksi Yehuwa memiliki pemahaman keliru tentang doktrin Tritunggal.

Menggunakan, Memanfaatkan Dan Eksploitasi Emosi

Dalam artikel Saksi Yehuwa: Rasa Takut Dan Phobia dikutip pernyataan Steve Hassan, ahli kultus:


Rasa takut! Banyak dan banyak sekali rasa ketakutan! Meskipun pesan kelompok dimulai dengan cinta dan idealisme, sekali seseorang mendapat diindoktrinasi ke dalam tingkat batin, dunianya menjadi salah satu rasa ketakutan — takut bahwa planet ini akan meledak, takut bencana nuklir, takut bahwa ia akan kehilangan hubungan rohaninya, ketakutan bahwa ia akan kesurupan. Kultus menanamkan rasa takut untuk mengikat anggotanya ke dalam grup, sedemikian rupa sehingga anggota dapat menjadi paranoid atau phobia
Ya, merupakan keahlian kultus menanamkan phobia dan rasa takut di dalam hati anggotanya agar tetap dapat dikontrol dan di bawah kendalinya. Demikian juga Saksi Yehuwa memiliki phobia-phobia tertentu tergantung kepada kondisi masing-masing individu. Tetapi secara umum contoh phobia para Saksi misalnya dikejar-kejar armagedon karena takut tidak selamat melaluinya, ragu-ragu atau takut membuat keputusan karena mungkin bertentangan dengan ajaran organisasi, takut dan was-was dengan kondisi dan keadaan dunia ini, takut terkontiminasi dengan dunia ini, hidup dalam tekanan jam atau memenuhi quota jam dinas, takut kepada para mantan Saksi atau yang murtad, takut membaca surat para murtad atau mantan dan lain-lain. Jelas phobia-phobia yang tertanam dalam hati setiap Saksi bertentangan dengan buah-buah roh seperti yang diajarkan oleh Rasul Paulus di Galatia 5:22-23 yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera dan lain-lain.

Satu hal lagi rasa takut yang dimiliki oleh Saksi Yehuwa yaitu rasa takut dikucilkan atau dipecat dari organisasi karena berarti anggota yang dipecat tersebut tidak akan berhubungan lagi dengan teman atau kerabat keluarganya. Kita lihat kesaksian seorang Saksi ber nick name Truth Servant mengakui bahwa alasannya ia tidak keluar dari organisasi adalah karena takut dijauhi kerabat dekatnya:


dan ini harus saya akui, alasannya karena banyak keluarga saya juga adalah Saksi. Jika saya keluar, terus terang ini akan berat bagi saya dan keluarga, karena kami tidak boleh lagi bergaul seperti sedia kala. (truth seeker di sini)
CARA MENGHINDARI JERATAN KULTUS

Kristus mengatakan bahwa penyesatan memang harus terjadi dan memang sedang terjadi. Namun demikian, penyesatan dan perbudakan ala organisasi Saksi Yehuwa dapat dihindari menjerat orang-orang yang kita kasihi, baik teman ataupun kerabat keluarga, dengan mudah yaitu menginformasikan keberbahayaan organisasi Menara Pengawal ini.

Kuncinya mudah untuk terhindar dari pengaruh mind control yaitu informasi yang benar dan tepat diberikan sebelum seseorang terpikat dengan jerat grup kultus ini. Jika sudah terjerat maka sulit keluar dari pengaruh mind control. Jika Anda memiliki akun media social, silahkan referensikan blog ini kepada sahabat, rekan seiman dan kerabat keluarga agar mereka pun dapat mewaspadainya dan tidak terjerat. 

Bagaimana pendapat Saudara?

Soli Deo Gloria


Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. (Mat. 7:15)

321 komentar :

  1. Kami SSY tidak seperti yang Penulis sampaikan. Kami mengikuti arahan badan pimpinan, yang walaupun ada perubahan pada arahan-arahannya, kami tetap meyakini bahwa badan pimpinan digunakan Yehuwa sebagai 'budak setia bijaksana'. Kalau ada ajaran yang salah mestinua dicari lagi apa yang benarnya. Bukan seperti 'Susunan Kristen', sudah salah tapi tetap diperthankan.

    SSY Seperti orang Israel yang dipimpin menuju tanah perjanjian, seperti itulah kami mengikuti badan pimpinan.
    Seperti penumpang sebuah kapal pesiar, seperti itulah kami mengikuti badan pimpinan.

    SSY sama seperti orang Kristen masa awal. SSY mengabar untuk memberitakan kabar baik. Mereka melakukan arahan Tuan Yesus. Seperti orang Kristen abad pertama, mereka jg dianggap cult oleh pemimpin2 agama. Jadi enggak apa2 jika penulis menganggap SSY cult.

    Bagi Pelajar Alkitab yang baru, teruslah teliti kebenaran. Sampai anda akhirnya dapat memutuskan yang benar serta bertindak selaras kebenaran. Jangan langsung jadi SSY dulu sebelum segala sesuatu anda pastikan. Karena haluan SSY adalah haluan yang "bukan jenis yang undur" tapi tetap teguh seperti batu karang yang walaupun diterjang ombak.

    Pembaca yang bukan SSY, hendaknya jangan langsung terprovokasi dengan tulisan penulis, kali berikut anda jumpa dengan SSY, cobalah berdiskusi sejenak dengan mereka, agar anda menemukan pembanding.

    Saya juga dulu pernah menganggap SSY salah. Tapi Alkitab mengubah pandangan saya, apa yang di bukakan SSY benar2 berdasarkan Alkitab.

    Silahkan cari tahu di website resmi SSY. Jika penulis blog ini tidak keberatan klik www.jw.org/id

    Salam
    Purba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear sdr purba

      Takdir di tangan Tuhan???

      Tidak, takdir ditangan kaum hamba setia

      Kabar baik kerajaan yg harus kamu kabarkan:

      Semua boleh lega, karena tidak ada neraka & hukuman kekal. Mau hidup spt herodes tidak masalah.

      Semua harus happy, krn dijanjikan firdaus baru, dg pejabat yg familiar (bp lmp).

      Yg tidak tahan himpitan ekonomi, patah hati diputus, ditolak pacar, bercerai. Stress krn sakit berat, di phk dll boleh bunuh diri. Sebab hidup yg sekarang adl tahap audisi. Nanti ada tahap eliminasi dg ketentuan lebih lanjut yg syarat & ketentuannya ditetapkan yesus bersama 144000 orang pilihan ssy

      Enak nggak sudah tahu takdir di muka??? Syaratnya cuma tunduk pada bahtera yg sudah kehabisan persediaan makanan & bahan bakar.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Pak purba menulis di paragraf 2 orang Israel dipimpin menuju tanah kanaan. Nah disitulah konsep berdinas militer jaman dulu. Ssy belum membaca kitab bilangan dengan cermat. Setiap laki2 yg cukup umur berpartisipasi / berkontribusi, kecuali suku lewi ditugasi bagian peribadatan. Yang membangkang wajib militer saat itu, sama saja membangkang perintah Allah.

      Organisasi melarang berdinas militer tidak ada kamusnya. Menjadi tentara tidak selalu harus membunuh. Setiap butir peluru yg ditembakkan wajib dipertanggungjawabkan pada komandan dan Tuhan. Buanyak sekali tentara yg belum pernah membunuh orang sama sekali selama karirnya. Profesi tentara tetap dibutuhkan dan tidak melanggar ajaran agama. Tentara benar2 membunuh jika kondisi sudah perang, dan sungguh bodoh di medan perang menembaki orang baik, atau membidik serampangan, atau membiarkan dirinya ditembak saja (spy tidak dosa), atau pura2 berperang tapi tidak berani menembak.

      Rohaniwan mendoakan tentara agar selamat di medan perang dan mendoakan semoga bisa kembali dg selamat adalah bagus. Jangan dipelintir jadi mendoakan para pembunuh.

      Kejahatan perang hanya dipraktekkan orang yg tidak beriman semacam hitler, para diktator, para agresor.

      Ingat baik2 wahai saksi: para malaikat pun kadang berperan sbg bala tentara surgawi.

      Jangan mau dikadali guru palsu terus2an, diajar ngeyel

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Berdinas wajib militer untuk negara artinya mengurangi jam dinas organisasi jw.org secara signifikan.

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Pak Purba harus belajar lagi membuat perumpamaan yg baik dan benar.

      Bahtera Nuh itu sarat makna ttg keselamatan antara hidup dan mati dituntut Iman.
      Kapal Pesiar itu penumpangnya nggak repot mikirin keselamatan kapal, yang dipikir cuma kenyamanan, estetika, gengsi, kenikmatan spend time dg suasana libur, bahkan yg niat menyalurkan hobi hedonisme bisa berselingkuh di kapal pesiar dengan aman (asal duitnya banyak).

      Nabi Nuh bisa marah besar pada organisasi penyesat

      Salam
      AS

      Hapus
  2. Saya peminat SSY..apa yang di tuliskan dalam blog ini tidak serupa apa yang saya pelajari..dan Benar kata pa Purba( "Pembaca yang bukan SSY, hendaknya jangan langsung terprovokasi dengan tulisan penulis, kali berikut anda jumpa dengan SSY, cobalah berdiskusi sejenak dengan mereka, agar anda menemukan pembanding.")

    Salam
    LDM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas LDM. Ingat umur ...pak!. Masa nggak ingat cerita pinokio waktu kecil???
      Mau aja badannya ditatoo SSY

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Benar kata tuan purba

      Harga tiket kapal pesiar itu mahal. Kita harus bayar antara lain: bbm mesin kapal, biaya akomodasi selama di kapal, keuntungan agen tiket, keuntungan manajemen kapal pesiar.

      Sama seperti ikut bp lmp harus bayar dengan seluruh jiwa raga kita dengan rincian harus melawan Bapa, melawan Putra, melawan Roh Kudus, melawan para nabi, melawan para rasul, dll.

      Katanya takut sama sangkakala ketujuh kok malah ngadem di balai kerajaan jw.org, ikut2an menculik domba milik Yesus.

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Haluan kapal pesiar yg tidak diubah bisa berakibat:
      menabrak pulau
      Tabrakan sesama kapal
      Bunuh diri dg menghampiri badai laut di depan mata.
      Bunuh diri dg menghampiri laut angker macam segitiga bermuda.

      Ajaran dan aturan jw.org bisa diubah shg dikenal istilah terang baru. Jw.org memastikan saksi yg terlanjur percaya terang lama tidak akan selamat, dan bukan salah jw.org tapi salah para saksi sendiri.

      Ingat kesalahan kakek russell dan kesalahan tuan rutherford sudah sudah sulit dibela jw.org malah cenderung kedua pendiri yg paling giat berdinas full time sudah diamputasi namanya secara pelan2.

      Terang lama contohnya: Yesus adl malaikat jurang maut, & malaikat pembawa terang.
      Aturan terang lama contohnya: golput dalam pemilu.

      Salam
      AS

      Hapus
  3. Berbohong dan menipu adalah 2 hal berbeda. Berbohong belum pasti menipu, misal saat kita bertamu siang2 kadang ditawari makan, dan kita menjawab sudah makan, padahal belum. Menipu sudah pasti berbohong. Yang dilakukan MP banyakan menipunya, jadi penulis blog harus lebih menekankan lagi unsur penipuannya. Penipuan berusia 100 tahun sangat menusuk rasa keadilan.

    Majulah terus sampai tuntas!

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, SSY

      Perhatikan kalimat berikut:
      Organisasi Allah watchtower inc. sering menipu.
      Organisasi duniawi yang Allah gunakan melakukan berbagai pengajaran yg menipu.
      Satu-satunya saluran komunikasi yang Allah gunakan tertangkap basah menipu.

      Pekerjaan saksi sungguh melecehkan Allah. Sejak kapan Allah menipu manusia. Hanya manusia saja yang menipu sesamanya. Menipu sesama itu melanggar hukum kasih. Jangan ambil bagian pekerjaan kotor. Hanya diberi majalah gratisan mau disuruh melecehkan semua agama, seperti anak kecil diberi permen lalu disuruh apa aja mau.

      Salam
      AS

      Hapus
  4. Upah mengikuti ssy adalah menggores sejarah hitam dalam riwayat hidup saksi, apalagi jika KTPnya kolom agama diisi saksi2 yehuwa. Akan selalu menghantui hidup saksi bahkan setelah keluar. Apalagi jika sudah mengabdi selama puluhan tahun akan terasa menyakitkan, antara trauma dan dendam, bergantung pada karakter manusianya tabah atau tidak.

    Upah lain rasa malu karena tulisan2nya di internet tidak bisa ditarik kecuali diralat dg berdamai dg tulisan pengakuan tobat kpd Yesus.

    Upah lain hukuman kekal bersama guru palsu; susah cari kerja karena ijasah cuman smp, buang2 duit beli bensin, buang2 waktu mondar mandir dinas/ kebaktian. Diejek-ejek pinokio, sesat, kultus. Ditimpuki batu di amerika. Diserang kantornya di eropa timur. Keluarga kacau balau saling kucil- mengucilkan. Kehilangan keluarga yg kehabisan darah, dll.

    Manusia hidup mencari kebahagiaan bukan kesusahan seperti diatas.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mutiaramu : kehendak bebas, akal budi, hati nurani, harkat & martabat, (yg hanya dimiliki manusia), diserahkan begitu saja pada kaum penipu, ditukar dengan kertas majalah.

      Apa yg sudah kau hambur2 kan, akan dipulihkan,jika kamu pulang ke rumah Bapa, kembali pada Tuhan Yesus. Berpikirlah yg cepat, tidak usah mikir nanti papa-mamaku marah kalau tidak par. Nanti malu kalau ketemu penatua, nanti aja nunggu temen kalo udah ada yg keluar baru ikut, nanti dicap plinplan, nanti dimusuhi keluarga, dll. Pendek kata jerat2 itu akan putus hancur berkeping2 kalau kita serahkan mutiara kita pada Mesias, juruselamat kita. Apa sih yg tidak mungkin bagi Tuhan Yesus? Rasa sakit akan berlalu seiring waktu. Penundaan justru menambah rasa sakit & rasa malu.

      Dipastikan SSY sudah kalah dari Alkitab (anti Kristus). Daftar panjang penipuannya sudah tersebar kemana2 & Ssy tidak bisa mencegahnya.

      Salam
      AS

      Hapus
  5. Simson berambut panjang karena tergolong kaum nazir. Paulus sudah belajar dari Gamaliel ttg hukum kenaziran. Paulus juga tahu sosok Simson yg berambut panjang.

    Surat rasul Paulus di korintus tidak ditujukan pada orang Israel yg terikat hukum Musa, namun orang2 non israel. Dalam kisah para rasul, Paulus hendak dibunuh shg dilarikan keluar wilayah Israel. Disinilah Paulus melihat pria2 non israel yg berambut panjang, dan menuliskan nasehatnya mengenai rambut. Jadi, para saksi berhentilah menyerang Yesus yg berambut panjang, sebab bisa jadi Yesus memang menjalankan nazar, dan saksi juga menyerang Simson dan Paulus sekaligus. Dosanya triple gara2 salah ajar. Yang mengajari saksi dosanya berlipat2.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petunjuk rambut Yesus dapat kita lihat.

      Bil6 yg memuat hukum kenaziran

      Hak 13 yg memuat kisah Simson

      Injil : Yesus muda yg tertinggal di bait Allah mengucapkan kalimat harus melayani Bapa. "....Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku."
      Yesus benar2 mengkhususkan dirinya bagi Allah.
      Yesus sudah diincar ahli2 taurat, diteliti dan dicari2 apa kesalahannya. Jika rambutnya pendek, pasti gampang diciduk dan diadili dg kilat.
      Yesus yg disalib mengucapkan kata selesai, yg berarti selesai pula masa nazarnya.

      Namun demikian hendaknya juga jangan dimanipulasi guru palsu lain untuk mengajarkan bahwa rambut Yesus tidak sepanjang bahu, tapi sepanjang pinggang.

      Kita patut bersyukur bahwa artis2 pelukis jaman dulu sudah dibimbing Roh Kudus shg tidak keliru menggambar sosok Yesus yg berambut panjang.

      Mengenai Yesus yg digambar negro, itu penjelasannya melibatkan teori inkulturisasi, bisa ditanyakan ke situs katolik yg lebih berhak menerangkan.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Ralat: dosanya bukan lagi triple, tapi, juga menyerang Musa yg menyampaikan hukum kenaziran, menyerang Allah yg merupakan sumber hukum kenaziran, dan menyerang seluruh kaum nazir diluar Simson.

      Salam
      AS

      Hapus
  6. Beginilah proses organisasi mengubah hidup manusia menjadi hancur.

    Sesorang yg semula berpikiran terbuka mempunyai 100 orang teman. Ketika terpeleset masuk ssy akan dibebani mengabar kerajaan. Satu persatu temannya diajak bergabung, namun mayoritas menolak. Teman2 yg menolak ini yg akhirnya enggan berhubungan lagi, sebab yg ada di otak saksi cuma kebenaran majalah. Mana ada sih, orang yg rela dianggap salah telah menganut agama xyz oleh agama bau kencur, shg rengganglah persahabatan mereka. Hidup saksi dihiasi dg ketertutupan tiada berteman, disibukkan dg teman baru semu, dg senyum palsu dalam par. Ini sudah terjadi di semua negara. Tingkat kesehatan jiwa para saksi terancam berat. Untuk keluar terlihat mudah, tapi menjadi sulit karena menyakitkan. Rasa malu krn dulu sering menyebarkan kebenaran, eeeh sekarang kok berbalik 180 derajat, mau ditaruh dimana mukaku? Solusi yg diambil biasanya menutup diri, pasif, tidak berani sharing krn teman2 nya sdh menjauh, akibatnya tingkat stress terbawa sampai ke pekerjaan, ke hidup di rumah sehari2.

    Solusi yg benar: berjiwa besar, akui yg benar adl benar, yg salah ya salah. Ini sangat meringankan beban. Rekonsiliasilah dg teman2 yg dulu pernah diajak bergabung, jika mereka benar2 teman sejati pasti akan bersukacita anda sudah sadar dan yakinlah tidak akan diejek. Sebaliknya teman semu di par juga jangan dimusuhi. Mereka sama2 korban seperti anda. Maka hidup anda terasa ringan dan tidak takut kembali ke agama semula
    Pertimbangkanlah
    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana Anda bersekolah, akan membentuk kepribadian
      Dengan siapa Anda bergaul, dan berteman akan membentuk karakter
      Buku bacaan apa yang Anda geluti, akan mempengaruhi sikap hidup

      Hati2 bila didapati ciri2:
      Tidak berkesadaran dalam jangka waktu lama
      Sok tahu padahal yg diketahuinya cuma dusta (dalam jangka waktu lama)
      Bertingkah baik untuk dilihat bagian luarnya saja.

      Jika Ada yg seperti itu jangan salahkan jika mendapat label Tengil, atau Degil. Kepribadian yg menyebalkan bisa tersamar dengan tutur kata yg halus, kalau pengen lihat banyak di sinetron 2 orang Tengil yg berbicara halus. Atau langsung contohnya kakek CTR dan tuan JFR, tuan NHK, tuan Gerritt Losch. Tidak lupa 12 orang yg mengaku sbg hamba setia (betapa tengilnya mereka berdua belas mejeng di DVD Faith in Action)

      Salam
      AS

      Hapus
  7. Brain drain akan terjadi dalam masa awal kematian organisasi penipu. Orang2 yg terpelajar akan jijik dg tipu muslihat yg diperagakan pengajar2 ssy. Karena sifatnya yg terpelajar, maka perginya diam2. Mereka memposting video di youtube. Ya mereka benar2 terpelajar dan berbahaya bagi guru palsu. Yang kita hadapi sekarang yg alot daya pikirnya shg harus panjang sabar, dijabarkan satu demi satu, langkah demi langkah.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesi kematian selanjutnya adalah saksi sudah enggan pergi dinas berdua-dua karena yg didatangi sudah pake smartphone yg ada browsernya, dan sudah berani menyuruh balik penatua nya untuk memberi conto dinas keliling kalau berani. Akhirnya ciri khas ssy pergi berdua2 tinggal kenangan pahit. Dan omset cetakan publikasi akan mentok

      Proses selanjutnya akan mengikuti hukum ekonomi, dimana barang yg tidak berguna tidak akan punya nilai ekonomi. Brand Watchtower lama2 pudar dan jatuh terpuruk, balai kerajaan akan ditinggalkan penghuninya, menyisakan segelintir loyalis membabi-buta. Membanting tulang menutupi biaya yg makin besar karena masih ditekan kantor pusat target tertentu. Tekor terus hingga lama-lama amsiong

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Watchtower sudah diambang kebangkrutan doktrin (bangkrut secara De Facto), meskipun secara Hukum masih eksis (De Jure) (kayak pelajaran sejarah kemerdekaan Indonesia). Hal ini menohok dirinya sendiri melalui juru bicaranya tuan Gerritt Losch, Apakah kita akan melamar pekerjaan di perusahaan yg memasang papan pengumuman "perusahaan ini akan segera bangkrut", dan berbagai institusi beramai ramai menyanyikan (merayakan) kebangkrutan yang tidak terhindarkan.

      Watchtower benar2 menuju kebangkrutan tak terhindarkan. Hitungan mundur telah dimulai. Betapa tidak responsifnya watchtower akan kondisi yg mengancam kelangsungan bisnisnya. Jika masanya sudah tiba, akan banyak korban para saksi yg mengira dirinya melayani Bapa.

      Bagaimana sikap kita terhadap mereka nanti. Umat Kristen yg dewasa janganlah sekali2 mengejek mereka para saksi. Saat watchtower tamat, para saksi tidak punya rumah lagi seperti anak sulung yg nakal. Maka kita jangan seperti anak bungsu yg iri.

      Bayangkanlah jika si anak sulung pulang ke rumah bapaknya, masih agak jauh melihat anak bungsu di depan rumah dan tidak melihat bapaknya, apa yg akan terjadi?
      Si sulung akan down mentalnya, berpikir sejenak apakah dia akan balik arah ( jadi calon Ateis), tetap pulang menemui anak bungsu meskipun diejek, atau menunggu bapaknya kelihatan baru pulang ( vakum sebentar ). Umat Kristen yg dewasa akan berlaku seperti sang bapak yg siap merangkul kembali para mantan saksi tanpa perlu mengejek. Jika kita pernah disakiti kata2 saksi yg datang dinas, mari kita buka lembaran baru.

      Penduduk Indonesia yg 200jutaan lebih, tidak tertutup kemungkinan masih ada yg kekanak-kanakan, dan mengusili saksi yg sudah jatuh kena tangga. Di kantor2 jika ada rekan kerja yg saksi plis jangan lagi diejek
      Salam
      AS

      Hapus
    3. Setelah proses brain drain, dinas berdua dua tamat, kemudian PAR dan mendaftar belajar Alkitab gratis ikut tamat, sebab sudah dideklarasikan TDB ilegal dan dikutuk semua nabi PL dan PB. Tinggal acara perhimpunan yg musti didobrak. Melelahkan tapi pada akhirnya akan tamat itu mesin internalisasi 3jam.

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Separuh dari jutaan saksi terdiri dari kaum wanita dan anak2 yang join karena kecemplung. Kecemplung karena dijorokin kaum bapak2 SSW , contoh kecemplung itu Tracey dari ausie, mantan penatua David dari UK, AL seorang ex saksi sejak bayi dari negeri sendiri.
      Walaupun ibu2 dan anak2 tingkat kengeyelannya sama dg kaum bapak2 SSW, namun bedanya kaum ibu2 SSW tidak mampir debat dimari, tidak gengsian, tidak segan2 meninggalkan balai kerajaan jika sudah ngambek pada organisasi, sangat siap hengkang membawa serta anaknya. Tinggal kaum bapak2 yg rada gengsi untuk keluar.

      Jadi organisasi benar2 diujung tanduk bukan bualan, bukan menakut2i, hanya panggilan tugas juru foto yg mengabadikan proses bubarnya WT.

      Salam
      AS

      Hapus
    5. Penatua2 SSW akankah sempat melayani Firman?

      Ataukah sibuk menanggapi alarm siaga satu yg dibunyikan organisasi? Alarm peringatan agar organisasi tidak ambruk dibebankan di pundak penatua. Kantor pusat cuma main perintah, selebihnya beban penatua, terserah mau salto boleh.

      Salam
      AS

      Hapus
  8. Tindakan paling bodoh dari guru palsu adl berlindung pada fakta diluar jangkauan hierarki susunan kristen shg bisa dgn leluasa mengacak2 alkitab. Memanfaatkan kebebasan yg dianut orang amerika. Namun lengah thd barangsiapa menabur akan menuai. Tidak ada jalan untuk meloloskan diri dari amarah mantan ssy yg bertahun2 ditipu. Kebenaran sejati akan mengepung guru palsu dan organisasinya akan menemui ajal, porak poranda, tercerai berai, karena melawan Kristus. Tidak usah menggunakan kekerasan fisik, cukup dengan kata2 sudah sanggup membunuh ajaran sesat. Kebenaran guru palsu sudah terpenjara dalam lembaran kertas, tinggal divonis. Kebenaran dari Kristus tidak cuma di atas kertas tapi di hati dan pikiran setiap manusia beriman. Lihatlah guru palsu bahkan tidak berdaya melepaskan kebenarannya dari penjara ciptaannya sendiri. Sungguh malang guru palsu bermegah dibalik jeruji penjaranya sendiri.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  9. Tinggalkan ssy sekarang juga, kosongkan balai kerajaan. Sebab ssy 100 th lebih, terus2an melawan Kristus. Tidak ada yg sanggup tahan dihadapan Anak Manusia.

    Apa musti menunggu jadi bulan-bulanan masyarakat?, menunggu didatangi ketua Rt/Rw setempat?, menunggu terbitnya buku membahas kesesatan ssy?, menunggu diliput pers?, menunggu ditayangkan di infotainment pagi siang sore?, menunggu arahan kantor pusat?, menunggu seorang nabi yg berkharisma yg tampil di TV?, menunggu sesama saksi didekatnya?, menunggu tanda2 alam?, menunggu didatangi malaikat?, baru memutuskan selesai?. Itu sih bodoh dan terlambat. Bukankah alkitab sudah memperingatkan bahaya nabi2 palsu, dari sanalah kita bertindak cepat , bergegas, sigap, tanggap, cekatan, bukannya berleha2, mabuk majalah, solider thd organisasi, kompromistis, toleran (dalam arti negatif) pada keanehan2 peraturan yg tidak masuk akal.

    Cepatlah! Sedetik saja bercengkrama dg nabi palsu sudah merupakan kejijikan.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  10. Bagaimana rasanya meminum obat yg kadaluarsa? Memakan lauk yg sdh seminggu terus2an dipanasi? Memakan roti yg dibeli seminggu yg lalu? Mendiami rumah yg atapnya bocor parah? Memakai pakaian yg sdh ketinggalan jaman dan sobek2? Meminum air bau kaporit menyengat?

    Rasanya tidak enak dan setiap saat bisa mati. Begitulah pandangan orang luar thd hidup seorang saksi, dan hendak diajak minum obat yg masih baru, dimasakkan lauk yg fresh, dibelikan roti yg segar, diberi baju baru, dibantu membereskan atap, disodori minuman kemasan. Tengoklah youtube yg semarak dg video pertolongan agar saksi bisa melihat sosok monster watchtower. Coba ingat2 kembali pada masa awal, keanehan2 ssy yg sudah mencurigakan: unitarian, menolak natal, anti transfusi darah, membikin hati & telinga panas krn hanya pingin didengar (sebaliknya selalu menimpali), suka menyetan-nyetankan. Nah itulah jati diri monster dlm kitab wahyu yg jauh dari rendah hati

    Salam
    AS

    BalasHapus
  11. Matematika sederhana mengajarkan sepositif apapun angka, bila dikali bilangan negatif, tentu hasilnya negatif.

    Jutaan jam mengabar tidak ada artinya, jutaan hadirin memorial, milyaran eksemplar, ratusan negara, puluhan bahasa, dll, jika kontennya anti Kristus.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  12. Dua macam kecapekan yg bisa dipelajari dari kasus penculikan warga jepang.

    Kecapekan jenis pertama: jepang bolak balik meminta korut mengembalikan warga negaranya yg diculik puluhan tahun silam, pegel melobi hingga taraf internasional. Tindakannya benar meskipun capek dan pegel

    Jenis kecapekan kedua: korut capek mencari dalih, mengelak, memoles citra, menahan nahan kebenaran fakta benar2 menculik warga jepang yg masih imut2, memisahkan dari orangtuanya masing2. (Bisa jadi korut mensetan2 kan jepang) (bisa jadi loh)

    Lantas kecapekan mana yg kita pilih?

    Salam
    AS

    BalasHapus
  13. Formula kalimat racikan ssy: " hanya ada satu agama yang paling benar dan diperkenan", serta tambahan " penyembah sejati di dalam roh", akan membutakan mata kita pada keagungan dan keindahan ajaran agama lain.

    Siapa yang tidak setuju dengan ajaran menjalin tali silaturahmi selama masih hidup? Silahkan ngacung.
    Siapa yg tidak kagum dengan ajaran memberi amal, zakat, infaq, & sedekah? Boleh tunjuk jari
    Siapa yg anti ajaran im-taq, iman dan taqwa?
    Siapa tidak senang dg ajaran membangun keluarga yg sakinah, mawadah, & warohmah?
    Siapa yg meragukan ajaran dharma dan karma?
    Siapa yg tidak suka ajaran menyayangi semua makhluk, baik hewan dan tumbuhan, bahkan pada seekor semut yg sudah menggigit kita?
    Siapa pula yang bisa menolak anjuran hidup harmonis ala konfusius? Ala Zen?

    Ssy ingin semua berbondong2 pindah agama dg formula jahat

    Sebaliknya orang non kristen akan mengagumi perpuluhan, garam dan terang dunia, sabda bahagia, seluruh perumpamaan kerajaan surga, dsb.

    Roh yg jahat akan takut pada roh yg baik. Hanya roh suci yg bisa mengusir roh jahat.
    Ustadz, pendeta kristen, pendeta Hindu, pastor, bhiksu Budha, pendeta Zen bisa mengusir roh jahat. Penatua ssy tidak akan bisa, justru sebaliknya mengundang kekuatan roh jahat ke balai kerajaan jw.org, dan disamarkan dalam bentuk simposium, pembaktian, pembaptisan palsu, dll.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa mengusir roh jahat satu paket dengan tidak bisa memberkati pernikahan, tidak bisa mencurahi Roh Kudus pada misionaris & tahbisan imam (penatua) nya.

      Menikah didepan penatua ssy terancam tidak sah bagi non ssy. Negara belum tentu mengakui pernikahan antar ssy kelak (krn borok ssy sendiri). Dan yg terlanjur menikah dalam ssy terancam nikah ulang jika ssynya bubar dengan menanggung malu. Petugas catatan sipil harusnya membaca blog ini agar paham fenomena ssy yg cuma grup kultus berkedok agama kristen.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Menikah di depan penatua Ssy sama saja belum menikah. Hati2 sama saja hidup dalam perzinahan. Kasian anak yg dilahirkan jadi korban ketidak sadaran. Buruan cabut dari watchtower dan nikah yg sungguhan bukan nikah bohongan di organisasi maut.

      Beralasan tidak tahu, tidak bisa mengubah apapun. Logika ini sangat sederhana, kalau orangnya sadar balai kerajaan itu antiKristus.

      Salam
      AS

      Hapus
  14. Merayakan Natal, Paskah, Pantekosta dapat meningkatkan keimanan seseorang. Meningkatkan relasi kita dengan Bapa yang ada di sorga.

    Kenapa harus takut dg pohon natal, sinterklas & telur paskah?.
    Kalau takut, ya berdoalah sepanjang hari di hari itu, bisa nggak? Wah ya sulit. Kita doa 3 menitan aja sudah selesai. Makanya biar tidak kosongan dan hampa, maka otak manusia berinisiatif agar dihari itu suasana tetap ceria, dibikinlah pohon natal, meskipun di indonesia tidak ada salju, orangnya berinisiatif pakai kapas.
    Coba bandingkan setahun memasang pohon natal, setahun kemudian tidak memasang, tahun ketiga rasakan bedanya dan putuskan yg terbaik menurut anda pribadi.

    Tidak usah takut dicap kekanak-kanakan. Justru Yesus senang pada anak-anak yg masih suci dan polos dari pikiran2 dewasa yg kotor.

    Dari teks PL, bangsa yahudi merayakan Paskah dan Hari Raya Pondok Daun. Perayaan ini dapat meningkatkan keimanan dan membangun relasi dengan YHWH.

    Paskah dirayakan tujuh hari berturut2, dengan perjamuan roti tidak beragi. Hari raya Pondok Daun untuk mengingat panen yg melimpah datangnya dari Allah, didedikasikan untuk orang israel yg bekerja dibidang agraris.
    Kira-kira pada hari itu akankah kosongan dan hampa juga tanpa ornamen sama sekali?
    Kira-kira daging-dagingan disajikan juga kah bersama roti tidak beragi?
    Kira-kira apakah rumah2 orang israel tidakkah dihiasi hasil alam buah2an, daun2an, & sayur2an dihari raya Pondok Daun?

    Silahkan dibayangkan sendiri. Kosongan dan polosan ataukah suasana semarak dan meriah?

    Salam
    AS

    BalasHapus
  15. Peraturan dibikin untuk kesejahteraan manusia yang hidup, jangan hidup untuk menegakkan peraturan organisasi, nanti akan bernasib seperti orang Farisi yg hidup untuk ratusan peraturan turunan, hingga detil ke titik koma nya. Peraturan sabat bahkan orang memencet tombol lift tidak boleh, gimana tuh? Sungguh ekstrim dan nyata.

    Yesus hanya memberikan hukum kasih.
    Peraturan tidak boleh transfusi harus diuji pada hukum kasih: melanggar
    Peraturan tidak boleh merayakan natal, paskah, pantekosta, harus diuji dg hukum kasih: bertentangan.
    Peraturan macam2 lainnya juga harus diuji dgn hukum kasih, hasilnya nyerempet2 / condong anti hukum kasih.
    Artinya peraturan tidak masuk akal itu harus dibuang, ditolak, dikembalikan ke yang membuat aturan "makan sendiri tuh aturan" dan anda dipecat.

    Dipecat dengan menyampaikan kebenaran sejati dimuka antek grup kultus itu sangat keren, dan menandakan anda sudah sembuh total. Selamat berjuang tidak semua orang berani melakukan hal tsb.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aturan organisasi adl tenaga aktif balai kerajaan.
      Benda mati bisa memenjarakan jiwa orang yg hidup.
      Aturan yg baik tidak makan korban, aturan ssy justru membutuhkan tumbal orang yg menolak transfusi disaat kritis, keluarga yg saling mengucilkan, anak2 yg distop pendidikannya.

      Ibarat kata jika ssy punya wilayah negara, maka penjaranya tidak muat akibat salah bikin aturan. Disaat kena musibah kecelakaan lalulintas (butuh transfusi) malah dijebloskan ke penjara. Jam dinas kurang dijebloskan juga. Bergaul dengan terkucil digaruk ke penjara. Ketahuan melanjutkan pendidikan digiring ke bui. Tuh penuh dah penjaranya negeri ssy.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Peraturan tidak boleh mengonsumsi alkohol selalu akan mengarah kpd peristiwa nabi Nuh. Padahal nabi Nuh juga sudah terlukai peristiwa itu, luka nya digarami terus oleh aturan jw.org.

      Padahal rata2 orang Yahudi minum anggur. Di pesta kawin, anggur yg enak wajib dihidangkan. Di Immamat pun tidak ada larangan minum anggur kecuali kaum Nazir ( dalam periode menjalankan Nazar untuk Tuhan)

      Aturan jw.org semata2 quicktest utk melihat kadar keloyalan, tapi menghantam citra nabi Nuh

      Alkohol yg dikonsumsi dg bijak, dipakai di farmasi, mensterilkan alat2 bedah, mensterilkan luka, mengawetkan makanan, menghangatkan badan di negara dg musim dingin yg ganas macam Siberia, Alaska, Hokkaido, Skandinavia, dll

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Organisasi SSW akan dikutuk Nabi Nuh, sebab:

      Mengaitkan bahteranya dengan organisasi duniawi (nama nya dicatut)
      Menyandingkan bahteranya berdampingan dg kapal pesiar "Purba Cruise"
      Menggarami lukanya dengan aturan tidak mengonsumsi alkohol.
      Nabi Nuh adl saksi hidup perjanjian Allah dengan manusia untuk tidak menurunkan air bah untuk kedua kalinya. Bahtera nabi Nuh adl yang pertama dan terakhir (one and Only)

      Salam
      AS

      Hapus
  16. Blog ini adl yg terlengkap kategori answering witnesses, maju pesat daripada situs2 yg berbahasa inggris manapun, berkat kesediaan pemilik blog yg rela menyelam sampai kedasar kolam yg lebih kotor dari got. Padahal dari luar saja sudah tampak kotor, ternyata setelah menyelam kelihatan ada monsternya yg jadi sumber kotoran berpakaian necis ditengah lingkungan yg kotor dan bau melebihi septic tank.

    Kelak akan lebih lengkap dengan derai tangisan saksi yg tidak gemar membaca. Memenuhi kolom komentar dengan sumpah serapah dan makian (bukan kpd pemilik blog lagi). Tunggu tanggal mainnya.

    Ditunggu kesaksian para dokter yg menangani pasien ssy, guru yg punya murid ssy, ortu yg anaknya terjerat ssy, dll.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini dibaca segala kalangan, namun ada bagian yg sulit untuk dituliskan dalam kata2, sehingga selengkap apapun, masih belum lengkap jika belum pernah berinteraksi langsung dengan keseharian saksi, pembaca belum akan ngerti scr komplit.

      Bagian itu adl organisasi mengubah kepribadian saksi menjadi attitude yg Freak.
      Ada banyak istilah negatif: Crazy, Mad, Nuts, Moron, Fanatics, Maniacs, Freak, Wacko, saya pribadi memilih yg Freak, karena ada unsur antik nya.

      Gimana nggak antik jika ortu ditelpon RS, diminta datang segera ke UGD, sempat2nya sangu TDB, buat bekal debat makan darah sama tenaga medis.
      Gimana nggak unik, nyimpan majalah dobel-dobel tiap edisi dobel dobel ^_^, yang umum orang berbagi pakai, satu majalah dibaca bergantian.
      Gimana nggak gelok, bukan cuma menggali kubur sendiri, lebih dari itu masih sempat menimbun diri sendiri dengan tanah yg digali nya dengan susah payah (lewat majalah (kiasan)) ^_^

      Sungguh kejadian langka dalam kurun waktu abad terjadi di tanah air kita, munculnya kaum Freak.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Blog ini bagaikan tembok tinggi kokoh yang hidup dan mengepung balai kerajaan, sehingga saksi sudah tidak leluasa menjalankan aktivitasnya. Temboknya tinggi dan kokoh shg saksi tidak sanggup lompat ataupun menjebol. Temboknya hidup shg seperti jala berlapis yg makin rapat sebab dari waktu ke waktu makin solid.
      Yang bisa dilakukan saksi hanya kongkow2, istirahat panjang, 3jam kini sudah terasa sangat lama, kehabisan materi internalisasi, tema armagedon udah sulit, tema loyal dan waspada thd setan sudah terlalu sering, tema doktrin utama itu sangat berbahaya bisa ricuh, sebab banyak saksi yg sudah baca blog ini. Inilah makna meredup yg sesungguhnya.

      Berita gembira lainnya di YouTube terjadi hal serupa video dari ex-jw sudah seperti layaknya tembok yg mengepung organisasi nggak sadarrrr lah.
      Waktu menuai sudah makin dekat.
      Saksi itu belum keluar karena saling tunggu saksi didekatnya. Kalau mempelopori keluar akan jadi pusat perhatian semua mata, tapi kalau berbondong2 maka tidak jadi pusat perhatian tapi langsung gempar bangku balai kerajaan merosot drastis.

      Salam
      AS

      Hapus
  17. TDB kental dengan politik dan tidak bersikap netral.

    Kebijakan teokrasi watchtower dipaksakan masuk dalam hasil penerjemahan.

    Kebijakan oposisi thd susunan kristen halal masuk dalam menerjemahkan.

    Raymond Franz yang tidak sreg dengan kebijakan dewan bp lmp dilengserkan (ing keprabon).

    Orang baru yang hadir perdana di balai kerajaan akan segera ketahuan, dilihat dari dress code nya, aktif tidaknya org tsb dan keakraban dg orang disebelahnya. Newbie ini akan diselidiki oleh penatua apakah warna politiknya (alert status) kompatibel dgn watchtower, & tidak akan membahayakan jw.org (intruder). Dalam bahasa organisasi apakah newbie itu membawa ragi ke dalam.

    Bersikap netral dalam politik itu hanya propaganda.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  18. Bukan bagian dari dunia tapi mengaplikasikan ilmu psikologi dan ilmu ekonomi kedalam agama.

    Seharusnya ilmu agama yg diaplikasikan kedalam aspek2 kehidupan.

    Masih mending kalau yg diterapkan yg baik, sebaliknya ssy menyalahgunakan ilmu psikologi dan ekonomi demi kepentingan korporasinya.

    Ilmu psikologi yg disalahgunakan ssy:

    Menciptakan fobia. Fobia timbul scr alami hasil trauma dan kalau bisa diterapi hingga sembuh. Ssy justru memanipulasi psikologi agar fobia armagedon, fobia tritunggal, fobia perayaan hari raya keagamaan, fobia tidak selamat jika tidak bergabung, fobia pada mantan ssy (fobia apostas). Tidak heran jika mantan ssy nickname snarkyapologist mengungkapkan banyak ssy yg gangguan kejiwaan.

    Lawannya fobia adl fanatisme thd bp lmp, thd teokrasi, pada majalah wt, pada produk2 keluaran wt tmsk situs jw.org & tdb.

    Trik psikologi yg biasa disalahgunakan tidak terbatas cuma ssy tapi universal:
    Stick and carrot.
    Berbicara halus untuk memenangkan hati seseorang.
    Gratifikasi di awal (hadiah atau kursus ketrampilan) dengan tujuan akhir memanfaatkan alias mengumpan. Ssy mengajarkan bahasa isyarat gratis dg tujuan akhir menghisap tenaganya untuk mencari anggota yg tunarungu.

    Yesus tidak pernah melakukannya.

    Ilmu ekonomi yg diterapkan dg baik oleh ssy

    Hasilkan produk yg unik, tidak bersubstitusi
    Maksimalkan pemasukan, minimalkan biaya.
    Perluas omset dg franchising, pemberian bonus.
    Minimalkan pajak dg membentuk badan usaha nirlaba atau yayasan.
    Maksimalkan advertising gratis dgn menjual kontroversi menolak transfusi darah, gigih menentang hitler.

    Yesus tidak mau melakukannya.

    Organisasi berbumbu pelanggaran mana bisa survive

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa nggak diaplikasikan manajemen result?

      Jika result = neraka, ya bubarin saja to.
      Result = sia-sia, rugi, ya pasti amsiong.
      Tanda2 nya sudah nyata/ kasat mata.

      Salam
      AS

      Hapus
  19. Dusta di-amplified mjd unlimited. Coba hitung berapa banyak frase "diperkenan Yehuwa" yg tercetak publikasi. Yang tertulis jumlahnya bisa dihitung yg tidak bisa dihitung adl yg telah diucapkan, maka uncountable alias unlimited.

    Bapa sudah dinyatakan nabi nabi PL, membenci dusta. Jadi "diperkenan Yehuwa" jelas jelas melawan Bapa. Mana mungkin Bapa berkenan pada watchtower yg obral dusta, unlimited lagi.
    Kaya gitu ngakunya dianiaya susunan Kristen, padahal PGI sudah menyapa (mengundang dg hormat ke pertemuan2nya), sudah menegur dengan surat teguran. Dianiaya??? Apa dikecam???
    Apa buktinya dianiaya? Dianiaya seperti jaman rasul? Yang bener aja, kira2 dong Kalo menyusun dusta.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  20. Ketik ke Google translate kata tuan ke bahasa Yunani keluar kata "daskalos". Ketik juga "Tuhan" hasilnya "Kyrios".

    Cek Alkitab asli versi Yunani apakah ada kata daskalos pada bagian malam perjamuan terakhir.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketik nama "Yehuwa" ke Google translate ke berbagai bahasa. Nanti akan keluar hasil yg nggak karuan. Basa Jawa jadi pangeran Yehuwa, padahal pangeran semua orang tau adl anak raja putra mahkota sesuai tradisi Jawa.

      Ini juga tanpa ijin pemilik nama. Kalau Yesus boleh diterjemahkan sebab Yesus memiliki hakikat manusia, tidak masalah bahasa Spanyol jadi Jesu (dilafalkan Hesu). Paulus bahasa Spanyol Pablo, Inggris Paul nggak apa2. Kalau Allah yang MahaTinggi minta ijinnya harus ke surga dulu dan belum tentu diijinkan, belum tentu ketemu dan belum tentu mau bertemu, belum tentu tau jalan ke surga dan belum tentu bisa kembali ke bumi.

      Nah betapa lancangnya watchtower . Betapa besar nyalinya

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Dengarkan ajaran Paulus, kita harus berseru "ya Abba, ya Bapa" sbg ganti YHWH.

      Bapa ya, jangan Bapak, beda atuh ieu. Bapa sapaan yg hangat, Bapak sapaan berjarak tidak saling akrab baru ketemu perdana.

      Salam
      AS

      Hapus
    3. YHWH bisa jadi HUWA dan YAH...di buku lagunya perhimpunan.

      YHWH bisa jadi J...di JW.org

      Nabi Musa pasti akan Marah Besar.
      Ini kategorinya mencobai Bapa.

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Ketik "CROSS" ke Google translate hasilnya Stauros.

      Ketik "torture stake" hasilnya bukan Stauros.

      Jadi tiang siksa adl asumtif dan spekulatif si penerjemah, dan scr final terbukti palsu. Nabi CTR aja ketawa lihat gambar tiang siksa.

      Para saksi sekarang jumpalitan, jungkir balik, guncang imannya, stress, lemas-lunglai.

      Salam
      AS

      Hapus
    5. Google translate nggak jadul says:

      Tree = dentro
      Stake = Stoichima
      Wood = Xylo
      Torture = Vasanistirio
      Torture Stake = Vasanistirio Stoichima
      Cross = Stauros

      Have a good day ^_^

      Salam
      AS

      Hapus
    6. Hanya ada anak selamanya, nggak pernah ada bekas-anak.

      Namun gara2 SSW ada istilah bekas saksi Yehuwa. Nama yg sakral ada embel2 negatif akibat organisasi tidak takut Tuhan.

      Sederhana tapi fatal

      Salam
      AS

      Hapus
  21. Bergabung saja dengan ssy belum cukup untuk selamat melewati armagedon

    Syaratnya
    Harus ikut terang baru
    Harus menerapkan seluruh aturan organisasi watchtower
    Harus berdinas aktif
    Harus loyal pada bp lmp.

    Jadi jumlah 144000 orang yg sudah diapprove terurap terancam batal dengan ketentuan terang baru. Sudah capek2 loyal dan digelari terurap ditorpedo harus dalam keyakinan terang baru. Korbannya adl Russell dan rutherford yg tidak masuk kriteria terang baru. Russell percaya salib, rutherford pengonsumsi berat alkohol.

    N B belum dicetak watchtower

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lama meninggal saja masih bisa disontoh generasi jw.org terang baru.

      Berdasarkan kesaksian tuan Purba atas haluan bp lmp yg jenis pantang undur walau diterjang ombak, saksi generasi terang lama tidak akan diurusi, sudah masa lalu, salah mereka sendiri yg berekspektasi berlebihan dan mendasarkan diri pada premis yg salah.

      Ditinjau dari aturan organisasi haruslah bertaring. Jika tidak demikian maka anggota akan berjalan kesegala arah, dan mengancam keutuhan organisasi yg ingin anggotanya berjalan satu arah. Akibatnya memang terlihat sadis para saksi generasi aturan lama harus merasakan pendisiplinan aturan yang terbaru.

      Di masa depan akan terulang dan terulang di organisasi watchtower.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Fakta yg belum ditulis admin adl tuan Russell berbohong di pengadilan kalau dirinya bisa bahasa Ibrani dan Yunani, saat hakim menyuruh baca hadirin ketawa krn ketahuan nggak bisa baca

      Fakta kedua ajaran ssy laku karena PD 1 dan PD 2 dan perang dingin NATO vs USSR. Nebeng situasi perang rupanya.

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Charles Darwin, ilmuwan tersohor yg tidak tahu menahu ajaran ssy bisa disontoh artikel majalah jelek menara pelihat.

      Nama Darwin harum sampai diabadikan sbg nama pelabuhan Port Darwin. Ilmuwan sekarang pergi kemana2 naik pesawat, Darwin harus berhari-hari naik kapal, berkemah di lokasi temuan fosil karena kecintaannya pada penelitian. Majalah wt belum meneliti teori evolusi dengan lengkap baru 50% dah main gebuk Darwin.

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Jawaban utk Sdr Maxi

      Evolusi adl pola bertahan pada hewan dan tumbuhan dalam habitat yg berubah, bisa karena cuaca berubah, terdesak populasi manusia, bisa karena hewan itu migrasi scr sukarela. Jadi istilah tercipta sendiri itu tidak ada kamusnya.

      Evolusi bisa karena campur tangan manusia yaitu persilangan/ kawin silang dan domestikasi

      Contohnya rusa di Afrika berevolusi merespons misal populasi predator meledak maka rusa lemah dan larinya lambat akan terseleksi shg rusa yg tersisa akan menghasilkan anak rusa yg larinya kencang, otomatis predator sulit nangkep shg populasi predator akan turun sendiri kalah bersaing cari makan

      Jadi evolusi tidak bertentangan dg Alkitab, jauh dari mengguncangkan iman pada "Allah menciptakan menurut jenis-jenisnya". Itu artinya jenis karnivora tidak akan bisa jadi jenis herbivora dengan kawin silang apapun tidak bisa. Itu artinya singa2 Afrika tidak boleh dibunuhi semua karena buas (memang jenisnya buas dan liar, bisa nyerang manusia juga)

      Evolusi kawin silang contohnya herder, semangka kuning, dll. Kapan Allah menciptakan jenis herder dan semangka kuning,.... Ya jangan nanya begitu, tapi bisa dijawab dg ilmu pengetahuan.

      Jadi dimana dosanya percaya evolusi?

      Salam
      AS

      Hapus
    5. IBSA berEvolusi jadi Witnesses, berEvolusi lagi jadi JW.org. Pecahan IBSA berEvolusi jadi Russellites, tapi punah gara2 tidak sanggup berEvolusi.

      Bukan bagian dari dunia, tapi ikut arus dunia yg demam online.

      Kalau tidak ikut, akan terlindas, ikut ....cuma berisi kosmetik saja.

      Salam
      AS

      Hapus
    6. Manusia tentu berEvolusi, yaitu dibagian otaknya, volumenya bertambah karena lebih sering dipakai. Kalau mau, pelari cepat kawin dengan juara marathon, nanti anaknya probabilitasnya akan jago olahraga lari sejak kecil hingga dewasa, sebab pengaruh genetik orangtua dan lingkungan anak adl dunia atletik.

      Namun pada manusia, yg berevolusi lebih kepada kebudayaan dan modifikasi alam shg bisa terus hidup dalam perubahan lingkungan. Manusia ya tetap manusia, masak bisa jadi putri duyung atau manusia werewolf. Itu hanya dongeng yg laku dijual dan bukan evolusi.

      Budaya agraris berevolusi jadi budaya metropolis
      Permainan anak tradisional berevolusi jadi game online
      Alat masak tradisional berevolusi jadi peralatan stainless steel dan plasticware
      Material bangunan lama jadi modern dan estetik.
      Alat komunikasi jadul sudah berevolusi jadi smartphone dan sosmed
      Manusianya berevolusi bersamaan dengan budayanya

      Salam
      AS

      Hapus
  22. Wahai para saksi kalau belum belajar nangkap bumerang, jangan kencang2 nglemparnya.

    Jangan keseringan menulis "kebenaran" kalau tidak ada auranya. Kebenaran harus diuji apakah masuk logika, apakah sesuai dengan asas keadilan, apakah membebaskan atau mengekang. Filterlah sebelum jadi bumerang. Di depan berkoar kebenaran, belakangan jadi dusta itu apa namanya kalau bukan bumerang.

    Jurnal ilmiah, buku2 berbobot, dll tidak perlu didahului dengan klaim kebenaran scr hurufiah di awal2. Majalah watchtower BEDA kebenaran tanpa aura diobral murah.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebenaran jw.org selain tidak beraura, juga curi start

      Salam
      AS

      Hapus
  23. Di sebuah situs D........A.blogspot disoroti kesalahan pemilihan nama ssy yg tidak tepat. Nama itu update seandainya dipakai dalam periode segera setelah raja Zedekia yg vakum ajaran nabi selama 600 tahun.

    Di jaman sekarang nama itu tidak valid krn YHWH sudah menyatakan diriNya dalam Kristus

    Setuju sekali

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapa bisa menyatakan diriNya sebagai apa saja

      Dalam PL menyatakan diri dalam:
      Semak yg terbakar api tapi tidak hangus jadi abu
      Dalam badai dan petir
      Dalam tugu awan disiang hari dan tugu api dimalam hari
      Dalam ruang tersuci bait Salomo
      Dalam kemah tempat tabut perjanjian bernaung

      Di PB Bapa menyatakan diri dalam Yesus yg dibaptis di sungai Yordan. Yesus dinyatakan Bapa secara langsung, bukan melalui malaikat Gabriel sbg Putra Bapa, diberi kuasa penuh dg kalimat Dengarkanlah Dia. Sebab Yesus adalah loh batu perjanjian baru yg menggenapi Taurat Musa.

      LAI mendengar Yesus yg mengajar kita untuk memanggil Allah yg MahaTinggi dg sebutan BAPA.

      TDB seolah-olah konsisten, tapi justru mengaburkan antara PB dg PL. TDB asing dgn Yesus shg terjemahan "Yehuwa" muncul terus di PB harusnya sejak Yesus mengenalkan istilah Bapa terjemahan "Yehuwa" distop, malah bablas terus . Bahkan di surat rasul pun masih ada terjemahan "Yehuwa". Itu artinya rasul disetting tidak taat pada Yesus yg sudah mengajar dengan sebutan Bapa.

      Sekarang ketahuan siapa yg asal tuduh, yaitu si Raja dusta

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Ketika dirimu diselamatkan, jadilah saksi Kristus.
      Ingatlah akan keteguhan rasul Paulus sbg korban ketidak tahuan telah menganiaya pengikut Kristus.
      Masak takut sama Natal, Paskah, Pentakosta. Itulah inti kesaksian Paulus bahwa Kristus benar2 lahir, wafat untuk menebus dosa umat manusia, bangkit di hari ke tiga, dan terangkat ke sorga, dan memberikan Roh Penghibur, sbg tanda Allah selalu menyertai kita selamanya.

      Watchtower merasa dirinya SEPERTI para rasul sampai2 jumlah bp lmp dibikin 12 orang. "Seperti" nya cuma kedok, karena ada Paulus yg posisinya sbg "Dubes, dan diberi surat kuasa langsung dari Kristus" untuk dunia internasional, posisi ini tidak disadari watchtower, shg akhirnya tidak mirip sama sekali, demikian juga Mormon.

      Itu cuma kedok untuk memirip-mirip kan saja, oke.

      Salam
      AS

      Hapus
  24. Akhir jaman versi watchtower super Happy ending. Pengikut susunan Kristen ikut dibangkitkan untuk diajar ulang.

    Bahkan tidak pernah terdengar pengikut susunan Kristen yg dipercaya watchtower menyeleweng, dihukum berat, padahal belum akhir jaman saja sudah diancam akan dimusnahkan seperti tertulis di dalam Wahyu

    Apakah ini selaras dg Wahyu? Jelas tidak sesuai. Ini yg disebut Kontradiksi. Konflik horisontal di level ajarannya sendiri.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  25. Jika situs jw.org ada fitur interaktif nya dan tidak curang dalam menampilkan komentar, maka pasti kita akan sering berkunjung, tidak perlu direkom berulang-ulang.

    Saksi ngebet pada admin: jangan dihapus ya...., ditayangkan ya....., dijawab ya......
    Bisakah situs jw.org menerapkan asas resiprokal?

    Inyong kadang berkunjung dan tidak mendapat apa2, gersang, kehabisan materi artikel, loyal pada organisasi doang temanya. Satu artikel isinya tentang salah beli lem, akibatnya sampul TDB melengkung, garing banget. Yaelah hal2 teknis yg memalukan perusahaan besar salah beli lem dan salah menerjemahkan, salah gambar tiang siksa, salah menafsir, salah cetak truth expiry date, salah bikin DVD faith in action shg ketahuan siapa pendiri ssy, ketahuan simbol tangan rahasia Freemason, salah meninggikan Zipora sbg tokoh kitab suci. Zipora adl istri nabi Musa tapi sangat minim apa perannya di jaman yg kental paternalistik, Ibu Yesus malah tidak masuk kategori tokoh Alkitab versi jw.org.

    Akhirnya orang malas mengklik jw.org selain usang juga nggak dapat pengetahuan yg lurus dapat dicerna logika

    Salam
    AS

    BalasHapus
  26. Beriman yg cerdas bisa diupayakan semua orang, jangan beriman yg membabi buta. Percaya pada dusta itu sikap yg membabi buta. Warning sudah melimpah ruah di You Tube, media2 sosial, website2, tinggal dicocokkan satu sama lain, istilahnya dikonfrontir. Yang tesisnya gugur berarti tidak tahan uji, patut ditolak. Itu baru cerdas

    Salam
    AS

    BalasHapus
  27. Nama lain dari Roh Kudus itu adl Roh Penghibur.

    Tenaga aktif, energi listrik, jelas tidak bisa memberikan penghiburan, hanya bisa di ON-OFF kan, mirip saklar. Kalau lagi butuh cklek ON, dah bosan cklek OFF. Bisa Letoy kalau tidak di-charge ulang, power bank kaleee.

    Pribadi Allah yang ketiga dibunuh, disubordinasi, di degradasi.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  28. Jangan jadi manusia Durhaka, ini contohnya:

    Malin Kundang
    Orang Israel yg sudah dibebaskan dari Mesir, menggerutu saat hidup di padang pasir, bukan cuma sekali, tapi berulang kali
    Orang ditebus dosanya, kemudian dikasi tahu penebusnya, justru disangkal, dan menunjuk kematian lah penebusnya. Ini ibarat A menggadaikan BPKB, saat jatuh tempo tidak punya duit, saat dikasi tau BPKB nya dah ditebus B. A justru menyangkal B, dan menunjuk uang lah yg menebus . Bagaimana perasaan B?
    Komentar saksi yg menolak hukuman kekal, sampai emosional, merumuskan kata2 yg durhaka di artikel hukuman kekal.

    Tidak selamat dengan kategori Durhaka tanggungannya berat, karena Yesus juga akan balik menyangkal saksi. Saat Yesus datang sebagai hakim dan berpakaian raja, bermahkota Raja, dikawal ribuan malaikat kemudian menyangkal saksi sbg bukan domba nya, meskipun saksi menyembah-nyembah juga tidak akan digubris

    Salam
    AS

    BalasHapus
  29. Kultus adalah modus operandi nya

    Bidat adalah kontennya

    Setan adalah dalang nya

    Keuntungan materi duit adalah efeknya

    Manusia Durhaka adalah buahnya

    Salam
    AS

    BalasHapus
  30. Banyak saksi akan mengelak jika ditanya arti kata Dusta. Sebab jika saksi menjawab akan di skak mat. Itu sebabnya lebih aman memilih untuk mundur.

    Banyak definisi Dusta, saya ingin merumuskan sendiri Dusta sbg siasat Keji, emaknya segala kesengsaraan, kepedihan, dan celaka, dengan contoh terbaik Dusta si ular taman Firdaus terhadap Hawa

    Problem2 dalam buku Young People Ask (besutan wt inc) adalah akibat/hasil dari Dusta. Dan buku tsb sendiri dari judulnya sudah mengandung kebohongan. Judul yg pantas adl Young American Ask. Isinya adl problem2 keluarga Amerika (di suatu masa saja). Ingin disamarkan sbg pertanyaan remaja secara universal.

    Top survey membuktikan remaja Indonesia di kota2 besar bertanya:
    Ma/Pa kalau aku SMA boleh nggak ke sekolah naik motor?
    Ma/Pa aku kapan dibeliin smartphone terbaru?
    Pa, aku boleh pinjam mobil ke rumah pacar?
    Remaja dengan sebayanya menanyakan sudah coba game online yg baru belum?

    Apalagi remaja di desa2 semisal Cilacap, Tasikmalaya, Ngawi, dll sulit dipercaya menanyakan problem dlm buku usang Young People Ask. Buku itu mirip Armagedon mini level keluarga.

    Bahkan di Amerika pun remajanya nggak lagi menanyakan YPA. Kehidupan itu dinamis, jika remajanya masih menanyakan YPA artinya bangsa Amerika mengalami stagnasi akut.

    Gambar2 watchtower dikenal sangat beda dan meresap di otak.

    Ambil contoh saksi sedang membukakan TDB kepada buruh tani wanita kebun teh.
    Beginikah cara kerja misionaris? Dengan mengganggu aktivitas seseorang?

    Misionaris sejati tidak akan langsung buka Alkitab dan tidak menyetop kegiatan seseorang, justru meletakkan Alkitab yg sedang dibaca untuk kemudian ikut membantu memetik daun teh bagi wanita tsb sambil diajak ngobrol, kenalan dulu, tanya2 kehidupannya seperti apa, apakah sudah beragama, jika belum apakah mengenal sosok Yesus ( bukannya dijebak dg pertanyaan kalau kamu mati ke mana? )
    Misionaris tanpa bawa Alkitab pun bisa menjelaskan kerajaan surga. Setelah ada waktu senggang dan wanita tsb menunjukkan minat baru bisa diajar. Dan jika tidak minat tidak akan disetan setankan.

    Saksikan di YouTube kawah yg terbakar api terus menerus karena dari dalam tanahnya memang sumber gas, kalau nggak salah di Kazakhstan.

    Jika tempat seperti itu saja ada, kenapa api neraka bisa tidak ada? Kenapa tidak percaya dg api neraka? Kenapa Allah tidak bisa ciptakan?

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, kak AS.. Yesus tidak pernah mengajarkan kasih seperti yang kakak lakukan.. Yesus sendiri berfirman "Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu" Yohanes 15: 12. Kalau kakak seorang Kristen sejati, kakak tidak akan membenci hingga menyebarkan saksi dusta seperti ini. Sedosa-dosanya dan sehina-hinanya sesama kita, seorang Kristen sejati, tidak akan berperasaan sangat membenci sesamanya tersebut, karena dalam firman Tuhan sendiri, jika kita membenci sesama kita, kita telah berjalan didalam gelap. saya bukan salah satu dari SSY, tetapi, saya tidak suka ada seorang Kristen, yang menjelek-jelekkan sesamanya manusia.

      Hapus
    2. Terima kasih Sdr/i karya kita.

      Membenci nya plis dibedakan,
      Membenci ajaran palsu?, iya memang benar. Doktrinnya emang benar2 ngawur, masak kematian jadi Juruselamat? Doktrinnya lho bukan pribadi2 saksi.

      Membenci guru2 palsu?, iya memang. Karena pengajarannya pake mind control, tapi tidak pernah mengajak membenci para korbannya.

      Formatnya dibuat singkat agar pembaca yg sibuk masih sempat baca barang tiga menit. Segmennya pertama adl pokok kekeliruan, segmen terakhir adl sentilan yg kadang gaya bahasanya sinis. Apakah sinis sama dgn benci? Tidak selalu sinis kadang pengontrasan agar terlihat jelas. Tajuk rencana koran banyak yg sinis pd Presiden atau pejabat, apakah pemrednya benci Presiden? Tidak bukan?

      Pingin nya seperti Yesus, yaitu mengecam dan selanjutnya diam. Tapi saya belum bisa, bawaan orok bicara blak2an.
      Apakah saya membenci Pak Purba? Tidak, yg saya benci adl tulisannya yg mengandung dusta, "haluan pantang undur walau diterjang ombak".
      Apakah offensif? Iya, ajaran yg harus dibasmi. Ini beda dg kaum Farisi yg super lurus tapi kaku, ssy sesat dan durhaka. Orang Farisi tidak boleh dibasmi, tapi ajaran sesat dan guru2 nya wajib dibasmi.

      Apakah tidak bisa menggunakan kata yg santun? Tunjukkan bagian mana yg tidak santun. Setiap komentar selalu saya filter, ada kata bodoh untuk guru palsu bukankah itu wajar, tapi tidak satupun saksi yg saya sakiti perasaannya

      Tidak semua orang Farisi salah, hanya orang Farisi yg dengki dan menjebak Yesus dg tujuan menangkap kesalahan kecil dr Yesus untuk diajukan ke Mahkamah agama. Menjebaknya dg Taurat Musa, sbg orang normal kita akan benci pada sikap Farisi ini

      Saya nyatakan membenci dg subyek yg spesifik 1ajaran palsu 2 guru palsu. Itu saja

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Giliran kakak bertanya pada adik

      Adik sudah berkarya apa dalam kasus SSY?

      Nah itu dia, apapun jawabannya, peran masing2 orang beda-beda. Tugas kakak adl mendokumentasikan di dunia internet, kesesatan SSY. Harus ada yg mendokumentasikan ....betul?

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Selamat malam Bpk Awi, dan salam kenal utk Sdr AS,

      Untuk Bpk Awi : Selamat ‘bertemu’ lagi dg saya, Maxi-Sam, sang ‘musuh abadi’ Bpk [meminjam salah satu sebutan Bpk Awi utk saya] setelah sekian lama ‘menghilang’. 

      Utk Sdr AS : Saya membaca semua tulisan Sdr yg ternyata ikut ‘memenuhi’ blognya Bpk Awi tapi ternyata diperlakukan berbeda oleh Bpk Awi dibandingkan dg perlakuannya terhadap tulisan-tulisan tanggapan saya beserta rekan-rekan saya yg lain. Meskipun hal itu sepenuhnya adalah hak mutlaknya Bpk Awi tapi sebagai seorang pembaca blog ini saya bertanya-tanya koq perlakuannya bisa beda ya?

      Sebenarnya ada banyak sekali tulisan Sdr AS yg sangat ingin saya tanggapi termasuk beberapa yg secara spesifik menyebut nama saya, tapi mungkin nanti dilain kesempatan. Sekarang ini saya hanya agak ‘tergelitik’ utk menanggapi jawaban Sdr AS atas ungkapan perasaan dari seorang pembaca dg nickname ‘Karya Kita’ yg kebetulan bukan seorang SY yaitu : “Kalau kakak seorang Kristen sejati, kakak tidak akan membenci hingga menyebarkan saksi dusta seperti ini”.

      Mengapa saya ‘tergelitik’ utk menanggapinya? Karena jawaban Sdr AS sedikit banyaknya sangat mirip dg ‘sang Bapak’-nya yaitu Bpk Awi. Jadi teringat ungkapan “like father like son”.  Di satu sisi Sdr AS mengatakan tdk membenci “pribadi-pribadi” SY melainkan “doktrinnya”, tapi di sisi lain tulisan-tulisan Sdr serta pilihan kata yg Sdr gunakan justru menunjukan kebalikannya.

      Berikut ini saya sertakan beberapa buktinya :
      - 17 September 2014 : Lha....di SSY [huruf besar oleh saya] orang tidak boleh berpikir kok (cukup terima apa adanya yg disediakan organisasi)
      - 27 September 2014 : … Hidup SAKSI dihiasi dg ketertutupan tiada berteman, disibukkan dg teman baru semu, dg senyum palsu dalam par. Ini sudah terjadi DI SEMUA NEGARA. Tingkat kesehatan jiwa PARA SAKSI terancam berat. [huruf-huruf besar oleh saya]
      - 28 September 2014 : SSY [huruf besar oleh saya] rajin menipu (sesamanya segala usia), suka menyombong, selalu menyerang (pemeluk agama non ssy), sering mengganggu (saat bertamu)
      - 30 September 2014 : SAKSI YEHUWA hanyalah SEKUMPULAN ORANG-ORANG munafik yang hanya ingin mrmperlihatkan kasih dengan cara yang tidak patut....
      mereka hanya tampak baik,sopan hanya tampak diluar saja tapi didalam hati penuh dengan kemunafikan. [huruf-huruf besar oleh saya]
      - 7 Desember 2014 : SSY [huruf besar oleh saya] hanyalah sampah majalah, macan kertas, hasil utak-atik kata, sulap kalimat, silat lidah, akrobat fakta, badut sirkus yg tidak bisa atraksi, menyedihkan.
      - 15 Januari 2015 : Tampil bedanya SSY [huruf besar oleh saya] marak dg ciri: spekulatif, manipulatif, illusif, agresif, kontraproduktif, negatif, masif, destruktif, degradatif, derogatif, otoriter, propaganda, tidak berkesadaran, egosentris, buas (anak belia pun diterkam). Diborong abis segala yg jahat

      Masih banyak yg serupa tp rasanya beberapa ini sdh lebih dari cukup. Apakah selaras dengan pernyataan Sdr AS : “Apakah tidak bisa menggunakan kata yg santun? Tunjukkan bagian mana yg tidak santun. Setiap komentar selalu saya filter, ada kata bodoh untuk guru palsu bukankah itu wajar, tapi tidak satupun saksi yg saya sakiti perasaannya”? Silakan pembaca simpulkan sendiri.

      Sdr AS mengatakan : “Tugas kakak adl mendokumentasikan di dunia internet, kesesatan SSY.” Kalau memang Sdr AS sangat membenci dan ingin sekali membasmi ajaran/doktrin yg di percaya oleh SSY, silakan Sdr serang ajaran/doktrin tsb dan buktikan berdasarkan Alkitab bahwa itu memang salah/sesat. Apakah Sdr AS sudah melakukannya? Dari semua tulisan Sdr yg saya baca, rasanya tidak satupun yg Sdr serang dan buktikan berdasarkan Alkitab dimana letak kesalahan/kesesatannya. Tolong di koreksi jika saya salah dlm hal ini.

      Demikian sedikit tanggapan dari saya. Terima kasih dan sampai ‘jumpa’ lagi.


      Hapus
    5. Yang namanya menyerang pribadi itu contohnya Vicky Prasetyo, dihina, diejek ( hidungnya besar, tukang tipu cewek, wajah bagian hidung-mulut mirip bemo, dll). Itu namanya menyakiti perasaan pribadi.

      Kalau saya melakukan itu, itu baru namanya salah. Saksi yg menulis disini lebih dari 20. Hanya Sdr HCP dan pelajar Alkitab yg berbalas agak panjang. HCP dan pelajar Alkitab tidak saya benci, buah pikirannya yg saya tidak suka.

      Membasmi dengan kata2, wajib bagi yg mengetahui. Jangan seperti Wiranto yg panglima TNI tapi mengaku tidak tahu apa2 di Timor Leste (kena pasal Pembiaran). Kasus A tidak tahu, insiden B tidak tahu, rencana C tidak tahu.

      Kalau dengan logika saja bisa, tidak perlu mencari ayat. Short Cut istilahnya.

      Dengan logika simpel: baptis ssy adl baptis kayang. Masak harus dicari ayatnya.

      Ini hanya contoh membenci pribadi:
      Eh..... Si dungu muncul lagi
      Dasar tolol lu
      Tobat deh dasar otak udang
      Kalau itu jelas tidak diajarkan agama apapun. Pendidikan sekolah juga tidak mengajarkan, harusnya Maxi-sam mengecek komentar para saksi satu per satu.

      Salam
      AS

      Hapus
    6. Komen diatas komen karya kita, dulu formasinya

      Dusta buku Young People Ask (Banyak saksi.....s/d........stagnasi akut) 6paragraf

      Meresapnya gambar publikasi, meskipun salah gambar. (3 paragraf selanjutnya)

      Gambaran replika api neraka. (2 paragraf terakhir). Ralat: bukan Kazakhstan tapi Turkmenistan.

      Salam
      AS

      Hapus
    7. Selamat malam Sdr AS dan selamat ‘bertemu’ lagi. Pertama-tama terima kasih sudah menanggapi beberapa pertanyaan dan pernyataan saya beberapa bulan yang lalu.

      1. Bahwa menurut Sdr berbagai pilihan kata yang Sdr gunakan utk ‘melabel’ kami SY spt “sekumpulan orang-orang munafik ... hati penuh dengan kemunafikan”, “tdk boleh berpikir”, “rajin menipu”, “manipulatif … tidak berkesadaran”, dll, masih masuk dlm kategori “santun” ya silakan saja. Itu hak mutlaknya Sdr – meskipun faktanya, ‘Karya Kita’ yang notabene bukan seorang SY – menganggap apa yang Sdr lakukan melalui komentar-komentar Sdr adalah “membenci hingga menyebarkan saksi dusta” tentang SSY.

      2. Sdr mengatakan “harusnya Maxi-sam mengecek komentar para saksi satu per satu”

      Saya Jawab : Ya, saya sudah cek dan saya mendapati memang ada cukup banyak komentator khususnya yang hanya sekali-sekali ‘nongol’, dimana pilihan kata yg mrk gunakan sangat-sangat TIDAK PATUT bagi siapapun apalagi bg seorang SY!! Meskipun saya sangat-sangat menyanyangkan itu terjadi, namun bagi saya pribadi, fakta itu sekaligus menggugurkan kesimpulan Sdr AS bahwa “tidak satupun saksi yg saya sakiti perasaannya”.

      Itulah salah satu alasan mengapa dalam komentar saya beberapa bulan yang lalu, saya ada mengatakan bahwa “jawaban Sdr AS sedikit banyaknya sangat mirip dg ‘sang Bapak’-nya yaitu Bpk Awi. Jadi teringat ungkapan “like father like son””. Mengapa saya katakan demikian? Silakan Sdr perhatikan artikel-artikel serta komentar-komentar tanggapannya Bpk Awi, tidak sulit utk menemukan banyak ungkapan-ungkapan maupun label-label negatif yg ia sematkan kepada kami SSY persis spt yang Sdr lakukan. Sewaktu ada yang membawa itu kepada perhatiannya, jawabannya juga kurang lebih mirip dg jawaban Sdr kepada ‘Karya Kita’.

      Sekedar informasi, Bapak Awi pernah mengatakan bahwa tulisan-tulisan saya ‘penuh dengan kebencian’ hanya karena saya suka menggunakan berbagai ungkapan maupun label-label negative yg ia sematkan kpd kami SSY, yang saya kembalikan kpd dirinya sendiri berdasarkan bukti dan fakta baik dari tulisan-tulisannya sendiri maupun sumber lainnya. Makanya saya pernah mengatakan kpd Bpk Awi, “fakta bahwa Bpk saja, yg justru dg sengaja memprovokasi orang utk menjd emosi [asumsi saya berarti seharusnya Bpk tdk akn emosi/marah jika provokasinya ‘dilayani’] tapi akhirnya menjadi emosi sendiri, memperlihatkan bahwa orang lainpun pasti bisa merasa spt Bpk”. Ya, fakta memperlihatkan bahkan ada juga pembaca blog ini yang non-SY menyatakan keprihatinannya akan hal yang sama.

      -- b e r l a n j u t -

      Hapus
    8. -- l a n j u t a n n y a --

      3. Sebagai tanggapan atas pernyataan saya agar Sdr AS membuktikan berdasarkan Alkitab dimana letak kesalahan/kesesatan SSY, Sdr mengatakan : “Kalau dengan logika saja bisa, tidak perlu mencari ayat. Short Cut istilahnya. Dengan logika simpel: baptis ssy adl baptis kayang. Masak harus dicari ayatnya.”

      Pertanyaan saya : Lalu salahnya/sesatnya itu dimana dong?

      Berikut ini saya kutipkan beberapa dari sekian banyak pernyataan Sdr AS yang menurut saya sangat-sangat menarik untuk diuji apakah salah/sesat berdasarkan Alkitab.

      - “Kita patut bersyukur bahwa artis2 pelukis jaman dulu sudah dibimbing Roh Kudus shg tidak keliru menggambar sosok Yesus yg berambut panjang.” Bisa tolong ditunjukkan ayat Alkitabnya?
      - “… loyal kpd Raja yg sudah bertakhta sejak bayi.” Dimana ayat yg mengatakanYesus sdh bertakhta sbg Raja sejak bayi?
      - “Misalnya hewan ayam … sbg hasil evolusi unggas yg bisa terbang, didomestikasi mjd unggas yg kehilangan kemampuan terbang tinggi. Hewan anjing sbg evolusi serigala yg dipelihara manusia.” Dimana ayat yg mengatakan ayam dan anjing adalah hasil karya proses evolusi?
      - Maria “sebagai Bunda Gereja … Sebagai Ratu Surgawi … sbg tabut perjanjian baru”. Dimana ayat Alkitabnya?

      4. Satu lagi, sewaktu membaca komentar-komentar Sdr AS terkait dg Alkitab TDB saya menemukan berbagai pernyataan Sdr yang menurut saya sangat membangkitkan minat. Beberapa diantaranya adalah sbb :

      - alkitab palsu
      - TDB beda dengan LAI dengan mencolok per kalimat dari halaman depan sampai belakang
      - Sebab itu TDB harus dimusnahkan … Najis keseluruhannya … Jelas TDB sangat najis, rusak total
      - Terjemahan dunia baru adl illegal
      - TDB is the worst ever translation
      - TDB kental dengan politik dan tidak bersikap netral
      - Kalo TDB itu abal-abal
      - Cirinya suatu ayat suatu saat akan terbukti bentrok dg ayat pada perikop lain

      Bolehkah saya bertanya : Apa dasarnya sehingga Sdr menyimpulkan demikian dan bolehkah diberikan contohnya seperti apa? Soalnya saya tidak menemukan itu dalam tulisan-tulisan Sdr.

      Cukup sekian dulu dari saya. Terima kasih dan sampai ‘bertemu’ kembali.

      -- s e l e s a i -

      Hapus
    9. Ya ampun Sdr Maxi-sam, Anda nulis panjang2 jawaban saya: Anda ini seperti orang yg ingin mengubah nasi yg sudah jadi bubur, kembali menjadi nasi seperti sedia kala. Rekan2 Maxi-sam sudah sadar tidak ada yg bisa mencegah watchtower ambruk, Maxi-sam sendirian belum sadar.

      Nasi sudah jadi bubur
      Watchtower akan ludes tak bersisa dalam jangka pendek.
      Organisasi antiKristus sudah terkepung, sendi2 tulangnya kaku dan lunglai.
      Sudah terlalu banyak ayat. Ayatnya NABI PALSU HARUS MATI.

      TDB illegal: jika Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes masih hidup (seumpama), mereka akan menolak TDB, tidak memberi ijin Injil versi Yunani diterjemahkan dobel anonim. Tidak ada ijin ya sama saja illegal.
      Musa tidak akan mengijinkan kitab kejadian, keluaran, Immamat , dll masuk dlm TDB.
      Paulus tidak bakal mengijinkan surat2 nya diacak-acak TDB.

      Tidak ada ijin itu illegal, tidak diijinkan krn dikutuk Paulus, karena AntiKristus.
      Nasi sudah Terlanjur jadi bubur
      TDB Terlanjur dicetak melebihi kebutuhan.

      Salam
      AS

      Hapus
    10. Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Paulus, Petrus, dan Yakobus (yg menulis PB) menentang tiang siksa TDB.

      Musa sangat murka pada watchtower yg mendesakralisasi dan melanggar 10 perintah Allah. Tentu nabi2 PL lain ikut Musa memboikot TDB scr Aklamasi.

      Itu artinya watchtower tidak punya Alkitab, punyanya cuman majalah jelek doang. Nabi2 PL dan PB beramai2 mengepung TDB, berlapis-lapis tidak ada jalan keluar. Pemalsu Alkitab harus mati.

      Jadi jumlah kebutuhan TDB: nol besar, zero, zonk, nihil.
      Jangankan dicetak jutaan, dicetak satu biji aja sudah melebihi kebutuhan.
      TDB dicetak bukan karena kebutuhan, tapi karena kepentingan sesat.

      Salam
      AS

      Hapus
    11. Selamat malam Sdr AS,

      Terima kasih atas tanggapan Sdr. Tapi mohon maaf karena tanggapan Sdr sepertinya tidak menjawab pertanyaan2 serta rasa ingin tahu saya di poin no 3 dan 4. Padahal saya hanya melakukan apa yang sebenarnya Sdr AS sampaikan kepada ‘Bung USA’.

      Misalnya, Kepada ‘Bung USA’ Sdr AS menyarankan agar sebelum menghadiahi Sdr dengan label-label yang “ujungnya pahit” : “Seharusnya Bung USA menahan diri tidak mengeluarkan komentar … tapi menanyakan dg baik2 bagian mana yg tidak jelas supaya bisa saya jelaskan argumennya” dan “Tidak baik curiga kalau bisa ditanyakan baik2” Juga sewaktu Sdr AS menjelaskan apa bedanya “mengumpat” dengan “mengecam” : “Mengumpat itu sumpah serapah yg tidak mengandung argumen. Beda dengan mengecam, mengecam tentu didahului argument.” -------------- Ya, itulah yg saya lakukan, menanyakan kepada Sdr dengan baik2 beberapa bagian dari sekian banyak “kecaman” Sdr kepada SSY, dalam hal ini sehubungan dg Alkitab terjemahan ‘TDB’ dan beberapa pernyataan Sdr sendiri, karena saya tidak menemukan argument serta dasar argument Sdr atau kalaupun ada argumennya, dasarnya sama sekali tidak ada. Makanya saya minta tolong kalau bisa ada contoh2-nya biar jelas.

      Sayangnya, menurut saya, Sdr AS sama sekali tidak memberikan argumentasi serta dasarnya terkait dg beberapa pernyataan sdr sendiri spt yg saya contohkan di poin no 3, sebaliknya Sdr justru mencetuskan lagi beberapa pernyataan yg sangat2 menarik. Misalnya Sdr mengatakan : “Rekan2 Maxi-sam sudah sadar tidak ada yg bisa mencegah watchtower ambruk … Watchtower akan ludes tak bersisa dalam jangka pendek” ------------ Pertanyaan saya : Apa buktinya? Siapa saja rekan2 saya, apakah Sdr sudah melakukan survey dan punya data2nya? Sdr mengatakan : “Sudah terlalu banyak ayat” tapi tidak ada satu ayatpun yang Sdr cantumkan sbg dasar pijakan pernyataan2 Sdr itu.

      Sehubungan dg apa dasar “kecaman” Sdr terhadap Alkitab terjemahan ‘TDB’, Sdr mengatakan “jika Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes masih hidup (seumpama), mereka akan menolak TDB, tidak memberi ijin Injil versi Yunani diterjemahkan dobel anonim ... Musa tidak akan mengijinkan kitab kejadian, keluaran, Immamat , dll masuk dlm TDB. Paulus tidak bakal mengijinkan surat2 nya diacak-acak TDB … tidak diijinkan krn dikutuk Paulus …” ---------- Mohon maaf Sdr AS kalau saya menilai bahwa jawaban Sdr sama sekali tidak ada dasarnya karena ‘berdiri’ diatas “seumpama”.

      Untuk itu kalau Sdr tidak keberatan saya minta tolong kembali, tolonglah penuhi rasa ingin tahu saya dengan menjawab pertanyaan2 saya di poin 3 dan 4 tsb. Semoga Sdr berkenan ya. Terima kasih sebelumnya. Sampai ‘bertemu’ lagi.

      Hapus
    12. Bertanya itu bagus, berhubung pertanyaannya banyak, jawabannya dicicil, harap sabar. Kalau nanyanya segera pas diapprove penjelasannya bisa cepat. Saya harus loading....dulu sebelum jawab.

      Yg gampang2 dulu dijawab.
      Yohanes adl saksi mata apakah bentuk yg benar salib atau hanya tiang siksa.
      Jika salib cross, maka TDB palsu, abal2.
      Abal2 adl ungkapan kekecewaan karena dikira asli, taunya palsu.
      Dengan demikian terjemahannya paling buruk.
      Tiang siksa itu palsu sudah ada buktinya silahkan dibaca. Jadi tidak ada kalimat "jika yg benar sebuah tiang siksa, maka LAI adl palsu". Kalimat demikian gugur, karena ada bukti tiang siksa itu trik sulap kalimat.
      TDB kental dg politik dan tidak netral, maksudnya TDB dari awal "garis politiknya" adl melawan doktrin Katolik dan Kristen yaitu garis Unitarian. Tidak netral artinya diterjemahkan dulu sesuai dengan maksud si penulisnya, jangan dipaksakan keinginan penerjemahnya masuk dalam hasil terjemahannya.

      Anda pasti tahu saya tidak membahas ayat, jarang mengutip ayat. Yang sudah ditulis Sdr AWI sudah cukup banyak namun Anda belum sadar juga. Dan ayat yg paling mantap hanya Nabi palsu harus mati, maka watchtower akan ludes. Rekan Anda itu truthseeker, dll, semua sudah nyerah pada nasib dibebani tugas yg makin berat dari hari ke hari.

      Penggunaan kata seumpama sudah benar sebab Beliau2 sudah istirahat dalam kemuliaan. Kalau tidak ada kata seumpama tetap akan salah dimata Anda.

      Yoh1 firman adl Allah ( bukan suatu-Allah ) ditulis Yohanes.
      Multiple choice
      A. Yohanes belum mengenal Yesus karena baru bab pertama
      B. Yohanes menulis kesaksiannya tsb setelah Yesus bangkit dan terangkat ke surga disaksikan sendiri.
      Saya pilih B, Yohanes yakin Yesus adl Allah, kalau suatu-Allah itu Yohanes ragu2.
      Dan di Wahyu Yohanes sangat yakin Yesus benar2 Allah soale melihat dengan kepala sendiri status Yesus di surga (bukan penghulu malaikat naik pangkat, itu sih doktrin sesaaat).

      Salam
      AS

      Hapus
    13. Loading......

      Baptis kayang itu tidak sopan, kurang ajar, tidak waras. Tidak usah repot2 cari ayat.

      Rambut Yesus bukan yg diperintahkan Paulus untuk diwartakan apakah panjang atau pendek. Tapi kita bisa tahu dengan logika yaitu ada hukum Nazir (orang yg bernazar bagi Allah, mis Simson ). Mereka tidak boleh memotong rambut.

      Nah saat Yesus marah kepada pedagang yg berjualan di depan Bait Allah, tentu orang2 takut (juga pemuka2 agama ikut pasang kuda2) sebab mereka teringat pada kekuatan Simson. Dejavu (istilah Perancis yg artinya already seen/ kayaknya sudah pernah lihat peristiwa itu)

      Seumpama rambut Yesus pendek, akan mudah diciduk (ibarat orang lupa bawa STNK, tentu gampang ditilang).
      Pertanyaannya cukup 2langkah
      1. Kenapa kamu menjungkirkan meja2 pedagang, melepas tali ternak, melepas burung dagangan? Karena Bait Allah bukan tempat berjualan.
      2. (Langsung skak mat) Itu bukan tugas orang berambut pendek ( awam/profan/sekuler ) tapi tugas kami-kami ini pemuka agama, dst....,dst...( langsung diciduk karena melanggar hukum Nazir. ) Tidak punya nazar tertentu (spesifik) tentu tidak bisa bertindak yg spesifik pula. Membersihkan halaman depan Bait Allah adl tindakan spesifik berkaitan dg Allah.

      Dalam peristiwa itulah kita bisa mengetahui bahwa Yesus sudah mempelajari semua Taurat Musa, tentu tahu hukum kenaziran.

      Loading.......

      Papan INRI itu pernyataan bahwa Yesus benar2 raja, namun nuansanya sedang diolok-olok.
      Sejak bayi Yesus sudah ber kodrat Raja, bergaris keturunan Daud dan Salomo. Dan dihari kelahirannya laskar surgawi berkumpul dengan jadwal waktu bumi menunjukkan statusnya. Bayangin biasanya malaikat hanya apel siaga hanya dengan jadwal waktu surga, sekarang dan hanya di hari Natal th nol Masehi, laskar surgawi berkumpul dengan jadwal waktu Betlehem. Bukan waktu Greenwich, bukan WIB.
      Tiga orang Majus dari timur, sering disebut juga Tiga Raja dari kerajaan timur Israel. Akankah Raja yg adult/dewasa, cerdas, berduit, mau sujud pada bayi biasa, yg lahir dikandang ternak?.

      Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta, namun rela menjadi kurban persembahan tidak bernoda. Raja alam semesta artinya matahari tunduk pada Yesus, karena bersama BapaNya Yesus turut menciptakan Alam semesta. Kalau ada pentakhtaan berarti ada yg resign/ pensiun. Ini sangat berbahaya mengajarkan sedikit2 1914, kasian yg pensiun sejak 1914 diingat2 orang. Itu sebabnya Paulus menyuruh hanya mewartakan Kristus telah lahir sesuai nubuat, wafat karena dosa2 kita, bangkit dengan mulia dan terangkat ke surga serta memberi Roh Kudus.

      Loading........

      Ayam jantan Berkokok 3kali muncul di PB. Kalau dicari di jaman Abraham rasanya belum ada. Di Immamat tidak ada kurban berupa ayam, hanya ada lembu, domba, kambing, tekukur, merpati, dan tepung. Padahal ayam berdaging, berlemak, dan darahnya cukup banyak, menyembelihnya gampang, krn lehernya panjang. Evolusi jangan dicari di Alkitab, tapi tonton lah Channel Discovery, National Geographic, atau BBC, aneh2 aja.

      Gelar Maria itu iman Katolik dan belum diterima di Protestan, maka cari jawabannya di katolisitas.

      Sdr Maxi, saya tidak pandai mencari ayat, tidak bergelut dg ayat, aye hanya juru foto yg mendokumentasi watchtower yg ketangkep basah langsung dijepret. Bagian forensik itu Sdr AWI. Bagian aye di segmen komentar, bukan tugas aye menyediakan ayat, jika pas kebetulan di gereja ada ayat yg pas, baru aye hapalin. Dan tugas lain adl mendobrak kebuntuan cara berpikir yg disuapin kayak bayi, disuapin majalah wkwk wkwk.....

      Bonus
      Nabi palsu harus mati.
      Buatan tangan manusia tentu akan lenyap, apalagi cuman majalah.
      Watchtower akan ludes kalau saksi diajari main catur, shg tahu langkah caturnya watchtower langkah yg menuju di-skak mat.

      Salam
      AS

      Hapus
    14. Giliran saya bertanya baik2 kpd Sdr Maxi

      Siapa gerangan yg pensiun/ resign sbg raja sejak 1914?

      Kalo kita susunan Kristen tidak sanggup menjawab, krn kita tidak mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza.

      Salam
      AS

      Hapus
    15. Terima kasih untuk jawaban Sdr atas beberapa pertanyaan saya. Berikut ini tanggapan saya.

      1. Sehubungan dg ‘salib’ Sdr AS mengatakan “Yohanes adalah saksi mata apakah bentuk yang benar salib atau hanya tiang siksa” –––– Kalau boleh tahu ayatnya ada di Injil Yohanes pasal berapakah?

      Sdr juga mengatakan “tiang siksa itu palsu sudah ada buktinya silahkan baca … ada bukti tiang siksa itu trik sulap kalimat” –––– Kalau boleh tahu, apa dan dimana saya bisa baca buktinya dalam Alkitab? Saya rasa Sdr AS pasti paham inti dari Pasal 1865 KUHPerdata : “Setiap orang yang mengaku mempunyai suatu hak, atau menunjuk suatu peristiwa untuk meneguhkan haknya itu atau untuk membantah suatu hak orang lain, wajib membuktikan adanya hak itu atau kejadian yang dikemukakan itu.” Dengan kata lain ‘beban pembuktian’ ada di pihak Sdr AS utk menyajikan berbagai bukti bukannya justru meminta saya untuk mencari dan membacanya sendiri.

      Satu lagi, rasanya saya maupun rekan-rekan SY lainnya tidak pernah mengatakan “jika yang benar sebuah tiang siksaan, maka LAI adl palsu”. Secara pribadi rasanya saya tidak pernah menyatakan suatu terjemahan Alkitab tertentu termasuk TB LAI adalah palsu hanya karena terjemahan-terjemahan Alkitab tsb berbeda dengan TDB/NWT dalam menerjemahkan suatu kata atau frase. Tolong koreksi jika saya salah.

      2. Sdr mengatakan “TDB kental dg politik dan tidak netral, maksudnya TDB dari awal "garis politiknya" adl melawan doktrin Katolik dan Kristen yaitu garis Unitarian. Tidak netral artinya diterjemahkan dulu sesuai dengan maksud si penulisnya, jangan dipaksakan keinginan penerjemahnya masuk dalam hasil terjemahannya”. –––– Kalau boleh, bisakah Sdr tolong berikan beberapa contoh dimana “keinginan penerjemahnya dipaksakan masuk dalam hasil terjemahannya” supaya bisa sama-sama kita uji?

      Sdr AS memberikan contoh Yohanes 1 : 1 disertai dg pernyataan “Saya pilih B [Yohanes menulis kesaksiannya tsb setelah Yesus bangkit dan terangkat ke surga disaksikan sendiri], Yohanes yakin Yesus adl Allah, kalau suatu-Allah itu Yohanes ragu2. Dan di Wahyu Yohanes sangat yakin Yesus benar2 Allah soale melihat dengan kepala sendiri status Yesus di surga (bukan penghulu malaikat naik pangkat, itu sih doktrin sesaaat)” –––– Kalau boleh tahu, ayatnya ada di Wahyu pasal berapakah? Rasul Yohanes sendiri mengatakan di Yohanes 20 : 31 “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya”. Menarik, Yohanes mengatakan ‘Anak Allah’ bukan ‘Allah Anak’ atau ‘Allah’.

      3. Sdr tulis : “Anda pasti tahu saya tidak membahas ayat, jarang mengutip ayat. Yang sudah ditulis Sdr AWI sudah cukup banyak namun Anda belum sadar juga. Dan ayat yg paling mantap hanya Nabi palsu harus mati, maka watchtower akan ludes. Rekan Anda itu truthseeker, dll, semua sudah nyerah pada nasib dibebani tugas yg makin berat dari hari ke hari.”

      Saya jawab : Bpk Awi pernah menulis, “Sola Scriptura - Pemazmur mengatakan bahwa Firman Allah itu bagaikan pelita dan terang yang akan memberi penerangan bagi kehidupan manusia (Maz. 119:105). Oleh karena itu, satu-satunya standard yang saya gunakan untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat adalah Alkitab.” –– Saya pribadi sangat-sangat setuju dg pernyataan itu, dan saya yakin sbg seorang Kristen, Sdr AS juga pasti setuju, bukan? Terlalu berlebihankah kalau saya meminta tolong Sdr AS utk memberikan bukti berdasarkan ayat Alkitab atas berbagai ‘kecaman’ Sdr sehubungan dg ‘kesesatan SSY’? Bukankah Alkitab adalah satu-satunya standard untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat?
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    16. -- l a n j u t a n n y a --
      Sdr mengatakan “Yang sudah ditulis Sdr AWI sudah cukup banyak namun Anda belum sadar juga”. –––– Pertanyaan saya : Apakah itu berarti semua yang Sdr Awi tulis adalah mutlak benar? Faktanya, sejauh ini saya sudah buktikan berdasarkan tulisan-tulisannya Pak Awi sendiri serta sumber-sumber lain yang bisa dicek silang ternyata tulisan-tulisannya ‘banyak bohongnya’ [meminjam ungkapannya Bpk Awi] juga lho. Selain itu tulisan-tulisannya sangat minim ayat Alkitab [padahal Pak Awi-nya sendiri yang mengatakan “satu-satunya standard yang saya gunakan untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat adalah Alkitab”]. Kalaupun ada ayat Alkitabnya, penafsirannya sangat-sangat bertentangan dengan konteks Alkitab secara keseluruhan meskipun ia mengatakan bahwa sewaktu menulis ia yakin “dipimpin oleh Allah Roh Kudus”. Saya senang menganjurkan Sdr AS agar jangan ‘menelan mentah-mentah’ apa katanya Bpk Awi sbgmn kalian juga suka menganjurkan kami utk tdk menelan mentah-mentah apa katanya MP.

      Yakinkah Sdr AS bahwa Sdr saya, Truthseeker dll, “sudah sadar tidak ada yg bisa mencegah watchtower ambruk” atau “sudah nyerah pada nasib dibebani tugas yg makin berat dari hari ke hari”? –– Kalau boleh, saya minta tolong agar Sdr AS tidak meniru Bpk Awi dalam hal suka ‘membaca’ pikiran orang lain karena kalau lebih sering salahnya malu atuh. Seandainya saja Sdr saya, Truthseeker, masih bisa memberi komentar di blog ini saya yakin dia tidak akan sependapat dg Sdr.

      4. Sdr tulis : “Baptis kayang itu tidak sopan, kurang ajar, tidak waras. Tidak usah repot2 cari ayat.”

      Saya jawab : Kalau demikian bisakah Sdr AS tolong beritahu saya, baptisan yang ‘sopan’, ‘waras’, tidak ‘kurang ajar’ serta tidak sesat itu yang seperti apa sih? Sekaligus ayat Alkitabnya dong. Bukankah kita sama-sama setuju bahwa “Alkitab adalah satu-satunya standard untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat?”

      5. Sdr tulis : “Rambut Yesus bukan yg diperintahkan Paulus untuk diwartakan apakah panjang atau pendek. Tapi kita bisa tahu dengan logika yaitu ada hukum Nazir (orang yg bernazar bagi Allah, mis Simson ). Mereka tidak boleh memotong rambut.”

      Saya jawab : Sebenarnya waktu itu yang saya minta tolong adalah dimana ayat Alkitab yang secara spesifik mengatakan bahwa artis2 pelukis jaman dulu sudah “dibimbing Roh Kudus” shg tidak keliru menggambar sosok Yesus yg berambut panjang sbgmn yg Sdr katakan.

      Kalau menurut Sdr Yesus berambut panjang karena dia adalah seorang nazir, pertanyaan saya : Yakinkah Sdr dg apa yang Sdr katakan? Atau mungkin lebih tepatnya, apakah ‘ajaran’ Sdr AS selaras dengan apa yang Alkitab katakan? Mari kita sama-sama memeriksanya.

      Menurut Alkitab [Bilangan 6 : 1 – 7], sewaktu seorang Israel membuat ikrar utk hidup sbg orang nazir, ada tiga pembatasan utama yang mengikat mereka : Pertama, mereka harus menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan; Kedua, mereka tidak boleh memotong rambut kepala mereka [membiarkan rambutnya tumbuh panjang]; dan Ketiga, mereka tidak boleh menyentuh mayat [janganlah ia dekat kepada mayat orang], bahkan mayat ayah, ibu, saudara lelaki atau perempuannya. –– Apkh Yesus memenuhi persyaratan sbg seorang nazir?

      Sewaktu membandingkan pandangan orang Yahudi ttng dirinya dengan Yohanes Pembaptis yang adalah seorang nazir, Yesus mengatakan di Lukas 7 : 33, 34 “Karena Yohanes Pembabtis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata : Ia kerasukan setan. Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata : Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum [anggur, TDB], sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.” –– Apakah Yesus minum anggur? Ya.

      Sewaktu membangkitkan putri Yairus, menurut Markus 5 : 41, 42 “Lalu dipegangNya tangan anak itu, kataNya : “Talita kum,” yang berarti : “Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!” Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan …” –– Apakah Yesus menyentuh mayat/orang mati? Ya.

      Apa yang dapat kita simpulkan dari bukti berdasarkan Alkitab? Yesus bukanlah seorang nazir.
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    17. -- l a n j u t a n n y a --
      5. Sdr tulis : “Sejak bayi Yesus sudah ber kodrat Raja, bergaris keturunan Daud dan Salomo. Dan dihari kelahirannya laskar surgawi berkumpul dengan jadwal waktu bumi menunjukkan statusnya … Tiga orang Majus dari timur, sering disebut juga Tiga Raja dari kerajaan timur Israel. Akankah Raja yg adult/dewasa, cerdas, berduit, mau sujud pada bayi biasa, yg lahir dikandang ternak?. Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta, namun rela menjadi kurban persembahan tidak bernoda …”

      Saya jawab : Pertama, saya setuju Yesus ‘bergaris keturunan Daud dan Salomo’ tapi “Berkodrat Raja” apakah sama dengan “sudah/adalah Raja”? Kedua, yakinkah Sdr bahwa 3 orang Majus dari Timur adalah 3 “Raja dewasa, cerdas, berduit”? Karena dari apa yang saya baca, kebanyakan kamus Alkitab dan Commentary justru menyebutkan mereka sebagai ‘filsuf, imam, astronomer [magician]’ bukan sebagai Raja. Ketiga, bolehkah tolong disebutkan juga dasar Alkitab bahwa “Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta” spy bisa sama-sama kita uji?

      6. Sdr tulis : “Raja alam semesta artinya matahari tunduk pada Yesus, karena bersama BapaNya Yesus turut menciptakan Alam semesta. Kalau ada pentakhtaan berarti ada yg resign/ pensiun. Ini sangat berbahaya mengajarkan sedikit2 1914, kasian yg pensiun sejak 1914 diingat2 orang …”

      Saya jawab : Pernyataan Sdr “Kalau ada pentakhtaan berarti ada yg resign/ pensiun” adalah benar JIKA memang, Yesus “Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta” –– Apakah Alkitab memang mengajarkan demikian? Sampai saat ini saya belum menemukan ayat Alkitab yang mengatakan demikian. Jika Sdr AS tahu tolong dong dikasih tahu.

      Yang saya tahu : Hanya Allah Yehuwa/Yahwe yg disebut dalam Alkitab sebagai ‘Raja segala zaman, Allah yang kekal’; banyak terjemahan berbunyi : ‘Raja kekekalan’[1 Timotius 1 : 17].

      Sebaliknya dg Yesus, banyak nubuat dlm Alkitab justru memperlihatkan bahwa akan tiba saatnya, pada waktu yang Allah Yehuwa/Yahwe tetapkan, ia AKAN menjadi Raja. Misalnya : Mazmur 2 : 2, 6; Mazmur 110 : 1, 2; Yehezkiel 21 : 25 – 27; Daniel 7 : 13, 14; Lukas 1 : 31 – 33; Wahyu 11 : 15. Bahkan menurut Alkitab, jabatan Yesus sbg Raja tidak akan berlangsung selamanya [menurut Wahyu pasal 20 hanya akn berlangsung selama 1000 tahun] sbgmn dikatakan di 1 Korintus 15 : 25, 28 “Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuhNya di bawah kakiNya. Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diriNya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu dibawahNya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua.”

      7. Sdr tulis : “Ayam jantan Berkokok 3 kali muncul di PB. Kalau dicari di jaman Abraham rasanya belum ada. Di Immamat tidak ada kurban berupa ayam, hanya ada lembu, domba, kambing, tekukur, merpati, dan tepung. Padahal ayam berdaging, berlemak, dan darahnya cukup banyak, menyembelihnya gampang, krn lehernya panjang. Evolusi jangan dicari di Alkitab, tapi tonton lah Channel Discovery, National Geographic, atau BBC, aneh2 aja.”

      Saya jawab : Sebenarnya secara spesifik, pertanyaan saya waktu itu adalah, “Dimana ayat yg mengatakan ayam dan anjing adalah hasil karya proses evolusi?” Mengapa saya menanyakan itu? Krn dari pernyataan Sdr AS “hewan ayam … sbg hasil evolusi unggas yg bisa terbang, …Hewan anjing sbg evolusi serigala” saya menangkap kesan Sdr percaya akan TEORI evolusi, padahal kalau kita sbg orang Kristen yang percaya Alkitab sbg Firman Allah yang terilham secara otomatis pasti akn menerima fakta bahwa semua makhluk hidup dg berbagai keanekaragamannya “diciptakan” oleh Allah ‘menurut jenisnya masing-masing’ bukan melalui proses evolusi. Atau bolehkah saya tahu, apakah mungkin Sdr AS memang percaya dan menerima TEORI evolusi sbg suatu fakta ilmiah?

      8. Sdr tulis : “Gelar Maria itu iman Katolik dan belum diterima di Protestan, maka cari jawabannya di katolisitas”.
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    18. -- l a n j u t a n n y a --

      Saya jawab : Bolehkah saya tahu, apkh Sdr AS seorang Katholik atau Protestan? Rasanya, tidak soal Sdr Katholik atau Protestan, namun sewaktu Sdr menyampaikan sesuatu dlm blog ini, “beban pembuktian” ada di pihak Sdr.

      9. Sdr tulis : “Sdr Maxi, saya tidak pandai mencari ayat, tidak bergelut dg ayat, aye hanya juru foto yg mendokumentasi watchtower yg ketangkep basah langsung dijepret. Bagian forensik itu Sdr AWI. Bagian aye di segmen komentar, bukan tugas aye menyediakan ayat, jika pas kebetulan di gereja ada ayat yg pas, baru aye hapalin. Dan tugas lain adl mendobrak kebuntuan cara berpikir yg disuapin kayak bayi, disuapin majalah wkwk wkwk.....”

      Saya jawab : Terus terang saya agak sedih membaca bagian ini. Sdr sendiri yang mengatakan kepada ‘Karya Kita’, “Tugas kakak adl mendokumentasikan di dunia internet, KESESATAN [huruf besar oleh saya] SSY.” Kalau kita setuju bersama bahwa “satu-satunya standard untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat adalah Alkitab”, terlalu berlebihankah atau apkh justru sangat masuk akal apabila saya selalu meminta agar Sdr membuktikan berdasarkan Alkitab berbagai “kecaman” Sdr akan “kesesatan SSY”?

      10. Sdr tulis : “Nabi palsu harus mati. Buatan tangan manusia tentu akan lenyap, apalagi cuman majalah. Watchtower akan ludes kalau saksi diajari main catur, shg tahu langkah caturnya watchtower langkah yg menuju di-skak mat”.

      Saya jawab : Saya sangat setuju, bahwa pada waktunya nanti “Nabi palsu harus mati”. Saya juga setuju kalau “buatan tangan manusia tentu akan lenyap” dengan sendirinya. Ini selaras dg kata-kata bijak dari Gamaliel yg di catat di Kisah 5 : 38, 39 sehubungan dg orang-orang Kristen/murid-murid Yesus masa awal “…Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti , bahwa kamu melawan Allah.” Nasihat itu diterima.”

      Sebelumnya di ayat 35 – 37, Gamaliel memberikan 2 contoh kelompok/organisasi buatan tangan manusia yang setelah pemimpinnya dibunuh/mati, kelompok tersebut bubar dengan sendirinya. –– Nah kalau memang menurut Sdr AS MP/SSY adalah buatan tangan manusia, berdasarkan ayat itu sebenarnya nga perlu diapa-apain pun akan bubar dengan sendirinya apabila ‘pemimpin’nya mati, bukan? Tetapi ‘anehnya’ sepanjang sejarah modern SSY, selalu saja ada upaya dari orang perorang maupun sekelompok orang bahkan suatu Negara dg tokoh-tokoh penguasanya spt Hitler dan Mussolini yang menganiaya dengan hebat dan keji SSY dg tujuan untuk melenyapkan mereka. Belum lagi upaya dari orang-orang spt Sdr AS dan Bpk Awi serta banyak orang lain yg terus ‘menganiaya’ SSY melalui internet di seluruh dunia. Ditambah lagi SSY sudah beberapa kali kehilangan ‘pemimpin’ krn meninggal spt Russell, Rutherford, Khnor, Franz, dll. Apa yang terjadi? Faktanya, sampai hari ini SSY tetap ada dan tidak bubar dengan sendirinya/lenyap, justru setiap tahun terus mengalami pertumbuhan sekitar 250 ribuan meskipun ada puluhan ribu juga yang dipecat dari sidang. Kesimpulan saya : Meminjam kata-kata Gamaliel “kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan [SSY] ini; mungkin ternyata juga nanti , bahwa kamu melawan Allah”

      11. Sdr tulis : “Giliran saya bertanya baik2 kpd Sdr Maxi. Siapa gerangan yg pensiun/ resign sbg raja sejak 1914? Kalo kita susunan Kristen tidak sanggup menjawab, krn kita tidak mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza.

      Saya jawab : Terima kasih bahwa Sdr juga mau bertanya baik-baik kepada saya. Saya sangat menghargainya. Jawabannya silakan lihat poin 6, semoga bisa membantu. Bolehkah Sdr tolong berikan bukti yang sahih bahwa MP/SSY “mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza.”

      Demikianlah tanggapan saya atas berbagai jawaban serta pernyataan dan pertanyaan Sdr. Terima kasih dan sampai ‘bertemu’ lagi.

      -- s e l e s a i --

      Hapus
    19. Yohanes hidup di jaman Yesus, ya sudah pasti melihat secara fisik bentuknya cross atau tiang siksa. Apa susahnya menerima pernyataan mudah itu.

      Nah tiang siksa itu ketahuan cuma kutipan dictionary dari istilah stauros, yg dipenggal scr sembrono. Sembrono krn dibakukan dalam TDB.

      Ayat yg mengandung tiang siksa dan "tuan", itu jelas sesat, karena tiang siksa non exist maka sesat. Kata sandang tuan itu tidak perlu ditulis dengan sengaja oleh penulis Injil PB. Kalau kata sandang "Tuhan" wajib ditulis oleh penulis Injil.

      Saya Katolik dan tidak menganut sola scriptura, kalau di Injil tertulis Simon dari Kirene tertulis "dipaksa" memanggul salib, maka Katolik mengartikan pada saat itu memang Simon dari Kirene terpaksa, namun sesudah tiga hari kemudian perasaan terpaksa itu berubah menjadi kebanggaan bisa memanggul salib Tuhan.

      Itu sekaligus contoh cara menerjemahkan yg benar, harus diterjemahkan sesuai naskah aslinya dulu Simon dari Kirene dipaksa.

      Nah tiang siksa dan tuan tidak mungkin muncul di TDB kalau tidak dipaksakan masuk dalam hasil terjemahan.

      Kalau Yesus minum anggur pasti didatangi orang Farisi dan ditangkap, sebab sudah diincar sejak lama
      Kalau Yesus minum anggur pasti sudah sejak lama ditinggalkan murid2 nya, sebab mengajar yg tidak benar.
      Orang Yahudi kenal betul dg Simson yg seorang Nazir. Kalau ada yg menawari Simson minuman anggur pastilah orang itu tidak tahu diri dan tidak sadar bisa digampar sambil dibentak2.
      Kalau ditamui orang muslim ya jangan disuguhi olahan babi, itu namanya tidak tahu diri.
      Kaum Nazir tentu tidak akan ditawari minum anggur karena orang Yahudi sejak kecil sudah diajar orangtuanya ketentuan Taurat.
      Poin 2 hukum Nazir tidak memberatkan, diet anggur tidaklah berat.

      Jika pada akhirnya hidup, tentu itu bukan mayat.
      Jika Yesus tidak mendekat, ya bukan Yesus yg menghidupkan, tapi orang lain yg menyentuhnya. Yesus mendekat karena baginya bukan mayat.
      Kalau Yesus dari awal tidak berkenan menghidupkan ya buat apa dicatat, buat apa mendekat.

      Tiga raja diimani dari tingkat pengetahuan yg diatas rata2, mengerti kode etik antar raja, dari bawaan persembahannya yg penuh makna, dimana jika cuma astronom tidak perlu sujud segala.

      1kor 15:25-28 itu lebih condong ke nubuat, sebab para rasul bisa bernubuat. Coba bandingkan dg nubuat nabi Zakharia 9:9 Yesus yg mengendarai keledai sudah disebut Raja sebelum th 1914 sudah raja.

      Evolusi tidak bertentangan dg Alkitab, sebab memang kenyataannya begitu. Gagal berevolusi ya punah.

      Sekian dulu nanti dilanjutkan

      Salam
      AS

      Hapus
    20. Semua pertanyaan yg penting sudah saya jawab di lokasi yg sesuai.

      Tinggal pertanyaan tidak penting
      Anda minta ayat yg sesat maka saya jawab semua ayat dlm TDB yang tercetak "tiang siksa", dan "tuan". Sangat sederhana sebab tiang siksa terbukti palsu dan Mat, Mrk, Luk, Yoh, Pet, dan Yak (penulis PB) yg dipenuhi Roh Kudus tidak mungkin iseng menulis "tuan" dalam Kesaksiannya yg dipakai berabad-2.

      Beban pembuktian itu jika sudah beracara, disini kan forum saling mengingatkan, baca yang benar disini forum komentar, jadi ada yg lunak, sedang dan kecaman juga.

      Ssw tidak diapa-apakan akan lenyap sendiri memang benar. Kalau lenyap tanpa dokumentasi akan diulangi orang jahat lain di masa depan. Jika buah2 watchtower sudah kelihatan, ya dijepret buat pelajaran ke anak cucu kita kelak.

      Giliran saya bertanya pada Sdr Maxi.

      Apa yang Anda lakukan pada gambar Yesus yg berambut pendek? Percaya? Atau tidak percaya? Bolehkan Anda tidak percaya pada LMP? Bisakah Anda melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) LMP?
      Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu?

      Salam
      AS

      Hapus
    21. Selamat malam dan selamat ‘bertemu’ lagi. Terima kasih untuk beberapa jawaban Sdr atas pertanyaan serta tanggapan saya. Perkenankanlah saya menanggapinya.

      I. Sdr AS tulis : “Yohanes hidup di jaman Yesus, ya sudah pasti melihat secara fisik bentuknya cross atau tiang siksa. Apa susahnya menerima pernyataan mudah itu.”

      Saya jawab : Pertama, memang benar Yohanes hidup pada zaman Yesus bahkan spt yg Sdr AS katakan dia adalah saksi mata kematian Yesus. Jika demikian harusnya ada dong pernyataan spesifik dari Yohanes sbg saksi mata yang bisa Sdr AS jadikan sbg dasar utk memercayai bahwa alat yang digunakan utk menghukum mati Yesus bentuknya adalah salib/cross, bukan? Makanya saya bertanya waktu itu : Kalau boleh tahu ayatnya ada di Injil Yohanes pasal berapakah? Sekarang saya pinjam pernyataan Sdr AS dg sedikit modifikasi, “Apa susahnya [menjawab pertanyaan] mudah itu”

      Kedua : Yohanes sendiri mengatakan di Yohanes 20 : 31 “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya” –– Nah dengan ‘logika’ yang sama, saya bisa mengatakan : Dibawah ilham, Yohanes sendiri dg lugas ‘menyimpulkan’ bahwa semua yang dicatat dlm Injilnya meneguhkan satu fakta yg sederhana bahwa “Yesuslah Mesias, Anak Allah” [BUKAN “Allah Anak”]. Saya kembalikan lagi pernyataan Sdr AS,“Apa susahnya menerima pernyataan mudah itu?”

      Ketiga : Penulis Alkitab yang hidup sezaman dg Yesus bukan hanya Yohanes, tapi ada juga Petrus dan Saulus yang belakangan menjadi rasul Paulus. Apa yang mereka berdua katakan dibawah ilham tentang alat yang digunakan utk menghukum mati Yesus? Mari kita lihat :

      Sewaktu menyebut alat yang digunakan utk menghukum mati Yesus, rasul Petrus secara spesifik menulis di bawah ilham di Kisah 5 : 30 dan 10 : 39 serta 1 Petrus 2 : 24 [LAI] “… yang kamu gantungkan pada KAYU salib… – …mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada KAYU salib”; TDB “… dengan menggantung dia pada sebuah TIANG – dengan menggantung dia pada sebuah TIANG”; NWT “… hanging him on a STAKE – hanging him on a STAKE” [huruf-huruf besar oleh saya].

      Bandingkan dengan beberapa terjemahan dalam bhs Inggris : ASV “hanging him on a TREE – hanging him on a TREE”; Complete Jewish Bible [terjemahan Yahudi] “hanged on a STAKE – hanging him on a STAKE”; Douay-Rheims 1899 American Edition [terjemahan Katholik] “hanging him upon a TREE – hanging him upon a TREE”; KJV “hanged on a TREE – hanged on a TREE”; NKJV “hanging on a TREE – hanging on a TREE”; New American Bible Revised Edition [terjemahan Katholik] “hanging him on a TREE – hanging him on a TREE”; New Jerusalem Bible [terjemahan Katholik] “hanging on a TREE – hanging him on a TREE”; NRSV “hanging him on a TREE – hanging him on a TREE”.

      Demikian juga rasul Paulus secara spesifik mengatakan di Kisah 13 : 29 dan Galatia 3 : 13 “… mereka menurunkan Dia dari KAYU salib… – terkutuklah orang yang digantung pada KAYU salib”. TDB, “mereka menurunkan dia dari TIANG – digantung pada sebuah TIANG”; NWT, “from the STAKE – hung upon a STAKE”

      Bandingkan dengan beberapa terjemahan dalam bhs Inggris : ASV “from the TREE – hangeth on a TREE”; Complete Jewish Bible [terjemahan Yahudi] “from the STAKE – hangs from a STAKE”; Douay-Rheims 1899 American Edition [terjemahan Katholik] “from the TREE – hangeth on a TREE”; KJV “from the TREE – hangeth on a TREE”; NKJV “from the TREE – hangs on a TREE”; New American Bible Revised Edition [terjemahan Katholik] “from the TREE – hangs on a TREE”; New Jerusalem Bible [terjemahan Katholik] “from the TREE – hanged is accursed”; NRSV “from the TREE – hangs on a TREE”.

      Kata “KAYU salib”; “sebuah TIANG”; “a STAKE”; “a TREE” yang digunakan dalam ayat-ayat tsb adalah terjemahan dari kata Yunani “xylon”. Apa arti spesifik dari kata “xylon”?

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    22. -- l a n j u t a n n y a --
      A. Vines Expositary Dictionary : 2. xulon, 3586 ; “wood, a piece of wood, anything made of wood” (see STAFF, STOCKS), is used, with the rendering “tree,” … (b) of “the cross,” the tree being the stauros , the upright pale or stake to which Romans nailed those who were thus to be executed, Acts 5:30; 10:39; 13:29; Gal. 3:13; 1 Pet. 2:24…

      Vines Expositary Dictionary : Stauros, 4716, denotes, primarily, “an upright pale or stake.” On such malefactors were nailed for execution. Both the noun and the verb stauroo, “to fasten to a stake or pale,” are originally to be distinguished from the ecclesiastical form of a two beamed “cross.” The shape of the latter had its origin in ancient Chaldea, and was used as the symbol of the god Tammuz (being in the shape of the mystic Tau, the initial of his name) in that country and in adjacent lands, including Egypt. By the middle of the 3rd cent. A.D. the churches had either departed from, or had travestied, certain doctrines of the Christian faith. In order to increase the prestige of the apostate ecclesiastical system pagans were received into the churches apart from regeneration by faith, and were permitted largely to retain their pagan signs and symbols. Hence the Tau or T, in its most frequent form, with the cross-piece lowered, was adopted to stand for the “cross” of Christ.

      Strong’s : staurós, stow-ros'; from the base of G2476; a stake or post (as set upright), i.e. (specially), a pole or cross (as an instrument of capital punishment) II. an upright stake, esp. a pointed one, used as such in fences or palisades

      B. Thayer’s Greek Lexicon : 1. wood; that which is made of wood, as a beam from which any one is suspended, a gibbet, a cross, 2. A tree

      C. Strong’s Definitions : by implication, a stick, club or tree or other wooden article or substance:—staff, stocks, tree, wood.

      D. Dalam Appendix 162 From The Companion Bible, DR E.W Bullinger, mengatakan : In the Greek New Testament two words are used for "the cross" on which the Lord was put to death.
      1. The word stauros; which denotes an upright pole or stake, to which the crimminals were nailed for execution.
      2. The xulon, which generally denotes a piece of a dead log of wood, or timber, for fuel or for any other purpose. Is is not like dendron, which is used of a living, or green tree, as in Matthew 21:8; Revelation 7:1, 3; 8:7; 9:4, etc. As this latter word xulon is used for the former stauros, it shows us that the meaning of each is exactly the same.

      The verb stauroõ means to drive stakes. Our English word "cross" is the translation of the Latin crux; but the Greek stauros no more means a crux than the word "stick" means a "crutch".

      Homer uses the word stauros of an ordinary pole or stake, or a single piece of timber. And this is the meaning and usage of the word throughout the Greek classics.
      It never means two pieces of timber placed across one another at any angle, but always of one piece alone. Hence the use of the word xulon (No. 2, above) in connection with the manner of our Lord's death, and rendered "tree" in Acts 5:30; 10:39; 13:29. Galatians 3:13. 1 Peter 2:24. This is preserved in our old English name rood, or rod. See the Encycl. Brit., 11th (Camb.) ed., volume 7, page 505d.
      There is nothing in the Greek of the New Testament even to imply two pieces of timber.

      E. The New Unger’s Bible Dictionary hlm 380 mengatakan bahwa kata “Salib/Cross” dalam bhs Yunani “stauros” [berarti] a “STAKE”.

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    23. -- l a n j u t a n n y a --
      Sehubungan dengan kebiasaan menghukum mati di kalangan orang Yahudi, The New Unger’s Bible Dictionary hlm 382, mengatakan : “Whether this mode of execution was known to the ancient Jews is a matter of dispute. The Heb. words apparently alluding to crucifixion are tālâ and yāqa˓, generally rendered in the KJV “to hang” (Num. 25:4, NASB, “execute,” NIV, “kill”; Deut. 21:22; 2 Sam. 18:10). The Jewish account of the matter is that the exposure of the body TIED TO A STAKE by the hands took place after death. The placing of the head on an upright pole has been called crucifixion. Crucifixion after death was not rare, the victim being first killed in mercy. The Jews probably borrowed this punishment from the Romans. Among the Jews, as well as among the Romans, crucifixion was considered the most horrible form of death; to a Jew it would seem the more horrible from the curse “He who is hanged is accursed of God” (Deut. 21:23). Our Lord was condemned to it by the popular cry of the Jews (Matt. 27:23) on the charge of sedition against Caesar (Luke 23:21–23)” [Huruf besar oleh saya]

      Sebuah kamus online menerjemahkan kata “stake” sbg : turus; tonggak; sula; pancang. Kamus Inggris-Indonesia, John M Echols : pancang, kayusula.

      Menurut KBBI, arti kata “turus” : “1 TIANG atau TONGGAK (dr kayu dsb) untuk mengukuhkan pagar (belat, bendungan, dsb); 2 BATANG pohon untuk tiang pd pagar; 3 BATANG kayu atau bambu untuk tempat merambat kacang panjang (sirih, lada, dsb) menjalar”; arti kata “tonggak” : “1 BALOK (kayu, batu, dsb) yg dipasang TEGAK; 2 tiang (rumah, jembatan, dsb); 3 pal (ukuran jauh 1.500 m); 4 tunggul (pangkal batang kayu yg masih tegak); sisa batang kayu yg sudah dipotong (yg ada di dl air dsb); 5 pokok; asal”; arti kata “sula/kayusula” : “2 TONGKAT kayu atau bambu yg runcing atau tajam ujungnya untuk menghukum orang”; arti kata “pancang” : “POTONGAN bambu (kayu dsb) yg pangkalnya runcing, ditancapkan atau dihunjamkan ke tanah (untuk tanda batas, tambatan, penguat pinggir parit, dsb”

      Apa yang dapat saya simpulkan berdasarkan BUKTI Alkitab dan diteguhkan oleh beberapa sumber sekuler, sehubungan dengan alat yang digunakan utk menghukum mati Yesus, yg dlm bhs Yunani “stauros” dan “xylon”? Persis spt yg dikatakan oleh teolog dan sarjana Alkitab DR E.W Bullinger : Itu memaksudkan “sebuah tiang tegak lurus atau tonggak. Itu tidak pernah memaksudkan dua potong kayu yang ditempatkan melintang satu sama lain di setiap sudut, tetapi selalu hanya sepotong saja. Tidak ada dalam bahasa Yunani Perjanjian Baru bahkan menyiratkan dua potong kayu/papan”.

      II. Sdr AS tulis : “Nah tiang siksa itu ketahuan cuma kutipan dictionary dari istilah stauros, yg dipenggal scr sembrono. Sembrono krn dibakukan dalam TDB.”

      Saya jawab : Benarkah demikian? Beginilah jadinya kalau Sdr AS hanya ‘menelan mentah-mentah’ apa yang ditulis oleh Bpk Awi. Spt yang saya jelaskan di poin I, bagi saya pribadi, ada dasar Alkitab yang kuat serta diteguhkan oleh berbagai sumber sekuler utk yakin bahwa Yesus tidak mati di ‘kayu salib’ dan sbg pembaca saya bisa melihat ada dasar yang kuat mengapa TDB menerjemahkan ‘stauros’ sbg ‘tiang siksaan’. Spt yg sdh pernah saya sampaikan, sekali lagi tolong jangan ‘telan mentah-mentah’ semua tulisan Pak Awi sbg ‘mutlak benar’ krn spt halnya topic mengenai ‘tiang siksaan’ atau ‘salib’ ini, Pak Awi hanya mengambil SATU kutipan sumber sekuler dari buku ‘Bertukar Pikiran’ utk mendiskreditkan MP. Nanti akn saya komentari artikelnya tsb.

      III. Sdr AS tulis : “Ayat yg mengandung tiang siksa dan "tuan", itu jelas sesat, karena tiang siksa non exist maka sesat. Kata sandang tuan itu tidak perlu ditulis dengan sengaja oleh penulis Injil PB. Kalau kata sandang "Tuhan" wajib ditulis oleh penulis Injil.”

      Saya jawab : Silakan baca lagi poin I di atas. Mengenai kata sandang ‘tuan’, dimana letak sesatnya sewaktu TDB menerjemahkan secara literal kata bhs Inggris ‘Lord’ sbg ‘Tuan’? Bisa tolong dijelaskan?

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    24. -- l a n j u t a n n y a --
      IV. Sdr AS tulis : “Saya Katolik dan tidak menganut sola scriptura, kalau di Injil tertulis Simon dari Kirene tertulis "dipaksa" memanggul salib, maka Katolik mengartikan pada saat itu memang Simon dari Kirene terpaksa, namun sesudah tiga hari kemudian perasaan terpaksa itu berubah menjadi kebanggaan bisa memanggul salib Tuhan. Itu sekaligus contoh cara menerjemahkan yg benar, harus diterjemahkan sesuai naskah aslinya dulu Simon dari Kirene dipaksa.”

      Saya jawab : Pertama, terima kasih untuk keterusterangan Sdr AS mengakui identitas denominasi Sdr. Saya sangat menghargainya. Kedua, terima kasih utk contoh yg Sdr berikan, namun pertanyaan saya, apkh Sdr AS sdh memeriksa bgm TDB menerjemahkan ayat yang berhubungan dg peristiwa Simon dari Kirene? Kalau belum, bersama ini saya sajikan terjemahannya : Matius 27 : 32 “…seorang penduduk asli Kirene bernama Simon. Pria ini mereka PAKSA untuk mengangkat tiang siksaan Yesus.” Markus 15 : 21 “Mereka juga MEMAKSA…Simon dari Kirene…”. Lukas 23 : 26 “…mereka MENANGKAP Simon …seorang penduduk asli Kirene…” [LAI, “mereka MENAHAN Simon…”].

      Ketiga, sungguh sangat menarik pernyataan Sdr bahwa krn Sdr seorang Katolik sehingga “tidak menganut sola scriptura”. Mengapa saya katakan sangat menarik? Karena jika demikian, itu berarti Sdr juga masuk dalam kategori “bidat atau sesat” menurut ‘ajarannya’ Bpk Awi. Ini buktinya : Bpk Awi tulis, “Jika suatu organisasi atau seseorang mana pun yang mengaku percaya Alkitab, tetapi keyakinan, atau pengakuannya tidak sesuai dengan Alkitab — apakah ISI ALKITAB yang DITAMBAH atau ALKITAB PLUS, dikurangi atau pemahamannya saling bertolak belakang dengan pernyataan Alkitab patut disebut sebagai "bidat atau sesat"! Bukankah dari ‘kacamata’ Protestan ada banyak pemahaman Sdr sbg seorang Katholik yang saling bertolak belakang dg pernyataan Alkitab krn Sdr mendasarkannya pada “Alkitab Plus” Tradisi Suci dan Magisterium Gereja?

      V. Sdr AS tulis : “Nah tiang siksa dan tuan tidak mungkin muncul di TDB kalau tidak dipaksakan masuk dalam hasil terjemahan.”

      Saya jawab : Sudah saya jelaskan di atas. Pertanyaan saya, dimana letak ‘pemaksaannya’?

      VI. Sdr AS tulis : “Kalau Yesus minum anggur pasti didatangi orang Farisi dan ditangkap, sebab sudah diincar sejak lama. Kalau Yesus minum anggur pasti sudah sejak lama ditinggalkan murid2 nya, sebab mengajar yg tidak benar. Orang Yahudi kenal betul dg Simson yg seorang Nazir. Kalau ada yg menawari Simson minuman anggur pastilah orang itu tidak tahu diri dan tidak sadar bisa digampar sambil dibentak2.”

      Saya jawab : Argumentasi Sdr akn menjadi benar JIKA Sdr bisa membuktikan berdasarkan Alkitab bahwa Yesus adalah seorang nazir. Bisakah Sdr tolong tunjukkan ayat Alkitabnya, sekaligus bisa tolong dijelaskan juga bgm seharusnya saya memahami kata-kata Yesus sendiri di Lukas 7 : 33, 34?

      VII. Sdr AS tulis : “Jika pada akhirnya hidup, tentu itu bukan mayat. Jika Yesus tidak mendekat, ya bukan Yesus yg menghidupkan, tapi orang lain yg menyentuhnya. Yesus mendekat karena baginya bukan mayat. Kalau Yesus dari awal tidak berkenan menghidupkan ya buat apa dicatat, buat apa mendekat.”

      Saya jawab : Rasanya pernyataan ini adalah bagian dari ‘kesalahan retorika’ argumentasi melingkar. Sekali lagi tolong buktikan bahwa Yesus adalah seorang nazir.
      Poin utamanya : adalah suatu FAKTA bahwa Yesus memang MENYENTUH mayat/orang mati. Itu berarti Yesus BUKAN seorang nazir. Saya pinjam lagi pernyataan Sdr AS, “Apa susahnya menerima pernyataan mudah itu?”
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    25. -- l a n j u t a n n y a --
      VIII. Sdr AS tulis : “Tiga raja diimani dari tingkat pengetahuan yg diatas rata2, mengerti kode etik antar raja, dari bawaan persembahannya yg penuh makna, dimana jika cuma astronom tidak perlu sujud segala.”

      Saya jawab : Bukannya justru terbalik, jika memang sesama raja ‘tidak perlu sujud segala’ tetapi krn ‘cuma’ astronom maka ‘perlu sujud segala’? Lagipula yang menyatakan bahwa mereka bukanlah 3 raja, justru adalah para penulis ‘Sususnan Kristen’ sendiri.

      IX. Sdr AS tulis : “1kor 15:25-28 itu lebih condong ke nubuat, sebab para rasul bisa bernubuat. Coba bandingkan dg nubuat nabi Zakharia 9:9 Yesus yg mengendarai keledai sudah disebut Raja sebelum th 1914 sudah raja.”

      Saya jawab : Rasanya ada banyak ayat Alkitab yg saya jadikan sbg dasar utk percaya bahwa sewaktu di bumi Yesus masih belum menjadi raja dan tidak satupun yang Sdr AS buktikan salah. Kalau Sdr menggunakan Zakharia 9 : 9 utk membuktikan bahwa Yesus sudah disebut raja sebelum thn 1914, berarti Sdr melawan kata-kata Sdr sendiri bahwa “Sejak bayi Yesus sudah ber kodrat Raja…Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta”
      Pertanyaan saya : kalau memang Yesus sudah raja sebelum 1914, kapan persisnya dia menjadi raja menurut Alkitab? Kalau seandainya Yesus sdh raja sewaktu dia bersama murid-muridnya di bumi kira-kira 2000 thn yang lalu, mengapa di Matius 20 : 21 ibu dari Yohanes dan Yakobus meminta kpd Yesus agar “Berilah perintah supaya kedua anakku ini boleh duduk KELAK [huruf besar oleh saya] di dalam kerajaanMU…” Juga mengapa Yesus mengatakan kpd murid-muridnya di Matius 26 : 29 “…Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai…Aku…bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan BapaKu”? Bolehkah Sdr tolong jelaskan?

      10. Sdr AS tulis : “Evolusi tidak bertentangan dg Alkitab, sebab memang kenyataannya begitu. Gagal berevolusi ya punah.”

      Saya jawab : Sungguh suatu pernyataan yang sangat mengejutkan bagi saya dan mungkin juga bagi banyak pembaca blog ini. Bolehkah Sdr AS tolong tunjukkan ayat Alkitab yang mengatakan bahwa “Evolusi tidak bertentangan dg Alkitab”? Jika “memang kenyataannya begitu”, spesies manusia akan berevolusi menjadi makhluk yang seperti apalagi kah?

      Demikianlah tanggapan saya. Terima kasih dan sampai ‘bertemu’ lagi.


      -- s e l e s a i --

      Hapus
    26. Yunani adl negara yg pernah Jaya di masa lalu karena merupakan pusat perdagangan semacam Singapura dan Hong Kong. Oleh sebab itu Injil ditulis dengan bahasa Yunani, bukan Ibrani dengan tujuan agar segera tersebar luas melalui perdagangan via laut

      Kebudayaan Yunani mencatat makna Stauros awalnya sbg kayu yg menancap ke tanah, tapi jangan lupa saat itu pengaruh Romawi telah mengubah arti Stauros karena modifikasi kayu tambahan yg menyilang. Maka Stauros yg lama sudah jadul mengingat rentang kekuasaan Romawi begitu panjang. Yang jadul dan expired kok malahan dibakukan TDB.

      Saksi dari Cross banyak
      Google translate Greek to english (nggak jadul)
      The Imperial Bible Dictionary panjang lebar menyebutkan arti jadul dan arti sesudah pengaruh Romawi.
      Wikipedia menuliskan: tulisan Diodorus Siculus, Plutarch, dan Lucian (yg hidup seabad sebelum Masehi) memastikan bentuk salib sudah begitu lumrah, menggantikan yg makna yg jadul, ya karena kekuasaan Romawi begitu kasat mata. Romawi adl pelopor pasukan yg berseragam dan rapi baris-berbaris, tentu diingat orang seYunani, orang seEropa. Pelaut Yunani tentu sangat mengenal patroli laut Romawi yg rapi sbg Armada yg menakutkan.

      Maxi sendiri nulis Vines Expository Dictionary kalimat penutup: Hence, the Tau as T, in its most frequent form with the cross piece lowered was adopted to stand for the cross of Christ. Maka, salib Kristus adalah bentuk Tau yg dimodifikasi dengan menurunkan sedikit bagian palangnya.

      Thayers Greek Lexicon juga ada a cross, ( sesudah a gibbet).

      Bukti dari Alkitab:
      Israel dikuasai Romawi, Romawi memakai salib cross dan penjara biasa(sel tahanan). Cross untuk penjahat besar yg dipamerkan ke khalayak agar takut pada hukum Romawi, Yesus sendiri dianggap melawan kaisar karena ada papan INRI sbg alasan dihukum.

      Mat, Mrk, Luk, dan Yoh mencatat selama disalib Yesus tidak disiksa, cuma dijagain agar tidak ada kerumunan yg berani mengacau.

      Sdr Maxi harus baca artikel lain bukti papan INRI ada diatas kepala Yesus. Watchtower kecele dg menggambar papan INRI nya diatas tangan yg terpaku, Aha!.....kecele judulnya.

      Saksi salib adl Petrus yg permintaan terakhirnya minta disalibkan terbalik, bukan minta ditiang siksa kan terbalik.^_^

      Saat Injil ditulis tentu tidak memasukkan unsur jadul, cross Romawilah yg dimaksud sebab eksekutornya prajurit Romawi Lah yaw....mikir Bung max.

      Salam
      AS

      Hapus
    27. Ha ha ha ha.....Maxi Sam lagi berdemo kengeyelan, seperti biasa bertahan utk membela wt/menara pengawas, tapi kl di desak terus palingan ngeles dia ga mewakili wt, ujungnya disuruh Tanya sendiri

      Kalau disodorii bukti pasti ngeyel spt : 'HARUS (sy besarin) nya ada dong pernyataan spesifik dari Yohanes sbg saksi mata...' seolah2 dia sola scriptura bgt, pdhl kalo ditanya mana ayat nya tahun 1914 YESUS baru dilantik jadi raja eh yg disodorii publikasi majalah wt, sola publikasi bgt dia.

      Coba deh Maxi, publikasi prnh ga nemuin bukti otentik kalo tiang siksa pernah di jadikan lambang Kekristenan pada peninggalan2sejarah yg prnh ditemukan pd tahun2 yg dekat dng peristiwa penyaliban spy kamu ga terlalu terlihat sola publikasi wt bgt.....

      Seperti yg lain2 wt selalu menyembunyikan sebagian kebenaran Dr cuplikan2 dictionary, journal dll utk membenarkan pendapat wt spy kelihatan nya didukung oleh pendapat2 ahli ataupun jurnal2 sekuler, masiiiihhh aja Maxi ini cari membenarkan coba jawab dimana ayatnya tahun 1914 YESUS dilantik jadi Raja..? Dan mana ayatnya Tahun 1918 menginspeksi wt dimana di inspeksinya dan bgmna mekanisme..? Siapa dari anggota bp-wt yg menerima YESUS ketika menginspeksi dan apa yg YESUS bilang waktu itu, ada foto dokumentasinya ga sbg bukti..???? Ha ha ha ha...betul betul lelucon......apa ya kira2 jawaban Maxi..?

      Tulisan INRI nya kan diatas kepala YESUS bukan diatas tangan, mentang2 tangan jg ada diatas kepala YESUS mnrt Maxi pasti dibenarkan jg tertulis diatas kepala....lelucon lagi, untungnya ayat Alkitab ga menulis diatas pinggang, bisa2 tulisan INRI nya ada di Dada YESUSga papa, ditaruh dileher bisa, di jidat bisa toh masih diatas pinggang, begitu ya Maxi ha ha ha ha.....

      Kasihan juga sama Maxi, terlalu menghayati ( di setting ) ajaran wt yg tidak boleh berpikir bebas, walaupun sudah mulai agak2 bisa nerima dng akal sehatnya, tapi ssetting an 'berpikir bebas adalah ajaran setan' mneng HARUS kan dia mengabaikan pikiran sehat nya.....

      Salam

      USA

      Hapus
  31. FAQ

    Apakah ssy sebuah agama? Bukan, hanya sekedar Society, aktivitas sosial, sosialita masyarakat penggila (fansclub) literatur keluaran watchtower. Inc
    Bukti penguat lain adl ciri dari agama adl
    Memiliki hari2 Besar Keagamaan
    Tidak pernah menghitung jam dakwah, tidak pernah menghitung hadirin peribadatan nya.
    Sebuah agama menyediakan Harapan, bukan memupus harapan manusia

    Apakah arti kata "Announcing"? Announcing tidak lain mengumumkan. Sebuah kata kerja tunggal. Kalau sudah diumumkan ya selesai tugasnya. Diumumkan yg berulang-ulang itu artinya pekerjaan yg gagal. Slogan yg parah.

    Apakah ssy merupakan sebuah Denominasi ? Bukan, kriteria denominasi tentu punya landasan Theologis, dan pendeta nya setidaknya lulus pendidikan Theologi dari lembaga yg diakui.

    Apakah ini perang agama dan perang perebutan umat? Bukan, istilah perang agama harus ditepis, lebih pas konflik ajaran dan praktek nya. Konflik tidak dapat dihindari memang harus terjadi, jika tidak, maka tidak akan ada ujung pihak siapa harus stop.
    Perang perebutan umat juga keliru, yang benar perang penyadaran melawan kekuatan penyesatan terorganisir berusia seabad lebih.
    Konflik dan perang pasti terjadi juga saat membasmi Arianisme, dan ajaran sesat lainnya

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini serius, tidak main2

      Sekali kita gabung dg ssy, harapan kita akan pupus. Rak buku kita akan penuh dg tetek bengek publikasi lawas yg tidak berguna dimasa sekarang atau masa depan.
      Selama bertahun2 kita nihil beribadah tanpa sadar.

      Tahun 1914 berulang2 diumumkan, gagal maning, gagal maning son !
      Hamba setia diumumin terus personifikasinya, baru segelintir yg percaya.
      Yesus adl archangel Michael diumumin berulang2, kandas oleh logika.
      Secara lihai Announcing disamarkan sbg pemberita (messenger), kata kerja bisa jadi kata benda.

      Samaran denominasi yg landasan AD/ART nya hanyalah asumsi:
      Asumsi hamba setia adl gov body
      Asumsi hitung2an 1914 cespleng
      Asumsi suapan gizi nya disukai internal (padahal terpaksa, dan tidak ada pilihan)
      Asumsi tiang siksa tidak ada yg bisa bongkar triknya
      Hirarkinya belum belajar Theologi, hanya diajari paket publikasi.

      Waspadai musim pancaroba, dimana tema armagedon gagal, sedang diganti tema loyalitas.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Anda kurang cerdas...saya bukan saksi tapi komen anda disini menunjukkan pikiran dangkal dan idiot....saya kutip kalimat anda ya :


      Apakah arti kata "Announcing"? Announcing tidak lain mengumumkan. Sebuah kata kerja tunggal. Kalau sudah diumumkan ya selesai tugasnya. Diumumkan yg berulang-ulang itu artinya pekerjaan yg gagal. Slogan yg parah.
      (anda mungkin berpikir "lokal' dengan kalimat itu karna maksud dari ayat itu adalah mewartakan/umumkan sampai seluruh bumi mengetahuinya baru tiba kesudahannya.ada di petrus mengatakan karna Allah itu kasih makanya masih mengulurkan waktu itu!...dan klo anda sudah dengar bukan berarti sudah harus berhenti karna itu bukan diumumkan di kampus atau suatu lembaga tapi dunia dan belum semua orang tau!..jdi masih terus diumumkan krna itu adalah perintah dan akan berakhir pada kiamat!...dodol kamu!..saya melihat banyak orang sakit hati atas Ssy karna klo bukan suatu kebenaran tidak mungkin tumbuh pesat dan tertib di segala aspek!...apakah anda temukan suatu agama yg lbh baik?saya jamin 1000% gak ada didunia ini!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Hapus
    3. Lengkapnya: Announcing Jehovah's Kingdom.

      Jejak dari tabiat lama yg keseringan mengumumkan kiamat, keseringan mengumumkan millions living now Will Die, keseringan mengumumkan perubahan aturan transfusi darah yg undur2. Keseringan mengumumkan tiang siksa.

      Kerajaan surga bukan ring tinju mayweather vs manny pacquiao yg diannounce.
      Sabda Kristus harus diwartakan bukan diumumkan.
      Firman Tuhan diwartakan bukan diumumin.
      Tiang siksa bukan bagian dari pewartaan, tapi diumumkan teruuussss.
      Berbagi pakai istilah mewartakan tidak akan ada yg marah, tapi ssy tidak mau pakai istilah yg pas, lebih pilih yg tampil beda.

      Kantor pusat guru palsu bule asli, fasih bhs Inggris tapi kalah pinter sama penerjemah ssy Indonesia.
      Guru palsu sedang dilematis: nggak diubah terlihat bodoh, diubah ongkos nya muahal. Bukan ongkos layout tapi ongkos psikologis, dimana semua orang jadi aware blundernya di Cover depan.

      Salam
      AS

      Hapus
  32. Tidak ada artikel ttg photo drama, jadi saya posting disini saja.

    Photo Drama sebuah produk lawas yg gagal dipasarkan. Modal besar yg dikeluarkan tampak jelas dalam narasi disesalkan narator DVD faith in action. Itu sebuah bukti pemodal menyayangi modalnya.

    Gagal krn ditonton sekali sudah cukup tidak jadi buah bibir dan direkomen ke orang yg belum nonton. Gimana nggak gagal perusahaan percetakan bikin film, yg diluar bidangnya. Sinematografinya jelek, kostumnya jelek, rias wajahnya jelek. Masih bagusan re-enactmentnya. Di re-enact pelajar2 Alkitab diundang ke teater dengan setelan jas yg necis, pelajar yg profesi petani gandum tidak diundang, hanya yg kelas atas yg diundang nonton.

    Cuplikan photo drama nya Yesus meredakan badai, sayangnya ombak yg keshoot cuma ombak kecil. Penonton pasti kecewa
    Cuplikan berikutnya Maria tidak melahirkan bayi Yesus, tapi sekejap ada malaikat perempuan, dan sekonyong-konyong Maria sudah menggendong bayi Yesus. Sinematografi yg payah
    Cuplikan berikutnya Yesus tanpa luka-luka di tubuh, tanpa memanggul salib, bisa lolos beberapa detik dari kawalan prajurit Romawi untuk aksi teatrikal memperagakan simbol tangan Freemason, setelah itu dikawal lagi. Ya nggak cocok sama Alkitab itu namanya. Alamak

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isinya tentang Yesus, kok judulnya Photo Drama ?... Anti klimaks

      Nggak heran kalau Natal ditolak, Marianya di anggap (diinterpretasi) tidak melahirkan tapi dihadiahi, menurut Photo Drama loh !

      Aktor pemeran Yesusnya ketuaan, harusnya yg mudaan usia 30an donk. Salah casting, sutradaranya amatir, maklumlah di th segitu sekolah film belum ada.

      Salam
      AS

      Hapus
  33. Benua Afrika itu luas sekali, ssy baru sampai diibukota2 nya, belum sampai pelosok desa terpencil Afrika. Tapi orang Afrika diekspose di majalahnya seolah2 ssy sudah berjuang sampai ujung dunia. Di Indonesia saja baru Jabodetabek, Bandung dan kota2 besar saja, kota kecil dan desa belum ada (syukurlah). Jika kita lihat watchtower memasang gambar orang Afrika itu cuma marketing. Kantor pusat tidak berani masuk desa, itu sama saja subsidi dan tidak balik modal. Di Eropa pun jika diselidiki ssy hanya mengambil segmen yg surplus bukan yg jenis subsidi.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar nama negara2 dunia dijual, supaya nilai persembahannya terkatrol. Majalah2 profan mis TIME , cosmopolitan , Elle, dll melakukan hal sama menjual untuk menaikkan gengsi, kebanggaan buat pembelinya. Motif sebenarnya itu, jadi jangan terkecoh. Katanya bukan bagian dari dunia ya?

      Gereja2 non ssy di Eropa di kota2 kecil dan desa nya rata2 mayoritas yg hadir berusia sepuh diatas 60 th, jelas tidak akan dilirik ssy, tidak diminati karena ritmenya tidak sanggup par dan dinas ketat, tidak punya daya promosi dan persembahannya dikit, mereka terlalu uzur. Bukan kriteria kantor pusat

      Salam
      AS

      Hapus
  34. Paskah sudah dirayakan 20 abad lamanya.

    Jika Kristus yg bangkit dg Jaya dirayakan, tentu sudah tidak mempermasalahkan Yesus yg bisa lapar, bisa haus, bisa capek, dll.

    Itulah akibatnya tidak merayakan Paskah, masih hidup gelisah, kecewa, pesimist, syakwasangka, gundah gulana, nestapa, madesu (masa depan suram), Hahaha....

    Salam
    AS

    BalasHapus
  35. Halo, saya Mk.
    Saya ingin menghubungi penulis (Awi)
    Mas/mbak Awi, apa bisa tolong hubungi saya di email ini: f...@gmail.com

    Banyak yang ingin saya tanyakan secara langsung dan berdiskusi mengenai banyak hal tentang ssy.

    Mohon dibantu, dan banyak terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Mk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sdr. Mk.

      Maaf jika nama dan alamat email Anda sengaja saya beri initial untuk menjaga kerahasiaan Anda.

      Dulu saya memberikan email untuk bertanya-jawab dng pembaca blog ini. Namun demikian, karena beberapa pertimbangan, misalnya berbagi pengalaman sehubungan dng SSY dng pembaca blog ini lainnya, maka saya tidak bersedia melakukannya secara privat. Mohon Anda mengerti maksud saya.

      Pengunjung blog ini sebagian besar adalah orang-orang yang pernah berhubungan dng SSY dan ingin menyadarkan kekasih/keluarganya dari jeratan SSY tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Ataupun SSY sendiri yang ingin keluar dari jeratan kultus organisasi SSY tetapi tidak tahu caranya tetapi malu/sungkan/takut mengungkapkan secara terbuka. Oleh sebab itu, pengalaman Anda mungkin dapat menjadi pencerahan bagi pengunjung blog ini juga.

      Silahkan ungkapkan pertanyaan Anda secara langsung, saya dengan senang hati dan semampunya membantu Anda karena memang salah satu tujuan pembuatan blog ini untuk membantu orang-orang Kristen dari jeratan organisasi kultus SSY.

      Dan Anda tidak perlu khawatir identitas Anda terungkap ataupun merasa sungkan karena toh tidak ada orang yang tahu, bukan?

      Salam kasih Kristus

      Hapus
  36. Perbedaan mencolok atas kesaksian kehadiran Yesus:

    Beberapa pribadi mengaku mengalami perjumpaan dengan Yesus, pengalaman mistis dijumpai Yesus bisa dikelompokkan:
    Dijumpai Yesus karena ada di jalan kesesatan, dan ditarik kembali pada jalan yg benar.
    Dijumpai Yesus karena ada di ujung sakratul maut, dan dihidupkan lagi.
    Dijumpai Yesus karena diuji imannya.

    Dijumpai Yesus tentu beda dengan Yesus turun ke bumi, atau lahir ke bumi.

    Yang harus ditolak dengan tegas:
    Kedatangan Yesus (diluar yg dinyatakan Alkitab) dipakai sebagai stempel yg di pakai berulang2 (ssy dan Mormon adl juaranya)
    Dijumpai Yesus untuk diberi instruksi baru, ajaran baru, perwahyuan baru. Harus ditolak

    Kita sebetulnya sering berjumpa dg Yesus dalam Doa dan amal perbuatan, namun tidak kita sadari karena natur kita yg berbasis inderawi.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  37. Kalau pengen tahu dengan pasti 100% Tritunggal itu benar atau salah? Ya cepat2 lah mati, kemudian tanyakan pada malaikat maut, setelah itu ya atur sendiri gimana caranya bisa hidup kembali.....wkwkwk bercanda bro, jangan dianggap serius ya.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Re-post komen yg terhapus: Ada cara lain untuk bisa yakin kebenaran ajaran Tritunggal 100%, tanpa harus mati dahulu.

      Caranya: saksi harus mengganti setiap kata "Yehuwa" dalam setiap doanya dgn kata "Roh Kudus. Para saksi tidak perlu takut dimarahi Pak penatua karena berdoa kpd pribadi Allah yg ketiga, di dalam kamar tertutup.

      Cara ini akan membuktikan bahwa Bapa dan Putra dan Roh Kudus adl satu kesatuan yg mesra, dan Roh Kudus bisa mengabulkan doa, sama seperti Bapa, sama seperti Yesus yg bisa mengabulkan doa (yg isi doanya fair).
      Misal, doakan lah pada Roh Kudus dg isi doa Apakah aku harus berhenti ke balai kerajaan? dengan sungguh2, maka dijamin Roh Kudus tidak akan mengecewakan yg berdoa.
      Lain halnya jika isi doanya tidak fair, misal minta duit yg buanyak. Itu lain persoalan.

      Salam
      AS

      Hapus
  38. Yang bisa digarisbawahi :

    Benang merah dimana titik balik seorang saksi sadar, adl saat yg dalam kondisi mengenaskan.
    Mantan penatua David sadar dikala sudah terpuruk, korbanimangila sadar saat kesehatan jiwa rohaninya dirampok habis, ada yg baru sadar setelah anaknya keburu mati telat transfusi, sadar setelah keluarga tercerai berai karena saling kucil, serba Terlanjur adl pahit yg bisa dihindari.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  39. Bisnis watchtower yg gamblang, terang benderang:

    Aset balai kerajaan di manapun di dunia baik tanah, gedung, alat transportasi bergerak, hasil keringat jutaan saksi, lambat laun muncul di akun aset (pos aktiva) nya kantor pusat New York. Lambat laun itu setelah generasi para donatur sudah habis jadi almarhum. Hal ini tidak akan terjadi pada masjid, gereja, kuil Budha, vihara, klenteng, karena tidak berkantor pusat.

    Yang nyumbang balai kerajaan sampai miliaran, siap2 lah terkulai lemas.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  40. Ssy menghabiskan waktu seratus thn, hanya berputar putar di sekeliling organisasi saja dan topik2 kepercayaan watchtower akan Alkitab. Dan berupaya mendirikan rumah (balai kerajaan) diatas pondasi tumpukan kertas majalah, saat kertasnya dibakar, rumahnya ambles dan retak2 dindingnya, sudah tidak aman ditinggali. Generasi muda ssy yg baca ini akan ngacir duluan, generasi tuanya bengong dan tidak ngeh kondisi terupdate.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  41. Saya udah belajar lumayan lama lah hehe katanya kan kalo mau kadih tau yg sebenernya tentang beberapa point tinggal bilang kan ?
    Coba cek, paskah itu dulu apa ? Paskah kan perayaan tahunan orang ISRAEL tentang masa panen, nah kok jadi ada sangkutanya sama kematian yesus ya ? Bukanya yesus juga merayakan paskah sebelum perjamuan malam tuan ? Kalo bener, kok yesus merayakan kematiannya sendiri ? Hehe
    Natal juga, cek dulu natal itu apa, baru bisa bilang toh mas hehe natal itu berhubungan sama dewa janus yg kembali dari terbitnya matahari, saya pun riset semuanya dan kalo ragu ya cek aja hehe tapi kalo menurut saya, maaf ya mas, tapi pembahasan mas yg bikin orang jadi mind control hehe

    Salam
    Saya sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sdr Saya sendiri hehe

      He..he he

      Saya dng senang hati akan menjawab pertanyaan Anda. he he he Sayangnya, apapun jawaban saya . . .he..he.. gak ada artinya karena bertentangan dng ajaran badan pimpinan yaitu penyembahan berhala modern Anda he he he

      Jika Anda serius ingin mendiskusikan keimanan Anda itu, mari saya tantang Anda untuk mendiskusikannya. Anda memiliki 1 pertanyaan, saya jawab dan Anda juga harus menjawab 1 pertanyaan saya.

      He...he... itu juga kalo Anda punya nyali he...he..he

      Salam
      AWI sendir he..he

      Hapus
  42. Membayar pajak pada kaisar, di tekankan kembali di surat rasul, agar kita tunduk pada Pemerintah.

    Semua sudah tahu bahwa TDB Tidak menerjemahkan Pemerintah, tapi kalangan berwenang yg lebih tinggi.

    Aturan tidak berdinas militer, fobia jadi militer dan fobia perang, adl bentuk dari mencobai wewenang negara / Pemerintah / dephan. UUD 45 pertahanan dan keamanan negara yg mengatur Pemerintah yg sah. Kita semua tahu wajib militer itu tidak nyaman, namun apabolehbuat kalau ke pilih, ya terima nasib. Dipanggil wajib militer itu kudu datang, kalo nggak pasti dijemput paksa.

    Aturan tidak salut bendera, tidak menyanyikan lagu kebangsaan, tidak merayakan hari besar nasional, terhitung juga mencobai kewenangan negara / Depdagri. Apa susahnya hormat bendera, nyanyi lagu bareng, upacara tujuh belasan demi negara dan bangsa?

    Aturan mengabaikan pendidikan tinggi, jelas2 menentang program wajib belajar dan sekolah gratis sampai SMA, kategorinya mencobai Depdiknas. Disubsidi uang sekolah kok malah tidak melanjutkan SMA, untuk urusan sepele?

    Salam
    AS

    BalasHapus
  43. FAQ jilid2

    Kenapa blog ini tidak seperti sebuah blog agama?

    Bung AWI pernah menjawab bahwa situs ini bertujuan membongkar apa dan siapa watchtower, jadi yg dikedepankan adl aspek kultus dan mind control, jadi pembaca yg ingin nuansa agamanya dikedepankan mungkin akan sedikit kecewa. Bahkan kedepan bisa jadi akan banyak unek2 dari para korban mind control.

    Kenapa para gembala tidak tampak aktif memberikan komentarnya di blog ini?

    Pertama kita harus percaya bahwa Allah tidak diam, tapi berkomunikasi dengan gembala nya. Dengan demikian dipastikan kaum gembala sudah berbuat mendahului para awam, hanya awam saja yg tidak melihatnya.

    Kedua rata2 gembala melayani banyak umat, seperti kita tahu gembala jadwal aktivitasnya padat, umat yg minta pelayanan liturgi bisa tengah malam, jam makan, menjelang subuh, dll. Yang bikin padat adl perjalanan dari gerejanya gembala menuju lokasi2 umat tentu ukurannya jam, bukan detik.

    Ketiga, gembala sudah mengajarkan Alkitab yg benar, ini setara dg maksud dibuatnya blog ini.

    Keempat ada bukti surat teguran PGI, jadi kita harus yakin para gembala tidak diam

    Sampai kapan hal ini berlarut-larut ?

    Jika keluhan umat sudah terdengar sampai ke langit, tentu grup kultus dengan mind controlnya akan ditunggangbalikkan, dikacaubalaukan. Kita harus percaya pada kuasa yang diatas.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  44. Ilustrasi sederhana dan dalam kalimat yg mudah dimengerti, untuk mengerti beda LAI dan TDB:

    Sekali- kali bawalah LAI ke balai kerajaan, maka Anda akan ditandai oleh Penatua, dipanggil empat mata, diperingatkan agar tidak mengulangi perbuatan tsb.
    Ini artinya LAI dan TDB tidak sama. TDB adl Alkitab lain yg dikutuk rasul Paulus, yaitu Alkitab yg berbasis pentakhtaan th 1914. Sama sekali baru, gres, brand New.

    Sebaliknya susunan Kristen tidak bakal memakai Alkitab yg dikutuk.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  45. Kepercayaan watchtower akan Alkitab yaitu Yohanes Pembaptis tidak dapat naik surga, tapi..... 12 orang hamba setia bakal naik surga (sebab kaum terurap)

    Menurut hikmat manusia, Yohanes Pembaptis punya segala kriteria masuk surga.

    Murni keturunan Yahudi dari garis Imam. Malah puncak dari semua leluhurnya Yohanes Pembaptis adl Nabi Besar diantara nabi2 PL. Dia masuk dalam 2 kategori sekaligus yaitu nabi PL sah, nabi PB pun sah.

    Yohanes Pembaptis berintegritas, berdedikasi, dan penggenap naskah suci yg dinubuatkan para nabi. Integritas adl peneguhan/ pengukuhan tanpa cacat.

    Yohanes Pembaptis adl sahabat Yesus sejak dalam janin, membaptis Yesus, seluruh jiwa raganya merindukan Kristus.

    Yohanes Pembaptis wafat sbg martir ( kalau istilah lain Syahid). Ini tidak terbantahkan.

    Semua bisa dicari ayatnya. Dari janin sampai wafat sudah meyakinkan orang yg bisa baca. Celakanya yg dibaca saksi adl artikel keluaran wt saja. Celaka juga kepercayaan watchtower sengaja disebar2 kan.

    Tidak bisa masuk surga artinya
    A. Cukup di bumi Firdaus baru dan diajar ulang ketentuan lebih lanjut.
    B. Ke Maha Kuasaan Bapa dicobai
    C. Ke Maha Adilan Bapa dicobai
    D. Semua jawaban tepat sekali

    Salam
    AS

    BalasHapus
  46. Oke bapak awi hehe
    Yg diatas tadi bukan ajaran penyembahan berhala lo, kalo menurut mas awi penyembahan berhala itu apa ?
    Kalo yg diatas tadi itu fakta riset, saya cari sendiri hehe jadi gk nyambung jawabannya hehe

    Salam saya sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sdr Salam saya sendiri hehe,

      He..he..he Anda berkata:

      Yg diatas tadi bukan ajaran penyembahan berhala lo

      Jawaban saya:

      Yg mana yang bukan? Bisa jelaskan? he..he Kalo artikel thread ini jelas bukan.

      Udah baca belum artikel Penyembahan Berhala Modern yang saya lampirkan di respons saya atas komentar Anda?

      Artikel Penyembahan Berhala Modern membahas pendapat saya ttg penyembahan berhala jadi gak perlu saya jelaskan lagi karena udah saya tulis di situ. Jadi klik aja kalimat Penyembahan Berhala Modern untuk membaca artikel itu.

      Anda berkata:

      Kalo yg diatas tadi itu fakta riset, saya cari sendiri hehe jadi gk nyambung jawabannya hehe

      Jawaban saya:

      Apanya yg riset berdasarkan fakta, hehe?

      Anda atau saya yg gak nyambung jawabannya, hehe?

      Salam
      Saya AWI sendiri hehe

      Hapus
    2. Fakta : paskah itu perayaan israel jaman dulu dan yesus ikut merayakan, jadi paskah itu gk ada sangkutannya sama kematian yesus, di alkitab aja ada hehe
      Fakta : natal itu ada sangkut pautnya sama perayaan dewa dewa yunani, trus juga dapet dari mana tanggal 25 wkwk desember pula, hebat akurat banget padahal di alkitab kaga adaaa, haha kasarnya si mencoba melampaui alkitab hehe di betlehem desember itu lagi musim dingin dan salju dimana mana masa iya gembala pada tidur tiduran di luar ama dombanya wkwk itu huga tolong di jawab hehehe
      Kata siapa masuk SSY udah pasti selamat wkwk itu aja tergantung diri kita sendiri, kita akan bertanggung jawab atas prilaku kita sendiri wkwk lagian juga sama badan pimpinan kan sebagai rekan sekerja bukan bawah haha salah paham nih pak awi, makanya pelajarin dulu, selama merka kasih tau sesuatu yg benar dan sesuai sama alkitab kenapa enggak, toh kita sama sama menyembah Allah yg benar dan esa dan bukan menyembah organisasi ini wkwk kaga ada yg kaya gituu haha
      Oya pak awi kalo bapak itu kristen kenapa gk menginjil dari rumah ke rumah ? Kan yesus perintahkan di mat. 28 : 19, 20 hehe trus juga apa ya perayaan yg yesus minta peringati kalo menurut alkitab yg pak awi tau ?
      Oya satu lagi, kenapa ya ulang tahun gk baik, karna alkitab kasih 2 pengalaman buruk tentang itu, tau firaun dan herodes ? Dan dihari ulang tahun firaun, tukang rotinya digantung sebagai hadiah, herodes ? Ulang tahun putrinya membuat kepala yohanes pembaptis di taro di atas nampan, apa alkitab asal kasih tau tanpa ada alasannya ? Haha itu kepercayaan saya wkwk

      Salam dan Hormat saya sendiri

      Hapus
    3. Halo bung Salam saya sendiri hehe

      He..he, mengenai alasan Kristen merayakan natal silahkan klik artikel Natal dan Saksi Yehwa untuk jawabannya.

      Argumen saya ttg perayaan Paskah dan ulang tahun bisa dijawab dng argumen yg sama dalam artikel tsb.

      Anda berkata:

      Kata siapa masuk SSY udah pasti selamat wkwk itu aja tergantung diri kita sendiri


      Jawaban saya:

      Wkwk. loh siapa yg omong masuk SSY udah pasti selamat??? Gak ada tuh. Wkwk. makanya kalo baca artikel yg betul dan direnungkan dulu.

      Yg saya katakan bahwa organisasi Saksi Yehuwa mengklaim bahwa bergabung dngnya utk beroleh keselamatan. Mau buktinya? Nih:

      Kita dapat mengharapkan perluasan yang serupa dari kegiatan pengabaran kita sekarang, pada puncak segala jaman ini. Tidak diragukan, sebelum ”sengsara yang besar” selesai, kita akan melihat kesaksian terbesar dalam sejarah dunia tentang nama dan Kerajaan Allah. Dan walaupun kesaksian sekarang ini masih mencakup undangan untuk bergabung dengan organisasi Yehuwa demi keselamatan, pasti akan tiba waktunya di mana berita itu akan menggunakan nada yang lebih keras, sama seperti ’pekik perang yang kuat’ . . . (Menara Pengawal, 15/11/1981, hlm. 21)

      Pelajar-pelajar Alkitab perlu mengenal organisasi dari “satu kawanan” yang Yesus bicarakan di Yohanes 10:16. Mereka harus menghargai bahwa bergabung dengan organisasi Yehuwa penting bagi keselamatan mereka. (Why. 7:9, 10, 15) Karena itu, kita harus mulai mengarahkan pelajar-pelajar Alkitab kita kepada organisasi segera setelah pengajaran Alkitab didirikan. (Pelayanan Kerajaan Kita, 11/1990, hlm. 1)


      Nah pertanyaan saya buat Anda yg yakin ajaran Anda berdasarkan Alkitab adalah:

      Di manakah ajaran Alkitab yg nulis untuk beroleh selamat hrs bergabung dng sebuah organisasi? Jika Anda tdk mampu menjawabnya maka ajaran organisasi tidaklah berdasarkan Alkitab. Wkwkwk.

      Anda berkata
      lagian juga sama badan pimpinan kan sebagai rekan sekerja bukan bawah haha salah paham nih pak awi


      Jawaban saya:

      Ahhh yakin BP adalah rekan sekerja bukan atasan bahwa penyembahan berhala Anda karena perlakuan thd BP menentukan keselamatan kekal Anda??? Mimpi ya Anda ini wkwkwk

      Maaf ya...maaf... Anda ini terlalu banyak dicuci otaknya oleh organisasi shg berpikir bhw BP rekan kerja dan bukan atasan. Baca nih di sini utk buktinya bhw Anda ikut BP, bukan Kristus.

      Kalo BP rekan sekerja dan bukan pimpinan . . . bisa gak Anda menentang tafsiran BP atas Alkitab? Kalo BP menafsirkan hari ini suatu ayat A dan 2 minggu kemudian dirubah jadi Z, Anda boleh gak menolaknya? Tentu tidak, bukan? Anda hrs ikut tafsiran BP!

      Kalo rekan sekerja nih, Anda bisa berargumentasi dan menolak tafsiran BP. Kaya Anda kerja aja. Kalo kata bos: "eh hari ini kamu kerjakan A ya" maka Anda mengerjakan A. Lalu besok, bos berkata: "kemarin yg kamu kerjakan salah, ganti pake Z" maka Anda akan mengerjakan Z. Nah pertanyaannya apakah Anda rekan sekerja atau bawahan? Ya bawahan, bukan? Kalo Anda bandel gak mengerjakannya ya dipecat. Begitu jg BP! Anda tidak setuju dan protes dng tafsiran BP maka Anda ditegur oleh penatua dan jika membandel maka Anda akan dipecat!!! Wkwk. Anda terlalu banyak mimpi nih !!

      Anda berkata:
      Oya pak awi kalo bapak itu kristen kenapa gk menginjil dari rumah ke rumah ? Kan yesus perintahkan di mat. 28 : 19, 20 hehe


      Jawaban saya:

      Memang menginjil hrs dari rumah ke rumah? Melalui internet bisa tuh saya menginjil. Sudah ada beberapa SSY yg bertobat dr penginjilan saya.

      Lagi pula buat apa rajin mengabar kalo injil yg Anda beritakan adalah injil palsu yang dikutuk Paulus? Baca artikel di sini utk buktinya.

      Tolong jangan kabur jika punya nyali. Dan tolong jawab pertanyaan-2 saya wkwk

      salam dan hormat AWI sendiri

      Hapus
    4. Bah jawab dulu lah yg diatas wkwk saya gk mau pake artikel jawabnnya wkwk udah basi, pake kata kata bapa sendiri lahh haha pertannyaan saya belum dijawab saya gk mau jawab wkwk monggo di jawab dulu haha takut kebongkar ? Wkwk pake ayat alkitab ya, saya gk terima pikiran manusia wkwk

      Emm oraganisasi bilang begitu ya, saya tanya, ada organisasi diluar sana yg bisa mengorganisasi sebaik ini, tidak ada tipu tipuan haha kg pake bayaran, semua uang yg kita sumbang untuk rekan rekan diluar sana, untuk mencetak majalah, untuk kasih tau orang yg MAU DENGER, kalo yg gk mau ya kami gk maksa wkwk salah info tuh pak haha toh orang yg narik domba itu Allah sendiri bukan kita, kita mah perantara, jalanin model yg yesus kasih, haha SSY juga lewat website haha bisa juga ko kalo ada YANG MAU haha kalo gk mau kaga usah berkoar lah haha

      Bapak hanya tau sedikit aja, karna bapa gk rendah hati, bapa pake cara pandang manusia dan bukan cara pandang Allah. Hanya kaya makan pisang kaga dikunyah, langsung ditelen wkwk mana tau rasanya

      Bapak hanya bisa bilang mimpi ya ? Yg bener ? Apa anda yakin ? Wkwk penjelasanya mana, saya cari penjelasan ! Jangan asal ngomong aja, bayi juga bisa asal ngomong.

      Bapa kasih penjelasan yg gamblang tentang semua yg saya tanya, gk usah pake artikel segala, ngomong sama saya disini, langsung, mana ada yesus kasih kabar baik 'oh iya liat di kitab itu aja ya yg udah saya tulis, saya males ngomong langsung' wkwkwk ada murid yesus yg kaya gitu wkwk belajar untuk meniru mereka pak awi, pake cara mereka dan bukan cara bapak sendiri.
      Saya gk kabur, haha karna ini yg saya percayai.

      Kalo ada kata yg kasar maaf, itu mempertunjukan kalo bapak kaya main main, meragukan keimanan seseorang pula haha ati ati pa awi kalo bicara sesuatu, bukan manusia yg membalas, Allah bilang, "Pembalasan adalah hak Ku !"

      Salam saya sendiri

      Hapus
    5. Bung Salam saya sendiri,

      Deep sighing . . Rupanya Anda ini sangat lamban dalam berpikir dan tidak mengerti tata karma berdiskusi.


      You said:

      Bah jawab dulu lah yg diatas wkwk saya gk mau pake artikel jawabnnya wkwk udah basi, pake kata kata bapa sendiri lahh haha pertannyaan saya belum dijawab saya gk mau jawab wkwk monggo di jawab dulu haha takut kebongkar ? Wkwk pake ayat alkitab ya, saya gk terima pikiran manusia


      My reply:

      Betapa dangkalnya pemikiran Anda ini. Artikel yg saya referensikan adalah buatan saya sendiri. Blog ini bukan seperti publikasi MP yg diulang-ulang utk tujuan cuci otak. Silankan Anda klik artikel itu sebagai jawabannya.

      You said:
      oraganisasi bilang begitu ya, saya tanya, ada organisasi diluar sana yg bisa mengorganisasi sebaik ini, tidak ada tipu tipuan haha kg pake bayaran, semua uang yg kita sumbang untuk rekan rekan diluar sana,


      My reply:

      Ya organisasi menklaim bahwa bergabung dngnya bisa selamat! Jadi tolong jawab pertanyaan saya di mana ayatnya bergabung dng suatu organisasi bisa selamat?? Wkwk

      Semua organisasi kultus diorganisasikan sebaik LMP. Anda saja seperti katak dalam tempurung shg tidak tahu apa-2 Wkwk

      Tidak ada tipu daya? Keliru. Sekali lagi Anda seperti katak dl m tempurung. Silahkan klik di sini utk buktinya. Ini tulisan saya sendiri loh. Wkwk

      Ya, saya setuju bhw semua SSY kerja gak pake bayaran (ada tapi hanya ongkos transport). Anda yakin uang yg Anda sumbangkan utk rekan diluar sana? Bisa Anda buktinya berapa pemasukkan dan pengeluaran organisasi secara keuangan? Tidak, bukan? Yg Anda tahu menyumbang uang Anda utk ini dan itu tetapi gak pernah dikasih tahu berapa pemasukkannya… hanya pengeluaran kalo kurang yang minta SSY nyumbang lagi.

      You said:

      Bapak hanya tau sedikit aja, karna bapa gk rendah hati, bapa pake cara pandang manusia dan bukan cara pandang Allah. Hanya kaya makan pisang kaga dikunyah, langsung ditelen wkwk mana tau rasanya

      My reply:

      Wow wkwk. Kasih tahu dong cara pandang Allah itu bgm? Wkwk. Anda saja gak tahu kalo gak dikasih tahu oleh badan pimpinan. Sedihnya, arahan BP banyak salahnya lagi. Seharusnya Anda lah yg banyak memikirkan akan apa yg saya tulis.

      You said:
      Bapak hanya bisa bilang mimpi ya ? Yg bener ? Apa anda yakin ? Wkwk penjelasanya mana, saya cari penjelasan ! Jangan asal ngomong aja, bayi juga bisa asal ngomong.


      My reply:

      Anda keliru. Bayi gak bisa ngomong! Bayi mana yg bisa ngomong??? Wkwk. Bayi bisa nagis. Wkwk

      Maksud saya Anda mimpi adalah Anda mengira BP itu rekan kerja Anda, bukan bawahan. Nah saya bilang Anda mimpi karena faktanya BP itu bos Anda dan Anda JONGOS NYA. Anda cuma mengikuti apapun yg BP katakan. Baca ulang komentar saya diatas

      You said:

      Bapa kasih penjelasan yg gamblang tentang semua yg saya tanya, gk usah pake artikel segala, ngomong sama saya disini, langsung, mana ada yesus kasih kabar baik 'oh iya liat di kitab itu aja ya yg udah saya tulis, saya males ngomong langsung' wkwkwk ada murid yesus yg kaya gitu wkwk belajar untuk meniru mereka pak awi, pake cara mereka dan bukan cara bapak sendiri.


      My reply:

      Sudah saya katakan, artikel itu tulisan saya. Utk menghemat waktu, silahkan klik artikel itu utk jawabannya.

      Mana ada dijaman Yesus para murid keliling membagi-bagikan majalah? Apa membagi-bagikan majalah Anda meniru Yesus? Kalo mau meniru Yesus, langsung aja pake toa sampaikan kebenaran, bukan kasih majalah.

      Maaf ya dari jawaban-2 Anda kelihatannya kita bukan mitra diskusi yang sepadan. Bisakah Anda mendatangkan penatua atau pengawas wilayah utk mendiskusikan iman Anda? Biar enak diskusinya gitu

      Salam
      Saya AWI sendiri

      Hapus
    6. Wkwkwk....

      'Salam saya sendiri' ini rupanya baru tau dan baru masuk di blog ini, belum banyak yg dia baca artikel Pa AWI dan sama sekali buta tingkah laku badan pimpinan lmp, heran memang Pa AWI sabar meladeni ssy macam gini.

      Bang AS kira2 sanggup tidak meladeni ssy yg 'kuper' macam bgini ya..?

      Salam

      Saya sendiri USA

      Hapus
    7. Selamat malam Bpk Awi dan selamat ‘bertemu’ kembali,

      Bolehkah saya bertanya? Setahu saya pada artikel Yesus 1 Hakekat Dengan Allah Bapa: Mencipta -- http://saksi-saksi-yehuwa.blogspot.com/2012/07/yesus-1-hakekat-dengan-allah-bapa.html -- ada suatu diskusi yang amat sangat menarik antara Sdr TST dengan Bpk Awi sehubungan dg kata Ibrani ‘bara’ [mencipta] dan kata ‘asa’ [membuat] berdasarkan Kejadian 1 : 1, 26, 27. Tapi koq saya cari-cari tidak ketemu, apa sdh tidak ada ya? Apakah Bpk Awi memindahkannya ke tempat lain? Jika iya dan sekiranya tidak berkeberatan, apkh bisa minta tolong diberitahu dipindahkan ke thread manakah?

      Terima kasih sebelumnya. Sampai ‘bertemu’ lagi.

      Hapus
    8. Dear Sdr Maxi-Sam

      Seingat saya, tidak ada satu pun yg diskusi saya dng Sdr TST terhapus atau dipindahkan ke lain lokasi.

      Ada begitu banyak komentar dan saya tidak keep track setiap komentar, jadi maaf jika saya tidak bisa bantu mencarikan.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Hapus
    9. Selamat malam Bpk Awi,

      Terima kasih atas jawabannya. Berhubung saya awam soal IT, bolehkah saya bertanya lagi? Kalau berdasarkan jawaban Bpk, apakah itu berarti kalau suatu rangkaian diskusi pada thread tertentu “terhapus” atau “berpindah ke lain lokasi”, sbg Admin blog Bpk Awi pasti tahu? Kalau tidak keberatan mohon dijawab ya. Soalnya terus terang saya agak penasaran koq saya cari-cari di blognya Bpk khususnya pada thread tsb rangkaian diskusinya sama sekali sudah tidak ada.

      Oh iya, terima kasih juga utk “salam kasih”-nya. Sampai ‘bertemu’ lagi.

      Hapus
    10. Dear Sdr Maxi-Sam

      Ya, saya pasti tahu. Suatu thread tidak bisa terhapus atau pindah ke lain lokasi begitu saja tanpa sepengetahuan admin. Namun demikian, admin mungkin saja secara tidak sengaja menghapus suatu komentar karena kedekatan antara tombol publish dan delete. Menghapus secara tidak sengaja pernah saya lakukan beberapa kali, misalnya komentar Sdr AS.

      Khusus utk diskusi dng TST, secara sadar tidak pernah saya hapus.

      Anda jangan khawatir saya menghapusnya dng sengaja karena hal demikian tidak terbesit sedikitpun dalam pikiran saya karena saya berpikir sedang melayani Allah semesta alam sehingga harus mengdepankan kesucian dan kekudusan Allah yg saya sembah.

      Tentunya hal ini berbeda dng Anda yg melayani dan menyembah kepada sekelompok orang yg mengaku mewakili Allah. Maka utk membela diri perlu menggunakan dusta ataupun penipuan.

      Saya menyebutkan "salam kasih" karena berharap suatu saat Anda bisa melihat kasih Yesus Kristus secara utuh berdasarkan apa yg dinyatakan Alkitab, bukan apa yg direpresentasikan organisasi Saksi Yehuwa, tempat penyembahan berhala modern Anda.

      Salam kasih Kristus

      Hapus
    11. Selamat malam Bpk Awi dan selamat ‘bertemu’ lagi,

      Pertama terima kasih atas jawabannya. Kedua, saya koq menangkap kesan seolah-olah Bpk sedang ‘membela diri’ sambil ‘menyerang balik’. Apakah Bpk memang sedang ‘memancing/memprovokasi’ saya untuk meladeni ‘permainan’ Bpk spt yang pernah Bpk lakukan dulu? Soalnya kalau nanti saya ‘layani’ lagi ‘permainan’ Bpk ntar malah Bpk menjadi emosi sendiri deh.

      Mengapa saya menangkap kesan spt itu? Berikut alasannya :

      1. Bpk Awi tulis : “Khusus utk diskusi dng TST, secara sadar tidak pernah saya hapus. Anda jangan khawatir saya menghapusnya dng sengaja karena hal demikian tidak terbesit sedikitpun dalam pikiran saya karena saya berpikir sedang melayani Allah semesta alam sehingga harus mengdepankan kesucian dan kekudusan Allah yg saya sembah.” –––– Kesan saya Bpk spt sedang ‘membela diri’.

      2. Bpk Awi tulis : “Tentunya hal ini berbeda dng Anda yg melayani dan menyembah kepada sekelompok orang yg mengaku mewakili Allah. Maka utk membela diri perlu menggunakan dusta ataupun penipuan.” –––– Kesan saya Bpk spt sedang ‘menyerang balik’.

      Sebelum saya menanggapi lebih jauh, tolong koreksi jika kesan yang saya ‘tangkap’ itu salah.

      Terima kasih dan sampai ‘ketemu’ lagi.





      Hapus
  47. Re-post komen yg terhapus.

    What will happen? Jika ssy diberi jatah satu slot acara siaran mimbar agama TVRI/RRI?

    Yg akan terjadi adl jualan searah topik2 kepercayaan watchtower, tanpa sesi interaktif. Jika programer mewajibkan sesi interaktif, maka akan didebat pemirsa/pendengar, scr terus2an. Dan penelepon akan memprotes keputusan programer acara tsb.

    Jika ssy membuat stasiun radio sendiri gelombang SW/FM?

    Maka akan amsiong seperti dulu pernah bikin siaran SW. Siaran FM akan garing dan pendengar ganti Channel segera.

    Stasiun radio FM bernafaskan Islami atau Kristiani sudah jamak. Ini membuktikan bahwa ajaran watchtower hanyalah indoktrinasi kultus yg hanya cocok di ruang tertutup.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  48. Pernah dengar istilah Illuminati dan New World Order?

    Ciri2nya menampilkan simbol: piramida, mata Horus, Baphomet.

    Bacalah blog ini dgn seksama, dan simpulkan sendiri.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  49. Barangkali di dunia ini hanya organisasi watchtower yg cukup gila menyebut secara tertulis organisasi PBB/ United Nations sbg Binatang Buas.

    PBB memang tidaklah sempurna.
    Namun sisi baiknya badan2 fungsionalnya sudah bekerja dg baik.
    WHO ada hasilnya
    UNICEF, UNESCO, UNDP, dll bukan tanpa hasil.
    Yg disorot paling2 adl AS dan sekutunya yg berat sebelah menyangkut persoalan Israel-Palestina dan tetangga2nya. Ada atau tidak ada PBB persoalan Israel-Palestina tetap klasik, sama2 tidak bisa tawar menawar.

    Jadi yg kurang memuaskan bagian Security Council, masalah Palestina, tidak dapat dipakai sbg parameter binatang buas.

    Kalau PBB tidak sempurna dilabel binatang buas, maka yg melabel haruslah lebih sempurna dari PBB. Apakah watchtower sempurna?

    UNHCR tidak sempurna sebab masalah pengungsi memang pelik, sebab diantara pengungsi perang ada juga pengungsi ekonomi, dan jujur saja negara maju tidak mau menanggung beban hidup pengungsi itu sangat wajar. Negara Eropa jelas2 jadi negara favorit pengungsi perang, bahkan yg tidak ada perang pun ngiler jadi warga Uni Eropa, atau warga negara maju lainnya. Disinilah kelemahan UNHCR mencari negara yg siap menampung pengungsi, memberi makan, menyediakan rumah, merawat kesehatan pengungsi yg tidak murah.

    Setidaknya sekali dalam hidupnya para saksi sudah mencontek label binatang buas, yg diucapkan saksi dalam dinas dan PAR nya untuk disematkan pada PBB. Sungguh contekan yg ditelan mentah2.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  50. Blog ini sudah pada tahap final (mencapai garis finish) yaitu menyingkap ssy sbg Anti-Kristus.

    Anti thd Kristus dgn disertai bukti tentu tidak dapat menjadi murid Yesus, tak bisa jadi sahabat Yesus, nggak mungkin bisa melayani Bapa, sebab Bapa pasti menolak untuk dilayani grup Anti-Kristus. Sudah sangat jelas yg dilayani adl pucuk pimpinan watchtower.

    Selain dapat gelar Anti-Kristus, dapat juga gelar King of Trouble (suka bagi2 masalah), King of Hoax ( segala risetnya cuma Hoax), King of Waste ( baru sedetik tintanya mengering, majalahnya langsung Kadaluwarsa ), raja Dusta, raja Tega.

    Selain itu para saksi telah diubah karakternya jadi:

    Galau-ers: baca Yesus berdoa pada Bapa nya langsung galau, Yesus bisa lapar, galau juga. Baca apology yg begitu banyak jadi galau juga.

    Ribut-ers, pada masa bulan madu ssy, terdokumentasi betapa gaduh nya.

    Komplain-ers, komplain itu bagus, tapi harus baca jawaban komplain nya, bukan ditinggal pergi setelah komplain, direnungkan jawaban komplainnya, terus minta maaf kalau komplainnya salah alamat. Itu baru yg disebut komplain yg sehat.

    Vakum-ers, sbg akibat dari Meresapnya buku bertukar pikiran yg menyerang semua jenis agama.

    Pesimist, seperti orang yg tidak punya pengharapan, padahal keselamatan begitu dekat, dan dalam jangkauan, cuma mengosongkan balai kerajaan begitu sulitnya. Setelah kosong nanti akan ketemu jalan keluar.

    Yang sudah lepas dari mind control begitu bahagianya. Yang memandangi ikut bahagia, yg cuma mendengar kebebasan turut bersuka cita.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelar tambahan

      King of Crap; rajanya omong kosong/ rajanya ngegombal.

      King of Gambler: judi adl permainan probabilitas. Raja judi adl orang yg meski probabilitasnya sangat kecil namun bisa membalikkan keadaan.
      Coba hitung probabilitas hari kiamat bisa ditentukan? (Baca pelan2 nanti akan ketawa).
      Meskipun probabilitasnya suangat kecil "dadu" nya tetap dimainkan. Meleset nggak masalah, tetap bisa dibalikkan keadaannya seperti sebelum dadu dilempar.
      Contoh lucu lain, Berapa probabilitas Yesus bersedia datang menginspeksi IBSA dan melantik CTR?
      Pihak yg kalah main dadu adl pengikut setianya IBSA dan watchtower. Kalah terus2an streak in a row, meskipun probabilitas pengikut setia jauh lebih besar.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Gelar tambahan: King of Paradox

      Fobia militer, tapi mengadopsi teknis militer. Saksi tidak belajar baris-berbaris, tapi cara berpikirnya dibikin baris-berbaris.
      Mengaku mengimani Kristus, padahal anti-Kristus.
      Mengaku hamba setia, padahal berkhianat.
      Ngaku bermoral tinggi, tapi tidak tercermin pada komentar saksi di blog ini. Dll cari sendiri

      King of Crime: banyak melakukan kejahatan lintas benua, tapi belum ketangkep di dunia nyata, baru di dunia maya sudah terpenjara. Kejahatan kemanusiaan dan perbudakan modern.

      Mengubah karakter saksi menjadi: Nekat-ers
      Padahal kesesatan watchtower sudah dijabarkan secara HD 1080p, masih betah ngadem di balai kerajaan modal nekat.
      Antik-ers: it's about lifestyle yg antik. Berinteraksilah langsung dengan saksi untuk bisa mengerti keantikannya. Kebiasaan antik yg diperoleh dari lembaga balai kerajaan.

      Salam
      AS

      Hapus
  51. Yuk, kita koreksi total.

    Jangan lagi kita mengucapkan nama yg sakral dg sia-sia.
    Maka detik ini kita ganti sebutan saksi dg pengganti yg sangat akurat yaitu
    Saksi-Saksi Watchtower / SSW / Watchtower Witnesses / WW.org

    Tanpa kita sadari kita sudah kalah start. Pencuri start nya adl ssw yg cerdik memilih nama itu shg kita ikut menyebut nama yg sakral dalam lampiasan unek2, dan itu tujuan yg ingin dicapai si pencuri start. Kita sudah terjebak dalam siasat licik si monster wt.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  52. Perikop percakapan Yesus di kayu salib dengan ke dua penjahat, menunjukkan Yesus sbg Allah yg sejati.

    Didalam kelemahannya sbg Kodrat manusia:
    Terpantek paku
    Lemah tak berdaya plus dehidrasi
    Sudah hampir mati

    Dalam kondisi itu keAllahan Yang Mahakuasa justru terpancar, bisa memutihkan dosa penjahat yg di sebelah kananNya. KerahimanNya tersembunyi bagi nabi palsu, namun nampak jelas bagi orang beriman.

    Padahal cara tafsir itu cuma sederhana melangkah satu langkah ke depan, dan tidak dilakukan nabi palsu. Nabi palsu malah memutilasi di bagian "Firdaus" nya.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  53. Kitab Wahyu tidak untuk diajarkan, tapi dibacakan dan didengarkan.

    Tidak bisa diajarkan krn itu isinya penglihatan akhir jaman yg banyak ucapan dan fakta yg dimeteraikan, dan bagian yg dimeteraikan persentasenya tidak dapat diketahui.

    Bukti ilmiah lain adl saat mendapatkan wahyu, rasul Yohanes ada di P. Patmos.
    Pertanyaannya
    Dimanakah kesebelas rasul lain? Berpencar2 sesuai wilayah penugasannya.
    Jadi sudah pasti kesebelas rasul lain tidak mengajarkan kitab wahyu, rasul Yohanes pun tidak mengajarkan wahyu kpd orang2 dgn cara ala watchtower. Jika rasul Yohanes mengajarkan sendiri kitab Wahyu jelas tidak konsisten dan itu sangat tidak mungkin.

    Jadi kitab wahyu itu sangat penting untuk menangkis ajaran sesat yg mengarang tentang akhir jaman:
    Bumi tidak akan kiamat dengan cara air bah jilid2
    Tidak juga karena raja teroris meledakkan semua senjata nuklir
    Bukan karena tertabrak planet yg lepas orbit
    Bukan karena serangan alien seperti di star trek / anime

    Tapi akan selesai sesuai yg ada dalam kitab wahyu. Itulah tujuan dari ditulisnya kitab Wahyu supaya tidak ada spekulasi liar dan umat manusia jadi tenang dan tidak mudah dibodohi orang jahat.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukti kitab wahyu dimeteraikan sebagian

      Meterai di dahi kaum terurap itu sudah dilihat oleh rasul Yohanes, tapi disegel, tidak dibocorkan, apakah bentuk persisnya.
      Kitab kehidupan juga disegel, tidak dirinci tentang apa.

      Jika diberitahukan akan bahaya dimanipulasi nabi2 palsu.

      Nah sekarang ketangkap basah watchtower bisa dengan enteng memilah2 si A terurap, si B bukan terurap. Coba diinterogasi pasti tidak tahu jika ditanya bentuk meterai di dahi pada kitab wahyu. Mustahil ada yg tahu selain Yohanes. Jadi watchtower itu raja dusta kelas Wahid.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Ini contoh yg sering kita dengar di mass media yaitu dunia seolah2 akan kiamat saat kalender suku Indian Maya, dimulai lagi dari titik nol. Meskipun itu hanya dugaan dan unsur jahatnya tidak ada bukti, namun di dunia ini banyak orang jahat, banyak nabi2 palsu, yg patut diwaspadai.

      Salam
      AS

      Hapus
  54. Saya sangat heran kenapa muslim, hindu, budha, dsb tidak pernah ada yang salah sesat atau apalah, saya sudah 4 kali ganti agama tapi kenapa cuma saksi Yehuwa yang dipersoalkan sesat lah itu lah saya tertarik sekali dengan saksi Yehuwa ini ingin bertemu rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam bung Bams Denils.

      Tiap agama tentu ada yg dibelokkan pada level ajaran dan prakteknya. Sbg contoh ada aliran Ahmadiyah yg mengajarkan tidak mengucapkan syahadat. Praktek musrik adl contoh pd level praktek.
      Ajaran sesat tiap agama selalu akan lenyap tidak mampu bertahan dalam jangka waktu lama.
      Kalau kita tanyakan pada sejarawan asli India tentu kita bisa tau lengkap ajaran2 palsu Hindu yg pernah ada. Kita tidak terlalu ambil pusing pada hal itu krn diluar interest (tidak tertarik). Hanya sekedar flash back pelajaran sejarah kerajaan Hindu dulu waktu sekolah ada aliran Mahayana dan aliran Hinayana yg mencerminkan dualisme. Satu aliran memandang keliru aliran yg lain.
      Aliran sesat agama Budha lebih elok ditanyakan pada sejarawan asli Tiongkok.
      Hanya watchtower saja yg ditonjolkan memang benar sebab dari judul blog nya mengarah kesana.

      Sungguh ketertarikan yg aneh, artinya belum memahami artikel anti Kristus dan data2 nya. Itu sama artinya tertarik mengamati dari dekat mulut buaya yg menganga lebar, tau2 malah ke gigit kamunya

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Lucu komen anda....Saya malah merespek saudara Bams D......dan saya lihat diskusi di sini kalian2 bahkan si Admin kalah telak dan hanya memaksakan diri mempertahankan kebodohan kalian,,,saya salut sama Saudara Maxi yg memberi argumentasi dengan bukti2 yg sangat rasional dari pada kalian...bhkan kalian mungkin menulis dengan benar aja belum tentu bisa apalagi memahami suatu keseluruhan konsep....Alkitab di teliti baik2 akan terbukti semua susunan kristen adalah sampah!....Kenapa muslim yg mengkritik Alkitab seperti Dr Zakir Naik dan lain2 bahkan di masjid2 memperdngarkan bhwa kristen salah memahami kitab mereka tp kok kalian diam saja terutama mas Awi....kok dimana mana orang menyerang SSY bukankah ini suatu petunjuk?saya tidak pernah lihat Dunia sampah ini menyerang SSY sedemikian hebat dari pada agama2 sesat manapun!....itu artinya SUATU TANDA!...........jika kalian bisa menemukan suatu agama yg benar tolong sampaikan karna menyembah ALLAH yg benar itu mutlak bagiku dan sekalipun tidak ada imbalan dariNYA!.............kalian semua cuman manusia2 yg iri hati dan sudah tau waktunya sudah dekat mati dan ketakutan dalam jiwakalian!..saya katakan begitu karna saya tidak takut akan kesudahan sistem bejat ini!......biarlah semuanya berlalu dan orang2 yg tidak punya kedengkian n iri hati mewarisi Bumi ini daripa manusia2 sampah yg setiap malam merencanakan dosan apa yg akan dilakukan dan fitnah apa yg akan di sampaikan di blog ini!

      Hapus
    3. Setelah bnyk membaca artikel dan komen2 di dalam blog ini, ternyata kita jadi tahu jelas bahwa yang namanya saksi yehuwa itu adalah sekumpulan orang2 yg tertipu dan terpedaya akan suatu organisation yg di kelola oleh lembaga menara pengawas yang MENGAKU ( membual ) bahwa lembaga ini pernah dipilih oleh YESUS pada tahun 1914 sebagai satu2nya organisation Allah di dunia ini.

      Kalau di pikir2 bgmna bisa orang dengan mudah TERTIPU dan TERPEDAYA pada zaman information yg terbuka spt sekarang ini ya..? Ternyata kunci nya adalah pada internalisasi yg intens serta pemisahan diri hanya pd komunitas mereka saja sehingga bisa di katakan terputus dngn pergaulan luar disertai doktrin2 yg menyebabkan alam bawqh sadarnya terkendali oleh aturan2 Baku organisation (mind control) sehingga secara tidak disadari mereka ssy bagaikan robot2 yg sudah diberi chip dengan program yg sudah dibuat oleh bp lmp.

      Cuma masalahnya bisa kah orang2 ini yg selama ini sudah terkungkung dalam komunitas organisation ini tersadarkan dan bisa menerima bahwa organisation yg mereka ikuti itu sebenarnya hanya MEMBUAL bahwa di pilih oleh YESuS pada tahun 1914 itu, karena di dalam 'chip' mereka telah tertanam bahwa Tuhannya mereka telah memakai organisation ini sbg saluran komunikasi nya..,.meragukan pengajaran lembaga pembual ini sama spt meragukan nasehat Tuhannya..? Saya rasa akan sangat sulit, sesulit merubah kebiasaan kita yg biasa makan nasi dirubah utk terbiasa makan sagu kkarena bgmnapun jg mereka sudah nyaman di bohongi terus menerus spt skrg ini.......bahkan dengan sukanrela bergiat mencari korban2 baru secara door to door tanpa bayaran bahkan memyumbang kepada lembaga ini.

      Tulisan dalam blog ini sangat berguna bagi orang2 Kristen yg blm TERPEDAYA oleh lembaga menara pengawas ataupun bagi calon2 korban2 korban2 yg sedang masih PAR, tapi bagi ssy yg terbaptis yg sudah terpasang 'chip' (mind control) akan sangat sulit menerima fakta kenyataan bahwa organisation lmp ini cuma pembual......dan merekaakan malah mencari pembenaran2 dan rasionalisasi dr pd menyadari kenyataan yg bagi mrk sangat pahit

      Salam

      USA

      Hapus
  55. Feeling sorry for the activists of this blog. Srsly dude go find another hobby, you just wasted half of your life. Ga ada guna ngebash agama lain, setiap orang yg beragama pasti merasa agamanya itu selalu paling benar, therefore leads to a neverending argument. So please just stahp these convos that i can't even �� have a good life ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. This guys don't know anything.

      Kegiatan mengarsipkan kesesatan watchtower adl untuk kepentingan anak cucu generasi mendatang. Jadi rasa capek dan makan waktu dan pikiran terbayar lunas, tidak ada kepikiran rugi sama sekali ngurusin saksi.

      Sudah tampak hasilnya: dinas berdua2 dg membawa contekan buku bertukar pikiran dan apa yg Alkitab (tidak) ajarkan,...TAMAT.
      Sudah berton-ton majalah watchtower dan sedarlah berubah wujud jadi sampah.

      Seiring tersingkapnya watchtower sbg anti-Kristus, Wikipedia (artikel watchtower) dan sejenisnya akan ditulis ulang.

      Ada ayatnya jika kita tahu tapi tidak mengingatkan saksi, maka kita akan disalahkan. Nggak pake ayat pun kita tetap salah jika tidak berbuat apa2.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Setuju bgt deh sama AS, ga ada yang percuma menulis di blog ini maupun berkomentar, semakin banyak orang yang tahu bahwa saksi yehuwa sekarang ini bahwa mereka bukan kumpulan orang beragama tapi cuma korban penipuan organisasi kultus lembaga menara pelihat

      Saya yakin yang bilang sia2 itu cuma orang sakit hati salah satu korban organisasi kultus ini, ksihan orang ini, ga mau belajar, bertahan pada kebodohan mjd budak2 LMP

      salam

      USA

      Hapus
    3. Selamat Pagi

      Saya memperhatikan bahwa setiap komentar peminat/pelajar PAR lmp PASTI selalu mengatakan saya bukan SSY terlebih dahulu, baru menuliskan komentarnya, jadi seolah-olah ingin berkamuflase bhw mereka termasuk susunan Kristen yg membela SSY, tp tahapan berikutnya dengan 'norak' nya dan 'kuper' nya mengeluarkan jurus2 PAR nya yg sbnrnya dalam blog ini sudah sangat usang utk dibahaa lagi.....peminat2 ssy ini kira kl mrk bilang bukan ssy k8ta paati beranggapan mrk susunan Kristen padahal kita udah tahu peminat itu bukan ssy, cm yg sudah terbaptis yg ssy.

      Himbauan bagi peminat aay yg masih sedang belajar PAR, sebaiknya tidak usah berkomentar dulu, baca baik2 artikel yg ditulis disini lalu ajak diskusi ssy pembimbing PAR kalian ttg pertanyaan2 yg harus ssy jawab yg ada dalam blog ini, misal spt benarkah Yesus prnh memilih LMP sbg saluran komunikasi Allah pada tahun 1918, dimana ayat Alkitabnya dan bgmna mekanismenya...? Dan lain2 pertanyaan dlm blog ini yg lainnya mis spt, benarkah organisasi LMP yg KATANYA dipilih Yesus langsung itu memakai penipuan2 utk menguatkan ajaran2 nya..? Tanyakan itu pada ssy pembimbing PAR klian ya.....

      Ga usah sering2 bersembunyi dngn mengatakan saya bukan ssy, dsini smua jg udah tau klian bukan ssy tp peminat yg sedang PAR yg masih gampang di 'kadal'in oleh ssy2 yg sedang ngejar target jam dinas.....

      Salam

      USA

      Hapus
  56. Kalau kita punya utang di warung, sampai numpuk, berminggu-Minggu belum bayar krn penghasilan nggak cukup. Maka tiap ketemu pemilik warung, seakan-akan mata kita tidak berani menatap matanya (takut ditagih utang).

    Sama halnya para saksi yg pernah dinas dengan contekan buku bertukar pikiran dan apa yg Alkitab (tidak) ajarkan, akan takut menatap mata orang yg dulu pernah dikunjunginya. Hal ini tak mungkin terjadi jika yg diajarkan/ diwartakan adl Kristus.

    Tapi sangat mungkin terjadi sebab yg dikabarkan adl berita organisasi.

    Manusia yg bermartabat tinggi, telah turun derajat jadi "Kepompong", sebab minder setelah semua kebongkar salah total semua berita organisasinya. Kepompong itu lemah dan tidak berdaya. Orang yg lemah dan tidak berdaya dihisap organisasi hingga kering, dan ditinggal pergi, setelah tidak lagi dibutuhkan.

    Beda jauh bukan, Kristus merangkul kaum lemah dalam masyarakat, kaum pendosa yg ingin bertobat, orang yg tersisihkan.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat seorang saksi memutuskan ikut berdinas berdua2, tentu memilih rute yg sudah dikenalnya: tetangganya, teman kantornya, sanak familinya, sahabatnya, rumah yg dekat dari rumahnya atau dekat balai kerajaan.

      Ketika semua telah kebongkar total, tentu dia telah menjadi kepompong dalam familinya, dalam kantor kerjanya, dalam pergaulannya, dalam RT/RW nya. Dan balai kerajaan berubah menjadi sarang kepompong. Sama saja sisa hidupnya nelangsa dikepung perasaan tengsin terlalu berani mengajarkan tiang siksa, dll. Hidupnya terbebani terus, tidak mengherankan jika banyak yg terganggu psikisnya.

      Kepompong tidak bisa lari kemana2, terbatas gerakannya (bisanya cuma megal-megol kalau dikitik-itik), dan kepompong itu terbungkus cairan liurnya sendiri (yg jadi serat halus). Mirip bukan: saksi sudah kemakan ajaran yg diucapkannya sendiri.

      Dan terjadi metamorfosis terbalik. Di agamanya yg lama, seorang saksi ibarat kupu2 yg cantik, setelah kejeblos ssw, jadi kepompong. Kalau bertobat dan tidak vakum, bisa kembali jadi kupu2. Jika tidak ya tetap jadi kepompong abadi.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Berita organisasi dari jamannya mantan penatua David di Inggris saat muda (dari th 1950an):

      Dunia yg semakin hancur akibat perang, wabah penyakit, salah pengajaran, namun itu semua ada solusinya pada sekelompok kecil orang yg tekun meneliti kebenaran dari Alkitab.

      Berita organisasi klasik inilah yg diulang-ulang, hingga tidak laku lagi dijual.

      Hingga detik ini dunia relatif damai, solusinya dari mediasi PBB bukan juru runding WT
      Vaksin ebola sudah ada titik terang, SARS sudah mereda, protap WHO manjur, MERS di Korea sudah berhasil diatasi. Polio ada vaksinnya, kusta sudah tidak ditakuti dg asupan gizi yg baik. Dll semua solusinya bukan dari WT.

      Pendek kata berita organisasi cuma gombal, yg ditelan mentah2. Telat makan, dikasi makan gombal mau aja, saking laparnya.

      Salam
      AS

      Hapus
  57. Waktu yang seratus tahun dipakai Watchtower 1914, untuk mengabar berita organisasi ( bukan mewartakan Kristus )

    Ini isi beritanya yg dikabarkan pada setiap bayi yg lahir anytime, anywhere:
    Kami adl organisasi yg diinspeksi langsung
    Kami tidak merayakan INI......, INI......., dan ITU.......
    Kami dipimpin langsung oleh.......
    Kami memiliki aturan tidak boleh INI......,INI.....,INI........,INI.....,dan ITU.......
    Kami menentang Wajib militer, transfusi darah, Ikut pemilu, X, Y dan Z.
    Kami percaya INI....,INI....., INI....., dan ITU.....
    Dst.....
    Dst.....

    Seperti itulah berita organisasi harus terus menerus digemakan/ diterangkan kepada semua orang, yg ujung2nya merebut porsi mewartakan Kristus secara signifikan. Dan untuk kasus watchtower, sangat parah, Kristus malah sama sekali tidak diwartakan dg benar, cuma dijadikan kedok/ stempel.

    That's why nabi palsu harus mati.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pentakhtaan th 1914, termasuk kategori berita organisasi.

      Jika berita organisasi ini Dianulir terang baru. Maka korban manusia2 polos berjatuhan, karena mereka sudah almarhum, matinya dalam periode terang lama dan garansinya expired. Saksi yg masih hidup jungkir balik menerapkan berita organisasi terbaru. Mau nggak mau menelan ludah sendiri, dulu dulu hapal dan mengajarkan ramal-ramalan th 1914 secara mistik.

      Salam
      AS

      Hapus
  58. Berhimpun tidak sama dengan beribadah.

    Berhimpun itu terminologi yg artinya menceburkan diri ke dalam suatu himpunan yg universal (non spesifik), Dari istilah Gathering. Titik beratnya pada aktivitas fisik dari keadaan terpencar-pencar menjadi satu wadah , tidak lebih tidak kurang.

    Beribadah itu terminologi yg spesifik melakukan ritus yg mempersembahkan hidup kita kepada Tuhan. Titik beratnya bukan pada berkumpulnya tetapi pada membawa persembahan kepada yg disembah.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari data yg ada tidak salah jika ada yg bilang acara perhimpunan hanya sandiwara doang, lebih dari itu acara perhimpunan termasuk kategori internalisasi secara verbal dan visual. Secara visual lambang roti dan anggur yg dioper2 kanan, belakang, balik lagi ke depan akan menancap di otak semua ajaran yg diinternalisasi. Acara kebaktian distrik dimana saksi berbondong2 scr masif akan menancap di otak bahwa ini organisasi yang solid (secara visual doang, padahal rapuh seperti telur di ujung tanduk).

      Ini sebuah pelajaran mahal dimana orang diluar saksi jadi ikut direpotkan oleh ulah organisasi kultus. Oleh sebab itu ada beberapa tips agar tidak salah pilih.
      Mengikuti Kristus harus melalui proses memanggul salib Yesus, tidak bisa ujug2 armagedon (kelewat progresif yg tidak lucu/ aliran kiamat). Dengan demikian proses Natal harus dirayakan (tidak boleh dilewati), proses sengsara Yesus harus kita resapi, sehingga tahu salib Yesus benar2 berat (cawan yg harus diminum). Proses wafatnya Kristus di kayu salib serta kebangkitannya harus menjadi puncak iman kita, dst,dst,.....

      Pendek kata SSW itu extra Short Cut langsung armagedon what next, 144000 orang memerintah, what next: bingung sendir what next nya apa?
      Yang model begini akibatnya akan ngawur dan salah ajar.
      Contoh aliran kiamat lain itu David Koresh, Lia eden, ajaran Rapture. Its very dangerous poisonous.
      Tips lain sudah disebutkan yaitu apakah pengajarannya jenis internalisasi, dan tips kompatibilitas.

      Salam
      AS

      Hapus
  59. Dikenali masyarakat sbg saksi adl DISVANTAGE.

    Terlanjur kolom agama KTP diisi SSY, kalau ke kelurahan emang bisa gratis? Mengganti kolom tsb
    Terlanjur masuk Rapot SD dan SMP, itu musibah harus bolak balik ke almamater, mana udah gede lagi, ketemu gurunya juga malu.
    Dikenali bosnya di perusahaan sbg saksi juga menghambat karir, jika bosnya dan rekan kantor sudah baca blog ini. Bos akan meragukan daya nalar orang tsb.
    Terlanjur tidak melanjutkan SMA, terus sadar dan daftar masuk lagi juga keluar duit yg tidak sedikit plus malu umurnya paling tua dari teman2nya, bisa2 umur 20 baru kelas 2SMA, kan malu banget.
    Berbisnis sendiri juga paling bisnis yg antar sesama saksi market nya. Dan bahkan ada yg bisnisnya terbengkalai, karena giat dinas.

    Tentu ada juga saksi yg tetap sukses namun rata2 mengalami kemunduran daripada kemajuan, sudah jelas makanannya majalah jadul, gimana bisa maju. Contoh nya Sdr Ina yg dulu sudah mantap berorganisasi, menjadi serba galau dan sudah kalah langkah dari rekan2nya.
    Contoh lain korbanimangila yg ekonominya terpuruk krn nafkah keluarga jadi tersedot kegiatan dinas, contoh lain mantan penatua David yg terpuruk walaupun non aktif tapi tidak juga cabut total. Hidupnya tidak maju-maju sebab masih dipenuhi TDB, masih di lingkungan para saksi.

    Nah kawula muda ssw Nggak pengen kan bernasib apes?

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disvantage yg permanen dan menyakitkan akan terlihat jelas saat saksi menggambar pohon keluarga, nanti akan nampak jelas noda hitam.

      Kita ambil contoh pohon keluarga dari Sdr Maxi-sam. Kalau digambar 10 generasi leluhur Sdr Maxi ke atas, dan 10 generasi anak cucunya ke bawah, maka Maxi-sam akan mengukir sejarah sebagai manusia Fasik (yaitu manusia yg percaya dan mendistribusikan Dusta segede godzilla)

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Pacaran dengan saksi, ujung2nya ribut dan putus.

      Kawin dengan saksi, ujung2nya setor anak ke neraka.

      Persahabatan aja bisa putus setelah join cult, itu saksi kehabisan stok sohib. Putusnya persahabatan gara2 ditarget jadi prospek (tapi gagal).

      Disvantage-Full.

      Salam
      AS

      Hapus
  60. Setiap publikasi terbit, selalu ada tercetak Printed in Japan.

    Itu artinya ongkos produksi lebih mahal. Penerbit lokal bisa mencetak yg sama dg ongkos yg lebih murah, itu artinya berpesta pora di bidang publikasi.

    Itu artinya majalahnya naik kargo udara yg lebih mahal, jelas tidak bisa kargo laut yg lebih murah, krn kargo laut lama nyampenya. Organisasi lagi2 berpesta pora, bukankah bisa dicetak orang lokal.

    Dan satu keluarga bisa dapat publikasi masing2 satu. Itu bukan gratis tapi BELI. Kalau gratis, kantor pusat pasti bangkrut. Itung2an bisnis itu simple. Yang berduit mensubsidi harga bagi yg tidak mampu, tapi judulnya tetap BELI, dibeliin sodara seiman. Judulnya pesta pora krn tidak bisa menghemat pengeluaran yg bisa dihemat.

    Biaya tinta bisa dihemat, kertas bisa dikorbankan kualitasnya, ongkos kirim bisa dipangkas, kuantitas bisa dikecilin, tapi semua tidak dilakukan (itulah pesta pora). Bahkan ide difotocopy biar murah meriah pun dilarang.

    Setelah dicetak banyak2, dicetak luks, cuma parkir di lemari dobel2, dikasi ke orang2 ditolak. Barang yg tidak bermanfaat jangan BELI. Dibeli malah harus sedia Tip-ex untuk mencoret terang lama.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Majalah kultus impor layak kena PPN 10%. Karena tidak ada harga yg dipasang, ngitung 10% nya susah, berarti nggak setor. Kalau setor berapa yg musti disetor, ya kan?. Kalau ketahuan berarti kurang bayar pajak akumulatif. Ada copyright tapi cara dagangnya tertutup misteri.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Kurang bayar PPN 10% akumulatif, kena denda dan bunga pula.

      Pemasukan watchtower harusnya kena pajak korporasi, kalau ditelusuri pasti ketemu kurang bayar pajak akumulatif seratus tahun.

      Orang bijak taat pajak

      Salam
      AS

      Hapus
  61. Dalam PAR pasti sudah diajarkan bahwa kesaksian dua orang sudah cukup untuk memutus suatu perkara.

    Tapi hal itu tidak berlaku jika dua saksi itu tidak sesuai dg ajaran yg sudah diinternalisasikan. Ini sebuah contoh cara kerja mind control, sebuah tombol dalam otak teraktifkan untuk menolak berapapun alat bukti maupun saksi. Jika tombol ini tidak ditanam, maka dia akan cepat sadar.

    Jadi tombol itu adl kata yg sering terdengar di telinga saksi yg berulang2 ditanamkan yaitu berita organisasi, corporate culture organisasi, kedisiplinan, identitas kelompok, dll dengan solder fobia2.

    Jika brainwash menguras isi otak kemudian memasukkan isi yg baru, maka mind control cukup menanam tombol otomatis, tidak perlu menguras terlebih dulu. Kurang lebih nya seperti remote TV, kalau sudah dipasangi penerima sinyal, maka tinggal pegang remote nya, maka akan nurut. Ini cara yg keji, bisa kena pengadilan tinggi HAM di Den Haag. Pantesan populasi SSW naik secara konsisten penyebabnya mind control.

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mind control bisa dilawan dengan membuka jendela hati. Otak itu sempit sedangkan hati itu luas. Hati bukan hepar tapi Qalbu / Kalbu. Kalbu itu denyut jantung dan tarikan nafas yg panjang dan teratur, perasaan di hati dilebur dengan otak, kesatuan jiwa dan raga dapat mengalahkan mind control.

      Salam
      AS

      Hapus
    2. Cara yang dipakai David adl jurus lari menjauh dari balai kerajaan
      Caranya Tracey dengan mengajak ribut jajaran hirarki.

      Dua2nya berhasil, yang lain nya tidak pernah mencoba, tidak berani mencoba, dari awal sudah takut adu ayat jika ingin keluar. Dua orang diatas keluar tidak pakai ayat, tapi pakai hati.
      Kata hati: sudah tidak benar isi organisasi. Manusia tidak diperlakukan dengan semestinya yg punya akal budi, kehendak bebas, dan hati nurani.

      Salam
      AS

      Hapus
    3. Para saksi yg berkelana di dunia internet mendapati fakta di berbagai forum BP LMP bisa salah.
      Taa....pi, kalau sudah duduk di kursi balai kerajaan JW.org, pandangannya berubah BP LMP tidak pernah salah, jarang salah, tidak mungkin salah, pasti bersumber Illahi, dll

      Itulah Mind Control, bahkan orang yg sudah tahap dikucilkan masih mendatangi balai kerajaan tanpa tujuan tertentu (karena homeless).

      Kan sudah dikasi tahu cara melawan mind control, kalau tidak mudeng kalbu, ya diganti Batin, membuka mata batin, membuka jendela batin, kalau tidak mudeng batin, ya nurani, masih tidak mudeng lagi, pakai jurus kaki seribu, jurus bolos, madol. Yang penting dipotong dulu kebiasaan rutinitas bahas publikasi, sbg bentuk hukuman pada nabi palsu. Sesudah nyaman bolos baru baca ulang blog ini dengan mulai dari titik nol.

      Salam
      AS

      Hapus
    4. Pak, rasanya dalam sekali menggunakan kiasan pemakai/pengguna narkoba atau pengedar dan yah itu benar adanya, saya melihat sendiri perubahan teman baik yang saya kenal selama 5 tahun ini, 1 tahun belakangan semakin parah kondisi kecanduannya dan semakin tidak sehat psikologisnya. Teman saya tsb tdk mau ditolong, sulit sekali untuk membuka mata hatinya untuk jujur. Padahal dahulu dia selalu mengeluhkan betapa lelahnya dia harus "mengabar", betapa capeknya dia mengikuti perhimpunan, betapa dia merasa tidak adanya lagi kekeluargaan di organisasi, betapa dia merasa bahwa ini mirip MLM..

      Sekarang ini, saya hanya bisa mengamati kondisi dia, sembari meyakinkan dia bahwa saya akan selalu ada ketika nanti dia ingin bercerita, saya yakin dan percaya, jika orangnya sendiri belum merasa dirinya terganggu secara mental dan psikologis, hanya Tuhan-lah yang mampu membuka, mengetuk dan merubah hidup dia kelak, saya sudah berusaha menabur dan memberitahu kenyataan (yang walaupun menyakitkan baginya, dia sampai menangis karena merasa bahwa dirinya dipojokkan) saya berharap suatu saat nanti ada penuai yang menuai apa yang sudah saya usahakan tabur pada teman saya tersebut :)

      -STO-

      Hapus
    5. Dear Sdr. STO

      Anda berkata:

      saya sudah berusaha menabur dan memberitahu kenyataan (yang walaupun menyakitkan baginya, dia sampai menangis karena merasa bahwa dirinya dipojokkan) saya berharap suatu saat nanti ada penuai yang menuai apa yang sudah saya usahakan tabur pada teman saya tersebut


      My reply:

      Amin.

      Ya terus dampingi dirinya dalam menjalani hari-hari sulitnya.

      Dalam organisasi SSY tidak ada kasih yg sejati. Yg ada kasih bersyarat. Selama seorang SSY patuh dan melakukan kewajibannya maka ia akan berada dalam posisi aman dan mendapatkan limpahan bom kasih dan pujian antar sesama SSY

      Tetapi ketika SSY memperlihatkan sikap membangkang maka ia akan dikucilkan dan akhirnya dipecat. Saat itu, kasih yg diperlihatkan sirna dibawa angin. Semua sesama SSY yg dulunya bagaikan saudara tiba-tiba menjauhinya dan hilang karena menganggap sang pembangkang adalah berpenyakit kusta.

      Saya percaya teman Anda itu akan mengalaminya suatu saat. Saat itu dia membutuhkan seseorang utk menunjukkan jalan yg benar yaitu Kristus.

      Anda berkata:

      Padahal dahulu dia selalu mengeluhkan betapa lelahnya dia harus "mengabar", betapa capeknya dia mengikuti perhimpunan, betapa dia merasa tidak adanya lagi kekeluargaan di organisasi, betapa dia merasa bahwa ini mirip MLM..


      My reply:

      Grup kultus mengambil berbagai bentuk. Bisa dalam bentuk bisnis, politik dan keagamaan. Yg paling umum utk diidentifikasi adalah keagamaan. Jika dalam bentuk bisnis maka biasanya berbentuk MLM. Bisnis MLM adalah bentuk kultus yg paling dasar. Oleh karena itu, bisnis Amway dan berbagai formula bentuk MLM dilarang di Singapore.

      Misalnya, bentuk training motivational MLM dng perhimpunan SSY adalah mirip. Contohnya ketika Anda keluar dari training motivational MLM Anda merasa euforia. Anda diperlengkapi begitu banyak tools menjual dan teknik2 presentasi sehingga merasa bisa melakukan banyak hal. Begitu juga dalam perhimpunan SSY. Khususnya dalam perhimpunan dinas. Perhatikan buku SSY misalnya "Bertukar Pikiran" merupakan tools utk merekrut, menjawab setiap keberatan prospek dll.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Hapus
    6. Ya, saya baru mengalaminya. Ketika dia tidak sempat memenuhi permintaan organisasi, dia menyalahkan saya. Dan ya, rasanya saat ini dia menginginkan limpahan bom kasih dan pujian antar sesama SSY makanya saya harus berjuang untuk tetap sehat secara psikologis agar tidak terpancing emosinya ketika ia memasuki waham dan delusi (keyakinan yang salah) seperti saat ini.

      -STO-

      Hapus
  62. Lord (lord dengan huruf l kecil) adl gelar di daerah Britania raya, bukan di Yahudi. Yaitu orang sipil yg berkontribusi besar pada kerajaan Inggris, diangkat setara dengan kaum bangsawan. Pendiri gerakan Pramuka yaitu lord Baden Powell adl contohnya. Silahkan diriset sendiri apakah di jaman Yesus, nun jauh disono(dataran Inggris) rakyat biasa bisa naik kelas jadi bangsawan tanpa pernikahan? Dan unsur keturunan langsung? Di tahun 1 SM?

    Jelas gelar itu gelar modern dimana olahragawan sukses, aktor sukses, ilmuwan sukses, dll diberi gelar tsb. Gelar yg lain "Sir", contohnya Sir Alex Ferguson, Sir Elton John juga gelar modern.

    Gelar "tuan" jelas sia-sia, kalau versi Inggris ada kata "Sir", nah itu baru ada kemungkinan diterjemahkan "tuan". Kalau tidak sreg dengan "Tuhan", kan ada pilihan kedua "Guru" masih lebih mendingan daripada "tuan".

    Salam
    AS

    BalasHapus
  63. Apakah kalau bukan Trinitarian, sudah pasti Unitarian?

    Tunggu dulu,.....Unitarian itu kalau melakukan salah / dosa / khilaf / tidak sengaja keliru: wajib diperdamaikan mutlak dengan puasa dan menyembelih hewan korban bakaran. That's it
    Unitarian wajib sunat
    Unitarian tidak bisa pakai Mat, Mrk, Luk, Yoh, Kis, Rom, Kor, Gal, Ef, Flp, Kol, Tes, dll (sebab mengandung konsep Tritunggal)

    Jadi pernahkah saksi berpuasa dan menyediakan korban bakaran? Nihil

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari gini (abad ke 21), masih ngaku unitarian,.....nggak salah tuh?
      Menjadi (samaran) Unitarian sama saja mundur 20 abad, bergabung sama orang2 Yahudi yg kecewa dengan Yesus, kemudian menolak, dan malah berteriak tiang siksakan Yesus !

      Ya, mundur ke belakang di jaman itu Yesus diekspektasikan jadi raja yang akan membebaskan bangsa Yahudi dari penjajahan bangsa Romawi. Sebuah ekspektasi yang cepat berubah dalam tempo singkat. Nah..... Injil adl kabar baik, supaya kita melihat Yesus dengan benar yaitu sungguh Allah sungguh manusia, Allah yg begitu dekat dengan manusia, Allah yg MahaPemurah sehingga menyertai manusia hingga akhir jaman melalui Roh Kudus.

      Kalau bacaannya TDB plus publikasi nggak akan sampai pada pemikiran diatas (sebab dari sononya emang disengaja dibikin BEDA).

      Salam
      AS

      Hapus
  64. Kejahatan mulut ....terjadi setiap saat di dalam organisasi, dalam istilahnya Sdr truthseeker saling SONTOH, kesaksian yg teramat jujur, dalam dinas pun terjadi kejahatan fitnah, dan etika bertamu yg tidak pantas mensetankan tuan rumah, baru kenal kok bagian ujung mensetan setankan.

    Kalau sudah kebongkar, para saksi sudah lupa / amnesia total / tidak ingat, sudah sering melakukan kejahatan mulut.
    Hayo...ngaku.... Lupa kannn?

    Salam
    AS

    BalasHapus
  65. Frase "saudara seiman" adl tombol mind control untuk mengaktifkan kekompakan, solidaritas, identitas kelompok. Bisa dibuktikan dari aplikasinya yaitu di momen2 yg tidak urgent frase itu sering dipakai. Padahal sudah paham kalau yang sedang bicara sesama saksi tentu sudah pasti tidak urgent, setiap kali bertemu dalam perhimpunan itu sudah pasti hapal nama, wajah, rumah, dll seharusnya sudah Clear si A saksi, si B susunan Kristen, namun demikian frase saudara seiman bertaburan mewarnai percakapan antar saksi. Diantara saksi saling menginternalisasi identitas kelompok tidak dapat disembunyikan, dan malah dianggap bagus oleh penatua, tugasnya jadi ringan (seolah olah jadi ringan).

    Salam
    AS

    BalasHapus
  66. Dosa rohani nabi CTR diwariskan pada saksi generasi sekarang
    Dosa dan dusta IBSA juga, Dosa rohani nabi JFR diturunkan kpd saksi meskipun saksi tidak tahu menahu hal ihwal sepak terjang sang nabi palsu. Dosa rohani nabi palsu generasi ketiga NHK nemplok pada diri saksi karena tidak juga bertobat malah makin menjadi-jadi dengan TDB, demikian juga dosa nabi palsu keempat FF, hingga akhirnya saksi menanggung dosa grup kecil nabi palsu (bp lmp) yg kehabisan ajaran.

    Itu sebabnya hidup saksi terasa berat, tidak cuma mewarisi dosa tapi juga mewarisi hutang yang beraneka ragam.
    Hutang bayar PPN setiap eksemplar publikasi yg nongkrong di lemari buku
    Hutang mencuci nama organisasi
    Hutang mengirim setetes air pada saksi yg sudah almarhum
    Hutang men spidol dan men tipex terang lama
    Hutang ortu mengeluarkan anaknya dari organisasi
    Hutang anak mengeluarkan ortunya dari organisasi
    Hutang dana talangan kompensasi penyelesaian tuntutan hukum diluar pengadilan atas pelecehan seks
    Hutang atas hilangnya waktu yg berkualitas untuk keluarga yg tersedot pada kegiatan organisasi

    Nah itu bahayanya nabi palsu

    Salam
    AS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Sdr AS dan selamat bertemu lagi. Terima kasih untuk tanggapan Sdr. Berikut ini tanggapan saya.

      1. A. Sdr AS tulis : “Sdr Maxi jelas mengabaikan perumpamaan lalang dan gandum, dan setan yg memang dilepas untuk menyesatkan terakhir kalinya. Pertumbuhan anggota SSW memang dibiarkan hingga buah2nya tampak shg dapat dipisahkan sbg lalang. Buah2 SSW sudah teridentifikasi mencetak manusia durhaka, mencetak manusia fasik yaitu manusia yg percaya dusta serta menyembah organisasi, mencetak manusia Degil, mencetak manusia hipotetis (kalau mereka dua saksi sah, kalau kita lebih dari dua pun ditolak), dll. Nah setelah dapat dipisahkan, sekarang saatnya lah dideklarasikan sbg antiKristus, dengan label ini sudah effektif dan efisien, proses bubar akan otomatis berjalan. 1. Peminat akan kabur. 2. Bangku balai kerajaan akan kosong menurut deret ukur. 3. Dengan sendirinya akan ludes”

      SAYA JAWAB : Pertama, Kalau menurut Sdr AS SSY adalah ‘lalang’ karena ‘buah-buah’-nya berupa ‘manusia durhaka, … manusia fasik … manusia Degil, … manusia hipotetis’, silakan saja, itu hak mutlaknya Sdr. Hanya saja, saya senang menyarankan Sdr utk cobalah membaca sejarah dan ‘melihat’ buah-buah apa saja yang dihasilkan oleh Katholik. Sbg contoh, bgm peranan gereja dan para pemimpinnya pada masa ‘perang salib’ dan ‘inkwisisi’ termasuk silih bergantinya para Paus melalui cara-cara yg sangat tidak bersifat Kristen. Juga bgm peranan serta dukungan mereka kepada masing-masing pihak yang bertikai selama PD I dan PD II serta konflik/perang antara Katholik dan Protestan di Irlandia Utara. Termasuk juga bagaimana Gereja Katholik di anggap gagal mencegah terjadinya Genosida di Rwanda pd thn 1994. Juga kasus-kasus penganiayaan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh para pastornya. Belum lagi banyaknya ‘buah’ berupa ajaran, yg meminjam istilahnya Bpk Awi, tidak berdasarkan ‘Sola Scriptura’ tapi didasarkan atas “Alkitab Plus” sehingga menurut Sdr sendiri “belum diterima di Protestan”.

      Kedua, bukannya justru terbalik, dewasa ini semakin banyak gereja-gereja Katholik di banyak bagian dunia ini yang ditutup/disewakan/dijual karena kosong ditinggalkan oleh jemaatnya? Ini beberapa buktinya : http://www.nydailynews.com/news/national/islamic-group-strip-catholic-church-crosses-article-1.1744922 ; http://www.dailymail.co.uk/news/article-2332998/One-country-religions-telling-pictures-The-pews-churches-just-yards-overcrowded-mosque.html; http://www.wsj.com/articles/europes-empty-churches-go-on-sale-1420245359; http://www.dailykos.com/story/2015/01/13/1357344/-Empty-Churches-Go-On-Sale-in-Europe-as-Christian-Faith-Declines#

      Ketiga : Karena Sdr membawa perhatian ke perumpamaan Yesus tentang Gandum dan Lalang, bolehkah saya bertanya bgm pemahaman Sdr sendiri sbg seorang Katholik atas perumpamaan tsb? Apkh ribuan atau bahkan puluhan ribu kelompok/denominasi Kristen lainnya selain Katholik dan Orthodox adalah ‘Gandum’ atau ‘Lalang’? Tolong komentarnya ya.

      B. Sdr AS tulis : “…nabi palsu harus mati. Maxi sam sudah setuju, saksi untuk WT mati berarti sudah lebih dari 2orang…”

      SAYA JAWAB : Apakah saya ada mengatakan MP/WT adalah nabi palsu karena itu harus mati sehingga Sdr menjadikan saya sbg salah satu ‘saksi’ Sdr? Boleh tolong perlihatkan persisnya kutipan pernyataan saya itu?

      2. Sdr AS tulis : “Mengenai sosok Maxi, dia itu seorang kiper yg ditinggal striker, defender, winger, midfielder, ditinggal pelatih, ditinggal dokter tim, pontang-panting jumpalitan mencegah bola tidak masuk. Sudah jelas kebobolan banyak dan sudah game Over masih minta wasit nambah injurytime terus. Dia sudah kecapekan solo, dan bagian ujung kecewa berat krn Stauros adl Cross. Jadi sia2lah usahanya selama bertahun2, lebih baik begini, memang titik balik sadar dari mind control itu mengenaskan. Bung Maxi segera sadar ya dan jangan vakum, exit door sudah dekat hanya selangkah.”

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    2. -- l a n j u t a n n y a --
      SAYA JAWAB : Terima kasih untuk ungkapan keprihatinan Sdr. Tapi sekali lagi saya minta tolong untuk janganlah suka meniru ‘Bpk’ Sdr yaitu Pak Awi yang gemar membaca pikiran dan perasaan orang lain, krn kalau salah melulu malu atuh. Apakah memang benar saya ‘kecewa berat krn Stauros adl Cross’? Bisa tolong ditunjukkan di bagian mana ada pernyataan saya yang menyiratkan bahwa ‘Stauros adl Cross’ sehingga saya jadi kecewa berat?

      3. Berikut ini adalah beberapa tanggapan Sdr soal ‘bukti-bukti’ Stauros = Cross.
      A. Sdr AS tulis : “…Saksi dari Cross banyak. Google translate Greek to english (nggak jadul). The Imperial Bible Dictionary panjang lebar menyebutkan arti jadul dan arti sesudah pengaruh Romawi. Wikipedia menuliskan: tulisan Diodorus Siculus, Plutarch, dan Lucian (yg hidup seabad sebelum Masehi) memastikan bentuk salib sudah begitu lumrah, menggantikan yg makna yg jadul, ya karena kekuasaan Romawi begitu kasat mata…”

      SAYA JAWAB : Saya juga bisa bilang hal yang sama bahwa : “Saksi dari Stauros = an upright pale or stake banyak”. Karena Sdr merujuk ke Wikipedia, berikut ini referensi artikel yang memuat berbagai sumber sekuler yang ‘agak’kritis tentang Stauros dan Xylon https://en.wikipedia.org/wiki/Instrument_of_Jesus'_crucifixion . Saya sertakan juga rujukan yg menarik tentang hasil penelitian komprehensif yang relatif masih baru dari seorang pendeta dan theolog tentang topik ini : http://abcnews.go.com/GMA/jesus-christ-died-cross-scholar/story?id=11066130 ; http://www.exegetics.org/Q_and_A.html.

      B. Sdr AS tulis : “Maxi sendiri nulis Vines Expository Dictionary kalimat penutup: Hence, the Tau as T, in its most frequent form with the cross piece lowered was adopted to stand for the cross of Christ. Maka, salib Kristus adalah bentuk Tau yg dimodifikasi dengan menurunkan sedikit bagian palangnya. Thayers Greek Lexicon juga ada a cross…”

      SAYA JAWAB : Sdr AS pernah mengatakan “tiang siksa itu ketahuan cuma kutipan dictionary dari istilah stauros, yg dipenggal scr sembrono.” —— Menurut saya, cara Sdr melihat dan memahami apa yang dikatakan Vines Expositary Dictionary yaitu dengan hanya focus ke “kalimat penutup”nya saja, bisa juga dikatakan sbg “[me]menggal scr sembrono” apa yang sebenarnya dikatakan Dictionary tsb. Mengapa?

      Karena Sdr AS justru mengabaikan pernyataan kunci/substansi-nya yaitu : “…are originally to be distinguished from the ecclesiastical form of a two beamed “cross.” The shape of the latter had its origin in ancient Chaldea, and was used as the symbol of the god Tammuz… By the middle of the 3rd cent. A.D. the churches had either departed from, or had travestied, certain doctrines of the Christian faith. In order to increase the prestige of the apostate ecclesiastical system pagans were received into the churches apart from regeneration by faith, and were permitted largely to retain their pagan signs and symbols.” —— Ya, menurut Dictionary tsb, “salib” diadopsi dari kekafiran [lambang dewa Tammuz] oleh gereja yang telah murtad pada pertengahan abad ke 3 M. Bagi orang-orang kafir yang telah menjadi ‘Kristen’, mereka tetap diizinkan untuk mempertahankan tanda-tanda dan lambang-lambang kafir mereka termasuk “salib”. Bukankah kebiasaan tsb masih tetap berlaku sampai sekarang dlm Katholik?

      4. A. Sdr AS tulis : “Sekilas saya jawab 1Kor15:25-28 adl nubuat. Nubuat adl peristiwa di masa depan sebagai pegangan iman bahwa itu sungguh benar akan terjadi. Buktinya adl harus dibaca mulai dari ayat1 s/d 58. Semua bercerita ttg kebangkitan badan. …Nah sekarang lihat kebodohan watchtower. Ayat yg Maxi sebut itu patokannya adl peristiwa kebangkitan badan. Watchtower yg bodoh patokannya jatuhnya kota Yerusalem. Beda jauh bukan???, pucuk dengan pucuk, kalau Paulus pucuk akhir, wt sebaliknya. Dan th 1914 tidak ada apa-apa, bertentangan dg Kor.”

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    3. -- l a n j u t a n n y a --
      SAYA JAWAB : Mohon maaf rasanya Sdr agak keliru menurut saya. Mengapa? Pertama : Ayat 1 Korintus 15 : 25 – 28 saya cantumkan waktu itu bukan untuk membuktikan Yesus menjadi raja thn 1914 melainkan utk memperlihatkan bahwa jabatan Yesus sbg raja pun tdk akn berlangsung selamanya. Berikut ini kutipan jawaban saya : “Bahkan menurut Alkitab, jabatan Yesus sbg Raja tidak akan berlangsung selamanya [menurut Wahyu pasal 20 hanya akn berlangsung selama 1000 tahun] sbgmn dikatakan di 1 Korintus 15 : 25, 28…”

      Kedua, Ada banyak ayat lain yg saya cantumkan untuk menyanggah pernyataan Sdr bahwa “Sebelum turun ke bumi. Di surga itu Yesus sudah raja alam semesta” yang justru tidak Sdr tanggapi/komentari. Sebaliknya Sdr justru mengomentari 1 Korintus 15 : 25 – 28 yang sama sekali tidak berhubungan dg kapan Yesus akn dilantik menjadi raja.

      B. Sdr AS tulis : “Kristus adl raja alam semesta ayatnya di kejadian 1 penciptaan alam semesta. Saya sepakat dg Sdr AWI bahwa Yesus dan BapaNya menciptakan seluruh alam semesta. Yesus sendiri adl yang awal dan yang akhir, Alpha dan Omega, sebelum jadi kurban tak bernoda sudah Raja.”

      SAYA JAWAB : Bisa tolong sebutkan persisnya Kejadian 1 ayat berapa yang secara spesifik mengatakan Yesus adalah raja alam semesta? Krn saya sdh berkali-kali baca pasal tsb tp belum menemukan ayatnya.

      C. Sdr AS tulis : “Raja dalam 1kor:25-28 adl raja dalam kondisi manusia sudah bangkit, manusia sudah diseleksi, manusia sudah dibawa ke surga, manusia sudah warga negara kerajaan surga, manusia sudah menyaksikan rajanya secara kasat mata (sebelumnya Yesus dilihat hanya kodrat manusia biasa, sekarang dilihat sbg raja), bukan dalam konteks dadakan, baru diangkat, tapi raja yg sudah punya rakyat manusia karena sebelumnya surga hanya diisi malaikat saja, sekarang rakyatnya benar2 komplet (sejak Adam). Emang kondisi itu ada di th 1914????? No way.”

      SAYA JAWAB : Kalau demikian penafsiran Sdr atas ayat tsb, tidakkah itu akan bertentangan dg nubuatan dlm Mazmur 110 : 1, 2; Daniel 2 : 44; 7 : 13, 14; yang menubuatkan bahwa sewaktu tiba waktunya bagi Allah Yehuwa/Yahwe utk melantik Yesus sbg raja, justru ia akan menjadi raja sementara musuh-musuhnya masih ada/belum dibinasakan? Bukankah justru kalau dia menjadi raja pd thn 1914, akan selaras sepenuhnya dg nubuatan-nubuatan tsb?

      D. Sdr AS tulis : “Siapa yg ngajar th 1914,....ya CTR. Bukankah CTR itu demam piramid? Itung2an 1914 dg latar belakang piramid itu banyak di internet.”

      SAYA JAWAB : Sekali lagi beban pembuktian ada di pihak Sdr AS. Jd sebaliknya daripada mengatakan ada ‘banyak di internet’ saya kembali minta tolong “Bolehkah Sdr tolong berikan bukti yang sahih bahwa MP/SSY “mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza.”?

      5. Sdr AS tulis : “Definisi baptis diatas ada yang keliru, yaitu di bagian akhir “Pembaptisan berarti mati berkenaan dengan jalan hidup kita yang lama dan hidup kembali untuk melakukan kehendak Allah.” Bagian untuk melakukan kehendak Allah, itu kurang pas, cenderung agak diplesetkan. Apakah benar, untuk melakukan kehendak Allah harus dibaptis dulu? Nah Disinilah watchtower pandai memelintir kata-kata. Yang benar adalah untuk melakukan kehendak Allah, tanpa dibaptis bisa, tinggal dilaksanakan saja apa perintah Allah.”

      SAYA JAWAB : Lagi-lagi Sdr menjawab tidak sesuai dg apa yang saya tanyakan. Waktu itu karena Sdr mengatakan : “Baptis kayang itu tidak sopan, kurang ajar, tidak waras. Tidak usah repot2 cari ayat.” —— maka saya bertanya seperti ini kpd Sdr : “Kalau demikian bisakah Sdr AS tolong beritahu saya, baptisan yang ‘sopan’, ‘waras’, tidak ‘kurang ajar’ serta tidak sesat itu yang seperti apa sih? Sekaligus ayat Alkitabnya dong. Bukankah kita sama-sama setuju bahwa ‘Alkitab adalah satu-satunya standard untuk menilai suatu ajaran sesat atau bidat?’”
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    4. -- l a n j u t a n n y a --
      6. Sdr AS tulis : “Giliran saya bertanya pada Sdr Maxi. Apa yang Anda lakukan pada gambar Yesus yg berambut pendek? Percaya? Atau tidak percaya? Bolehkan Anda tidak percaya pada LMP? Bisakah Anda melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) LMP? Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu?”

      SAYA JAWAB : Terima kasih untuk pertanyaan-pertanyaan Sdr.
      A. Apa yang Anda lakukan pada gambar Yesus yg berambut pendek? Percaya? Atau tidak percaya? —— Karena saya bisa membuktikan kpd diri saya sendiri berdasarkan Alkitab bahwa Yesus bukanlah seorang ‘nazir’ yg berambut panjang, maka jawabannya adalah : Ya, saya percaya Yesus berambut pendek.

      B. Bolehkan Anda tidak percaya pada LMP? —— Kalau yg Sdr maksudkan dg LMP adalah Badan Pimpinan/Budak yang Setia dan Bijaksana, maka jawaban saya adalah : Ya, saya boleh tidak percaya kepada apa yang mereka sampaikan dalam bentuk makanan rohani melalui publikasi-publikasi/majalah-majalah jika itu tidak berdasarkan atau bertentangan dengan Firman Allah yang terilham, Alkitab.

      C. Bisakah Anda melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) LMP? —— Singkatnya, jawaban saya adalah : Ya, bisa. Tapi pertanyaannya adalah apakah saya mau melakukannya? Karena sejak awal MP/SSY tidak pernah mengklaim sebagai nabi yang tulisan-tulisannya terilham sehingga tidak dapat salah, dan seraya pengetahuan serta pemahaman Alkitab mereka bertumbuh mereka mendapati bahwa ajaran/kebiasaan/prosedur tertentu ternyata tidak berdasarkan atau selaras dg Alkitab dan mau menyesuaikan diri dg itu, maka jawaban saya adalah : Ya, saya memaafkan/berdamai dengan itu. Karena saya juga telah membuktikan berdasarkan Alkitab khususnya kpd diri saya sendiri bahwa inilah organisasi Kristen yang sedemikian miripnya dg organisasi Kristen abad pertama sehingga saya yakin organisasi ini dibimbing dan diperkenan oleh Allah dan Kristusnya.

      D. Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu? —— Jawaban saya : Tolak ajarannya dan utk penghakimannya serahkan kepada Allah Yehuwa dan Kristusnya.

      Sekarang saya tanyakan kembali beberapa pertanyaan Sdr AS : Bolehkan [Sdr AS] tidak percaya pada Tradisi Suci dan Magisterium Gereja [spt mis : Larangan penggunaan alat kontrasepsi/KB]? Bisakah Anda melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) [Gereja Katholik/Paus]? Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu?

      Demikian tanggapan saya. Berikutnya apabila Sdr masih mau menanggapi tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan saya, apakah saya bisa minta tolong untuk memberi nomor jawaban/tanggapan Sdr agar memudahkan saya sewaktu menanggapi balik? Juga, apakah bisa minta tolong agar jawaban/tanggapan Sdr bisa di’taruh’ di satu thread saja sebaliknya daripada ‘tersebar’ di beberapa thread? Terus terang agak menyulitkan saya mencari-cari jawaban Sdr. Makanya jika Sdr merasa sdh menjawab semua pertanyaan/tanggapan saya tapi saya belum jawab/tanggapi balik, mohon maaf karena saya kesulitan mencarinya ya.

      Terima kasih dan sampai ‘bertemu’ lagi. Untuk Bpk Awi, terima kasih mau memposting tanggapan saya ini.

      -- s e l e s a i --

      Hapus
    5. Hadeuhh, pusing palaku baca tulisan Maxi yg panjang amit.

      Yang penting2 aja ah, sisanya udah berulang2 ditulis juga akhirnya tidak dibaca

      Kej1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya....."
      Jika Bapa sendirian menciptakan manusia, buat apa ada kata "Kita" dan "rupa Kita"?
      Siapa gerangan yg bersama2 dengan Bapa? Alpha dan Omega kah?
      Ini kan sudah dituliskan Sdr AWI, saya hanya setuju dan menambahi disaat itu malaikat sudah ada, dan Yesus juga termasuk raja malaikat, sudah pasti rajanya manusia, rajanya alam semesta.

      Mengenai alat KB
      Sepasang muda-mudi minta dinikahkan secara Katolik dan Pastor setuju menikahkan. Tentu saat itu pasangan itu sudah siap untuk diberi Tuhan anak berapapun jumlahnya. Tapi dalam perjalanan waktu pasangan itu harusnya punya anak lima orang, baru lahir 2 anak sudah pakai alat KB permanen, alasan klisenya cari duit susah sekali, biaya sekolah sangat mahal.
      Maka gereja berhak mengajar bahwa pembuahan janin dalam lembaga perkawinan yang sah, tidak layak diatur manusia, biarlah Tuhan yang mengatur

      Bukankah ajarannya lurus? Bahwa pasangan yg menikah di gereja Katolik diarahkan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

      Mengenai gereja Protestan
      Katolik mengakui kebenaran yang berasal dari luar Katolik. Artinya dijamin tidak ada pengkatolikan orang yang sudah beragama lain. Lain halnya orang pindah jadi Katolik karena sukarela ya nggak bisa nolak, yang keluar dari Katolik aja dikasi kebebasan.
      Karena saya tidak tahu satu persatu denominasi Kristen maka saya nggak bisa berkomentar terlalu banyak denominasi, yang penting asal tidak bidat ya nggak masalah.
      Saya pribadi tidak anti Protestan, menerima sola scriptura tapi tidak pakai, tidak alergi sola-sola yang lain

      Mengenai dosa2 Katolik
      Kan sudah ke buka semua perang salib itu upaya membebaskan kota Jerusalem dari kekuasaan Turki yang Islam, sudah jelas itu dosa kedagingan
      Inkuisisi dosa salah dalam tataran eksekusi, sifatnya dosa kedagingan

      CTR pun melakukan dosa kedagingan dengan menjual bibit gandum biasa, diklaim bibit yg ajaib. CTR cekcok dengan istri juga dosa kedagingan
      JFR melakukan dosa kedagingan dengan berfoya2, doyan mabuk, pemarah berat.

      Dosa rohani itu dosa salah ajar, dosa meniru lidah ular taman Firdaus.
      Yesus disalib, lidah ular bilang ditiang siksakan
      Yesus bukan Mikhael, ular beludak bilang Yesus is Michael the archangel
      Yoh Pembaptis masuk surga, nabi palsu bilang Yoh Pembaptis tidak dapat masuk surga.
      Kristus menebus dosa manusia, anti Kristus bilang dosanya Adam yg ditebus, dosa manusia yang nebus kematian.
      Th 1914 tidak ada peristiwa iman apa2, wangsit mbah CTR bilang itu angka keramat yg harus dihafal.
      Anak SD di balai kerajaan udah dicekoki kayak gitu, nanti gedenya bikin repot masyarakat.

      Mengenai Stauros
      Menerjemahkan Alkitab jika ada saksi hidup tentu dapat prioritas, Para rasul, prajurit Romawi eksekutor, penduduk sekitar golgota adl saksi hidup, setelah saksi hidup urutan berikut baru orang Yunani asli yg mudeng arti Stauros, baru terakhir kamus. Wt justru kebalikan, kamus jadi nomor satu, itupun salah pilih arti yg jadul.

      Arti yang jadul itu awalnya orang bikin pagar pembatas rumah pakai batang kayu, lama lama orang bikin pagar buat pembatas desa pakai kayu yang lebih besar, berkembang lagi orang bikin benteng kota pakai kayu gelondongan. Karena orang doyan perang maka benteng kayu itu mudah dibakar dan gampang dijebol, maka orang mulai pakai semen dan Stauros jadi modern memiliki arti diluar kayu yang ditancapkan, terlebih sejak kekuasaan Romawi, menjadi salib. Salah pilih arti jadul sebab emang disengaja, karena raja dusta. Ongkos cetak TDB lebih mahal ketimbang survey langsung ke Yunani nanya2 penduduk asli yg mudeng Stauros.

      Kalau lihat komik asterix & Obelix akan tau Stauros jadul yg dibikin benteng desa, ujungnya runcing jejer2.

      Salam
      AS

      Hapus
    6. Tiang siksa direvisi jadi terang lama, maka semua saksi tersapu bersih tidak ada satupun yg selamat....menurut AD/ART organisasi. Sudah tidak ada langkah catur lagi tersisa...ya emang sudah lama skak mat.

      Salam
      AS

      Hapus
    7. Selamat malam Sdr AS dan selamat bertemu lagi. Terima kasih atas tanggapan Sdr. Berikut ini tanggapan saya.

      1. Sdr AS tulis : “Hadeuhh, pusing palaku baca tulisan Maxi yg panjang amit. Yang penting2 aja ah, sisanya udah berulang2 ditulis juga akhirnya tidak dibaca”

      SAYA JAWAB : Hadeuhh, lagi-lagi Sdr AS mulai sama dengan ‘Bpk’ Sdr yaitu Pak Awi dalam hal menilai/melihat tanggapan saya dari segi ‘panjang amit’ bukan dari substansinya. Kalau Sdr perhatikan satu hal yg buat tanggapan saya kelihatannya agak ‘panjang amit’ karena saya mengutip kembali tulisan-tanggapan Sdr secara utuh utk meminimalkan kesalahan dipihak saya.

      Sebagai perbandingan, berikut ini saya kutipkan lagi kesan pembaca non-SY tentang tulisan Sdr AS : “komen2 anda yg (maaf) tdk ada juntrungannya, … serampangan; ngalor ngidul, ga fokus sedang bicarakan apa – USA”, “Kalo mau komentar yg ga nyambung sama artikel di kotak sampah aja, spy org ga bingung nyari sambungane – (Caaww)”

      Makanya saran saya, mulai sekarang dan seterusnya, marilah kita sama-sama memusatkan perhatian bukan pada panjang pendeknya tulisan/tanggapan satu sama lain tapi lebih ke substansinya.

      2. Sdr AS tulis : “Kej1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya....." Jika Bapa sendirian menciptakan manusia, buat apa ada kata "Kita" dan "rupa Kita"? Siapa gerangan yg bersama2 dengan Bapa? Alpha dan Omega kah? Ini kan sudah dituliskan Sdr AWI, saya hanya setuju dan menambahi disaat itu malaikat sudah ada, dan Yesus juga termasuk raja malaikat, sudah pasti rajanya manusia, rajanya alam semesta.”

      SAYA JAWAB : Koq saya tetap tidak melihat ada frase “Yesus adalah raja alam semesta”, “raja malaikat” dan “rajanya manusia” di ayat tsb ya?

      3. Sdr AS tulis : “Mengenai alat KB. Sepasang muda-mudi minta dinikahkan secara Katolik dan Pastor setuju menikahkan. Tentu saat itu pasangan itu sudah siap untuk diberi Tuhan anak berapapun jumlahnya. Tapi dalam perjalanan waktu pasangan itu harusnya punya anak lima orang, baru lahir 2 anak sudah pakai alat KB permanen, alasan klisenya cari duit susah sekali, biaya sekolah sangat mahal. Maka gereja berhak mengajar bahwa pembuahan janin dalam lembaga perkawinan yang sah, tidak layak diatur manusia, biarlah Tuhan yang mengatur. Bukankah ajarannya lurus? Bahwa pasangan yg menikah di gereja Katolik diarahkan tidak menggunakan alat kontrasepsi.”

      SAYA JAWAB : Rasanya Sdr AS tidak menjawab substansi pertanyaan saya. Saya tidak mempertanyakan apakah “ajarannya lurus” atau tidak, tapi “BOLEHKAH Sdr AS TIDAK PERCAYA pada Tradisi Suci dan Magisterium Gereja [spt mis : Larangan penggunaan alat kontrasepsi/KB]”? Kalau boleh TIDAK PERCAYA, apkh ada sanksinya berupa ekskomunikasi atau tidak?

      4. Sdr AS tulis : “Mengenai gereja Protestan. Katolik mengakui kebenaran yang berasal dari luar Katolik. Artinya dijamin tidak ada pengkatolikan orang yang sudah beragama lain. Lain halnya orang pindah jadi Katolik karena sukarela ya nggak bisa nolak, yang keluar dari Katolik aja dikasi kebebasan. Karena saya tidak tahu satu persatu denominasi Kristen maka saya nggak bisa berkomentar terlalu banyak denominasi, yang penting asal tidak bidat ya nggak masalah.
      Saya pribadi tidak anti Protestan, menerima sola scriptura tapi tidak pakai, tidak alergi sola-sola yang lain.”

      SAYA JAWAB : A. Lagi-lagi Sdr AS tidak menjawab substansi pertanyaan saya. Kalau Sdr perhatikan pertanyaan saya di poin no 1 A bagian Ketiga : “Karena Sdr membawa perhatian ke perumpamaan Yesus tentang Gandum dan Lalang, bolehkah saya bertanya bgm pemahaman Sdr sendiri sbg seorang Katholik atas perumpamaan tsb? Apkh ribuan atau bahkan puluhan ribu kelompok/denominasi Kristen lainnya selain Katholik dan Orthodox adalah ‘Gandum’ atau ‘Lalang’?” – Jadi intinya adalah : Apakah mereka ‘Gandum’ atau ‘Lalang’?
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    8. -- l a n j u t a n n y a --
      B. Menarik utk memperhatikan pernyataan Sdr ini : “Katolik mengakui kebenaran yang berasal dari luar Katolik… yang penting asal tidak bidat ya nggak masalah. Saya pribadi… menerima sola scriptura tapi tidak pakai, tidak alergi sola-sola yang lain”

      Bandingkan dengan kutipan pernyataan disini : http://www.katolisitas.org/faqs/apakah-gereja-gereja-non-katolik-adalah-bidah-dan-skisma: “Sudah selayaknya kita memandang seluruh umat Kristen sebagai saudara di dalam Kristus. Bahwa MEMANG ADA PERBEDAAN AJARAN , memang itu adalah suatu kenyataan pahit dan menyedihkan yang harus kita terima. Menjadi tantangan bagi kita, umat Katolik, agar dapat merangkul mereka dengan penuh kasih. Kita dapat berdialog dengan mereka tentang perbedaan ajaran TANPA MENYEMBUNYIKAN dan MENGABURKAN KEBENARAN, namun harus tetap didasari semangat kasih. Intinya adalah, kita TIDAK DAPAT MENTOLERIR AJARAN YANG SALAH , KARENA KITA TIDAK DAPAT MENGABURKAN KEBENARAN. Namun, kita harus mengasihi orang-orang yang percaya akan ajaran yang berbeda dengan apa yang dipercayai oleh Gereja Katolik.”— [Huruf-huruf besar oleh saya]

      Bandingkan juga dg kutipan disini : http://www.katolisitas.org/3542/apakah-sola-scriptura-kitab-suci-saja-cukup : “Sola Scriptura” atau Kitab Suci sebagai satu-satunya pedoman iman, BUKANLAH MERUPAKAN PENGAJARAN yang bersumber dari KITAB SUCI. Kitab Suci adalah sebagian dari Tradisi Suci Gereja, sehingga Kitab Suci tidak dapat dipisahkan dari Tradisi Suci secara keseluruhan, yang dijaga dan dilestarikan oleh otoritas Magisterium Gereja Katolik. Kristus mendirikan Gereja untuk mengajar, menyucikan dan memimpin umat manusia dalam nama-Nya, sampai kepada akhir jaman. Maka jika kita menolak otoritas dari Tuhan ini, yang diberikan kepada para rasul dan para penerusnya, maka sesungguhnya kita menolak Kristus (lih. Luk 10:16). Gereja Katolik menerima Kitab Suci sebagai salah satu pedoman iman (lihatlah kepada Katekismus dan hasil- hasil Konsili yang mengutip banyak sekali ayat Kitab Suci sebagai landasan ajarannya), dan karenanya, menerima otoritas Kitab Suci sebab Kitab Suci merupakan Sabda Allah. Namun UMAT KATOLIK TIDAK DAPAT MENERIMA Kitab Suci sebagai satu-satunya pedoman iman (Sola Scriptura), terutama KARENA KITAB SUCI SENDIRI TIDAK MENGAJARKAN DEMIKIAN. Selain itu, Sola Scriptura juga BERTENTANGAN DENGAN SEJARAH, karena pada faktanya Gereja-lah yang menentukan kitab-kitab mana yang termasuk di dalam Kitab Suci, dan kitab-kitab mana yang tidak. Akhirnya, Sola Scriptura juga BERTENTANGAN DENGAN AKAL SEHAT dan MEMBAWA PERPECAHAN, … Dan ini sungguh telah terbukti dengan adanya sekitar 28.000 jumlah denominasi gereja Protestan. Jika kita memakai prinsip yang diajarkan Kristus untuk menilai apakah pohon itu baik atau tidak dari buahnya (Mat 12:33, Luk 6:44), maka kita akan mengetahui apakah ajaran Sola Scriptura itu baik atau tidak.” – [Huruf-huruf besar oleh saya]

      Pertanyaan saya : Koq pernyataan Sdr AS berbeda dg pernyataan ‘resmi’ Katolik? Apakah Sdr AS benar-benar seorang Katolik atau hanya ‘setengah Katolik’?

      5. Sdr AS tulis : “Mengenai dosa2 Katolik. Kan sudah ke buka semua perang salib itu upaya membebaskan kota Jerusalem dari kekuasaan Turki yang Islam, sudah jelas itu dosa kedagingan. Inkuisisi dosa salah dalam tataran eksekusi, sifatnya dosa kedagingan. CTR pun melakukan dosa kedagingan dengan menjual bibit gandum biasa, diklaim bibit yg ajaib. CTR cekcok dengan istri juga dosa kedagingan. JFR melakukan dosa kedagingan dengan berfoya2, doyan mabuk, pemarah berat.”

      SAYA JAWAB : Pertama, menurut saya, membandingkan dosa besar dan berat berupa pembunuhan serta penyiksaan yang keji dan biadab selama perang salib dan inkuisisi dengan ‘dosa’ CTR dalam kasus ‘gandum ajaib’ dan ‘cekcok dengan istri’ [menurut para penuduhnya] serta kasus JFR yang ‘berfoya2, doyan mabuk, pemarah berat’ [menurut Sdr AS] sungguh adalah bagaikan bumi dan langit alias sangat-sangat tidak nyambung, apalagi “apple to apple”.
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    9. -- l a n j u t a n n y a --
      Kedua : Dengan mengatakan bahwa itu hanyalah “dosa kedagingan” Sdr AS sebenarnya sedang mengencerkan bobot dosa tsb atau meminjam istilahnya Bpk Awi, Sdr sedang melakukan upaya ‘rasionalisasi’. Mengapa? Yesus dengan sangat jelas mengajarkan bahwa murid-muridnya harus ‘bukan dari dunia’ dan ‘Kerajaanku bukan dari dunia ini’. Juga mereka harus ‘saling mengasihi’, bahkan ‘kasihilah musuhmu’. Bukankah perang salib dan inkuisisi serta keterlibatan gereja Katolik pada PD I dan PD II maupun dosa-dosa lainnya adalah akibat dari ‘dosa rohani/dosa salah ajar’ [meminjam istilah Sdr AS]?

      6. Sdr AS tulis : “Dosa rohani itu dosa salah ajar, dosa meniru lidah ular taman Firdaus. Yesus disalib, lidah ular bilang ditiang siksakan. Yesus bukan Mikhael, ular beludak bilang Yesus is Michael the archangel. Yoh Pembaptis masuk surga, nabi palsu bilang Yoh Pembaptis tidak dapat masuk surga. Kristus menebus dosa manusia, anti Kristus bilang dosanya Adam yg ditebus, dosa manusia yang nebus kematian. Th 1914 tidak ada peristiwa iman apa2, wangsit mbah CTR bilang itu angka keramat yg harus dihafal. Anak SD di balai kerajaan udah dicekoki kayak gitu, nanti gedenya bikin repot masyarakat.”

      SAYA JAWAB : Beginilah akibatnya kalau Sdr AS hanya ‘menelan mentah-mentah’ apa yang dikatakan oleh Bpk Awi seolah-olah semuanya adalah mutlak benar. Mari kita cermati satu persatu.

      A. Yesus mati pada tiang siksaan [Stauros; Xylon]. Sudah saya jelaskan panjang lebar. Rasanya sudah cukup. Kita biarkan saja pembaca yang menilai.

      B. Yesus adalah Mikhael, sang Penghulu malaikat. Saya pernah memberikan beberapa referensi berupa link dari sesama SY yang sudah pernah membahas topic ini namun sayangnya sudah dihapus secara permanen oleh Bpk Awi. Pertanyaan besarnya adalah : Mengapa ya Bpk Awi melakukannya? Berikut ini saya sertakan lagi referensinya :
      http://jehovah.to/xlation/ar.html; http://www.jehovah.to/exe/general/angel.htm
      http://www.jehovah.to/exe/general/archangel.htm
      http://pastorrussell.blogspot.com/2009/02/is-jesus-christ-michael-archangel.html
      http://tearsofoberon.blogspot.com/2009/09/high-angel-christology-is-jesus-christ.html
      http://searchforbibletruths.blogspot.com/2009/11/archangel.html

      Berdasarkan banyak sumber sekuler, ternyata bukan hanya SSY yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah memang benar Mikhael, sang Penghulu malaikat, bahkan ada teolog dan sarjana Alkitab Susunan Kristen juga mengatakan demikian.
      Sbg contoh, bersama ini saya sertakan beberapa kutipan Commentary [Adam Clarke, Matthew Henry, John Gill, dll] yang saya cuplik dari e-Sword :

      Daniel 10:13, Adam Clarke’s Commentary : “But lo, Michael - Gabriel, who speaks, did not leave Cyrus till Michael came to take his place. Michael, he who is like God, sometimes appears to signify the Messiah, at other times the highest or chief archangel. Indeed there is no archangel mentioned in the whole Scripture but this one. See Jud_1:9; Rev_12:7.”

      Matthew Henry’s Commentary on the Whole Bible : “The first of the chief princes, Dan_10:13. Some understand it of a created angel, but an archangel of the highest order, 1Th_4:16; Jud_1:9. Others think that Michael the archangel is no other than Christ himself, the angel of the covenant, and the Lord of the angels, he whom Daniel saw in vision, Dan_10:5…”

      Daniel 10:10-21, Matthew Henry’s Concise Commentary: “… While Satan and his angels, and evil counsellors, excite princes to mischief against the church, we may rejoice that Christ our Prince, and all his mighty angels, act against our enemies; but we ought not to expect many to favour us in this evil world…”
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    10. -- l a n j u t a n n y a --
      Daniel 12:1-4 : “Michael signifies, “Who is like God,” and his name, with the title of “the great Prince,” points out the Divine Saviour. Christ stood for the children of our people in their stead as a sacrifice, bore the curse for them, to bear it from them. He stands for them in pleading for them at the throne of grace. And after the destruction of antichrist, the Lord Jesus shall stand at the latter day upon the earth; and He shall appear for the complete redemption of all his people…”

      Daniel 10:13 , John Wesley’s Explanatory Notes : “Withstood me - God suffered the wicked counsels of Cambyses to take place awhile; but Daniel by his prayers, and the angel by his power, overcame him at last: and this very thing laid a foundation of the ruin of the Persian monarchies. Michael - Michael here is commonly supposed to mean Christ. I remained - To counter - work their designs against the people of God.”
      Daniel 12:1 : For the children - The meaning seems to be, as after the death of Antiochus the Jews had some deliverance, so there will be yet a greater deliverance to the people of God, when Michael your prince, the Messiah shall appear for your salvation. A time of trouble - A the siege of Jerusalem, before the final judgment. The phrase at that time, probably includes all the time of Christ, from his first, to his last coming.”

      Daniel 10 : 13, John Gill’s Exposition of the Entire Bible : “but, lo, Michael one of the chief Princes, came to help me; called in the New Testament an Archangel, the Prince of angels, the Head of all principality and power; and is no other than Christ the Son of God, an uncreated Angel; who is "one", or "the first of the chief Princes" (x), superior to angels, in nature, name, and office; he came to "help" Gabriel, not as a fellow creature, but as the Lord of hosts; not as a fellow soldier, but as General of the armies in heaven and earth, as superior to him in wisdom and strength; and he helped him by giving him fresh counsels, orders, and instructions, which he following succeeded…”
      Daniel 12:1 : “And at that time shall Michael stand up,.... The Archangel, who has all the angels of heaven under him, and at his command, the Son of God, our Lord Jesus Christ; who is as God, as the name signifies, truly and really God, and equal in nature, power, and glory, to his divine Father: … and this will be at that time, when the eastern antichrist, the Turk, will be destroyed; for the words are closely connected with the last verse of the preceding chapter; and when also the western antichrist, the pope of Rome, will come to his end; for, as they rose, so they will fall, much about the same time; and then Christ will rise and stand up, as the glorious Head of the church, and as a triumphant Conqueror over all his enemies, and take to himself his great power, and reign, and that kingdom which of right belongs to him.”

      Daniel 10 : 13, Geneva Bible Translation Notes : “Even though God could by one angel destroy all the world, yet to assure his children of his love he sends forth double power, even Michael, that is, Christ Jesus the head of angels”
      Daniel 12:1 : (a) The angel here notes two things: first that the Church will be in great affliction and trouble at Christ's coming, and next that God will send his angel to deliver it, whom he here calls Michael, meaning Christ, who is proclaimed by the preaching of the Gospel.”

      Daniel 12:1-13, The Biblical Illustrator : “And at that time shall Michael stand up. 2. The time of the Antichrist is the time when Michael, the great prince over the Children of the prophet’s people, shall stand up in their behalf. Some think this is the Lord Jesus himself.”
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    11. -- l a n j u t a n n y a --
      Juga, John Calvin sewaktu mengomentari Daniel 10 : 13 dlm bukunya Commentary on Daniel – Volume 2 hlm 243, mengatakan : “He adds next, Behold! Michael, one of the chief leaders or princes, came to strengthen me. Some think the word Michael represents Christ, and I do not object to this opinion. Clearly enough, if all angels keep watch over the faithful and elect, still Christ holds the first rank among them, because he is their head, and uses their ministry and assistance to defend all his people. But as this is not generally admitted, I leave it in doubt for the present, and shall say more on the subject in the twelfth chapter…”

      Kemudian sewaktu mengomentari Daniel 10 : 21, hlm 259 : “…God seemed, at least for a time, to leave his people without help, and afterwards two angels were sent to contend for them; first, a single one was sent to Daniel, and then Michael, whom some think to be Christ. I do not object to this view, for he calls him a prince of the Church, and this title seems by no means to belong to any angels, but to be peculiar to Christ…” Dan Daniel 12 : 1, hlm 364 : “… By Michael many agree in understanding Christ as the head of the Church. But if it seems better to understand Michael as the archangel, this sense will prove suitable, for under Christ as the head, angels are the guardians of the Church. Whichever be the true meaning, God was the preserver of his Church by the hand of his only-begotten Son, and because the angels are under the government of Christ, he might entrust this duty to Michael…”

      Selebihnya saya sangat menganjurkan Sdr AS utk membaca link-link tsb dan berbagai sumber sekulernya spy Sdr AS bisa mendapatkan informasi yang berimbang sehingga tidak hanya ‘menelan mentah-mentah’ apa katanya ‘Bpk’ Sdr yaitu Pak Awi sbg mutlak benar padahal spt yang sdh saya buktikan dan akan terus saya buktikan Pak Awi banyak bohongnya juga euy.

      C. Mengenai Yohanes tidak pergi ke surga. Saya sbg seorang SY percaya demikian berdasarkan ‘penafsiran’ atas beberapa ayat Alkitab. Kalau Sdr AS sbg seorang Katolik percaya bahwa Yohanes pembaptis pergi ke surga berdasarkan ‘penafsiran’ atas ayat-ayat Alkitab juga ya silakan saja. Bukankah menurut Pak Awi “hal perbedaan tafsiran adalah hal yang paling terkecil untuk dipermasalahkan. Dan sebenarnya tidak perlu diributkan?” Bukankah masih banyak perbedaan ajaran serta kepercayaan antara Katolik dan Protestan karena perbedaan tafsiran tapi tidak Sdr AS permasalahkan? Jadi mengapa Sdr sangat bergairah mempermasalahkan hal itu dg SSY?

      D. Menurut Sdr AS : “Kristus menebus dosa manusia, anti Kristus bilang dosanya Adam yg ditebus, dosa manusia yang nebus kematian.” – Ini kata Sdr AS atau kata ‘Bpk’nya Sdr yaitu Pak Awi? Pertanyaan saya : Apakah Sdr AS sdh pernah membaca SEMUA artikel dlm berbagai publikasi MP yg secara spesifik membahas topik tebusan? Saya yakin Sdr AS akan ‘terkejut’ mendapati bahwa apa yang saya percayai sbg seorang SY tentang tebusan bertentangan dg berbagai ‘penafsiran’nya Pak Awi padahal ia pernah sesumbar tahu bahkan sampai INTI ajarannya MP/SSY.

      Berikut ini saya sertakan kutipan dari buku ‘Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan’ hlm 53: “Meskipun berdosa, kita dapat menerima berkat-berkat yang tak ternilai karena tebusan itu. Mari kita bahas beberapa manfaat dari pemberian, atau karunia, Allah yang paling berharga ini, yang bisa kita dapatkan sekarang dan di masa depan. Pengampunan dosa. Karena mewarisi ketidaksempurnaan, kita harus berjuang keras untuk melakukan apa yang benar. Kita semua berbuat dosa melalui perkataan atau perbuatan kita. Tetapi, MELALUI KORBAN TEBUSAN YESUS, KITA DAPAT MENERIMA “PENGAMPUNAN ATAS DOSA-DOSA KITA”. (Kolose 1:13, 14) Namun, untuk memperoleh pengampunan itu, kita harus sungguh-sungguh bertobat. Kita juga harus memohon dengan rendah hati kepada Yehuwa, meminta pengampunan-Nya atas dasar iman kita akan korban tebusan Putra-Nya.—1 Yohanes 1:8, 9.”
      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    12. -- l a n j u t a n n y a --
      E. Menurut Sdr AS : “Th 1914 tidak ada peristiwa iman apa2, wangsit mbah CTR bilang itu angka keramat yg harus dihafal.” – Benarkah demikian? Pertama, sudah beberapa kali saya minta tolong Sdr AS utk berikan bukti yang sahih bahwa CTR/MP/SSY “mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza” tapi sampai detik ini tidak ada satupun.

      Kedua, berdasarkan pemahaman saya atas banyak ayat-ayat Alkitab yg sdh pernah saya sampaikan tapi tidak pernah disinggung/dikomentari/dibantah oleh Sdr AS, Yesus baru dilantik sbg Raja dari Kerajaan Allah jauh dimasa depan sejak dia naik/kembali ke surga, yang berdasarkan kronologi Alkitab terjadi pada tahun 1914. Fakta sejarah meneguhkan hal ini. Bgm mungkin?

      Berdasarkan kitab Wahyu 11 : 15; 12 : 1 – 9, sewaktu Kerajaan Allah lahir/berdiri di surga, yang pertama dilakukan oleh sang Raja yaitu Mikhael/Yesus Kristus adalah membersihkan pusat pemerintahan Kerajaan itu, surga, dari Setan dan malaikat-malaikatnya. Ayat 7 : “Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, 8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. 9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” Apa akibat/hasilnya?

      Ayat 12 memberikan jawabannya : “Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang tinggal di dalamnya, celakalah kamu, hai bumi dan laut! Karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.” Ya, di sorga ada sukacita yang besar tapi sebaliknya dg bumi, CELAKA karena Setan dan malaikat-malaikatnya di campakkan ke bumi dalam keadaan marah besar [geram yang dahsyat]. Selain karena telah kalah perang di sorga, ia juga tahu bahwa waktu yang tersisa baginya tinggal sedikit/singkat sebelum ia dibinasakan.

      Fakta sejarah memperlihatkan betapa benarnya nubuat Alkitab tsb. Pd thn 1914 pecahlah PD I yang segera disusul dg berbagai peristiwa lainnya yang Yesus nubuatkan juga di Matius 24, Markus 13 dan Lukas 21, spt gempa bumi yang dahsyat, penyakit sampar, bala kelaparan, kejahatan semakin merajalela, dll, yang juga semakin meneguhkan catatan di 2 Timotius 3 : 1 – 5 sehubungan dengan keadaan orang-orang pada AKHIR ZAMAN. Ya, saya pribadi sangat yakin, berdasarkan kronologi Alkitab, bahwa sejak 1914 kita sudah hidup pada masa yg Alkitab sebut sbg AKHIR ZAMAN. Pengamat, sejarawan, dan orang-orang terkemuka lainnya juga mengakui bahwa tahun 1914 adalah semacam titik balik dalam sejarah peradaban manusia.

      Salah satu contohnya : Kolumnis Charley Reese mengatakan, “The 19th century—defined as a set of beliefs, assumptions, attitudes and morals—did not end on Jan. 1, 1901. It ended in 1914. That’s also when the 20th century, defined the same way, began…Virtually all of the conflicts that we have been concerned with all of our lives stemmed from that [first world] war. . . . It destroyed 19th century optimism and created the 20th century versions of hedonism, cynicism, anxiety, angst and nihilism.” http://articles.orlandosentinel.com/1998-01-13/news/9801120800_1_19th-century-20th-millennium

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    13. -- l a n j u t a n n y a --

      7. Sdr AS tulis : “Mengenai Stauros. Menerjemahkan Alkitab jika ada saksi hidup tentu dapat prioritas, Para rasul, prajurit Romawi eksekutor, penduduk sekitar golgota adl saksi hidup, setelah saksi hidup urutan berikut baru orang Yunani asli yg mudeng arti Stauros, baru terakhir kamus. Wt justru kebalikan, kamus jadi nomor satu, itupun salah pilih arti yg jadul. Arti yang jadul itu awalnya orang bikin pagar pembatas rumah pakai batang kayu, lama lama orang bikin pagar buat pembatas desa pakai kayu yang lebih besar, berkembang lagi orang bikin benteng kota pakai kayu gelondongan. Karena orang doyan perang maka benteng kayu itu mudah dibakar dan gampang dijebol, maka orang mulai pakai semen dan Stauros jadi modern memiliki arti diluar kayu yang ditancapkan, terlebih sejak kekuasaan Romawi, menjadi salib. Salah pilih arti jadul sebab emang disengaja, karena raja dusta. Ongkos cetak TDB lebih mahal ketimbang survey langsung ke Yunani nanya2 penduduk asli yg mudeng Stauros.”

      SAYA JAWAB : Spt yg sdh saya katakan di poin 6 A, saya sdh jelaskan panjang lebar disertai bukti-bukti sekuler mengapa saya yakin Stauros dan Xylon adalah SEBUAH tiang/tonggak/kayu/pohon BUKAN DUA buah tiang/tonggak/kayu/pohon bersilangan. Jadi ngga perlulah jauh-jauh ke Yunani modern utk survey langsung. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah ‘survey langsung’ ke masa lalu dengan membaca/meneliti/menyelidiki berbagai tulisan sekuler yang tersedia dan di tulis orang-orang pada masa-masa sekitar kematian Yesus dan tidak lama setelah itu tentang penggunaan kata Stauros dan Xylon serta apa makna sebenarnya kata itu pada masa-masa tsb.

      Ada seorang pendeta, Gunnar Samuelsson, yang bidang kepakarannya mencakup New Testament, New Testament Greek, The History of the Ancient Mediterranean World, yg belum lama ini telah melakukannya dan menuliskan hasil ‘survey langsung’nya tsb dlm bentuk disertasi/buku yg berjudul “Crucifixion in Antiquity: An Inquiry into the Background and Significance of the New Testament Terminology of Crucifixion”. Apakah Sdr AS sudah baca link yang saya berikan sehingga bisa melihat apa kesimpulannya? Jika belum, ini saya berikan lagi linknya : http://abcnews.go.com/GMA/jesus-christ-died-cross-scholar/story?id=11066130 ; http://www.exegetics.org/Q_and_A.html

      8. Ini adalah pertanyaan Sdr yang saya modifikasi dan belum Sdr AS jawab. “Bisakah Sdr AS melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) [Gereja Katholik/Paus]? Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu?”

      Kembali saya mohonkan : Berikutnya apabila Sdr masih mau menanggapi tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan saya, apakah bisa minta tolong untuk memberi nomor jawaban/tanggapan Sdr agar memudahkan saya sewaktu menanggapi balik?

      Demikianlah tanggapan saya. Terima kasih dan sampai bertemu lagi.

      -- s e l e s a i --

      Hapus
    14. Dear pembaca blog ini,

      Hal yg biasa bagi grup Unitarian utk mendukung teori Yesus adalah mahkluk ciptaan dng mengutip teolog Trinitarian secara keliru sebagai bukti mereka seolah-olah percaya bahwa Yesus ciptaan Allah karena tafsiran teolog yg mengindikasikan Yesus dng malaikat, khususnya Mikhael.

      Tentu jika para teolog Trinitarian percaya Yesus adalah malaikt Mikhael, sebagai ciptaan Allah, tentunya TIDAK! Jika Ya maka mereka bukanlah Trinitarian, bukan?

      Lalu dlm hal apa mereka percaya Yesus adalah malaikat? Jawabannya adalah teofani. Utk memahami apa itu, silahkan lihat http://www.sarapanpagi.org/teofani-vt25.html

      Jadi meskipun para teolog Trinitarian Yesus pernah menampakan diri sebagai malaikat dlm PL namun dalam bentuk teofani, bukan sebagai ciptaan tetapi sebagai Sang Pencipta.

      Bgm dng tafsiran para teolog Trinitarian yg dikutip Sdr. Maxi? Seperti misalnya John Calvin, silahkan baca artikel utk bahasannya:

      1. http://forananswer.blogspot.ca/2006/10/did-john-calvin-really-teach-that.html
      2. http://christianity.stackexchange.com/questions/26218/what-evidence-is-there-to-show-that-john-wesley-and-john-calvin-did-not-believe

      Sdr Maxi-Sam menulis:

      Saya pernah memberikan beberapa referensi berupa link dari sesama SY yang sudah pernah membahas topic ini namun sayangnya sudah dihapus secara permanen oleh Bpk Awi. Pertanyaan besarnya adalah : Mengapa ya Bpk Awi melakukannya?


      My reply:

      Saya percaya bahwa sebuah diskusi hrs dilandaskan pada kejujuran krn saya sedang melayani Allah yg suci dan penuh kekudusan. Jadi tidak terlintas dalam benak saya utk menghapus sebuah komentar, seberapa pahit pun, secara disengaja utk mempertahankan agar apa yang saya tulis adalah benar.

      Sdr Maxi menulis seolah-olah saya menyampaikan hal yg keliru ttg korban tebusan Kristus dng mengutip apa yg publikasi SSY ajarkan:

      saya sertakan kutipan dari buku ‘Apa yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan’ hlm 53: “Meskipun berdosa, kita dapat menerima berkat-berkat yang tak ternilai karena tebusan itu. . . .Karena mewarisi ketidaksempurnaan, kita harus berjuang keras untuk melakukan apa yang benar. Kita semua berbuat dosa melalui perkataan atau perbuatan kita. Tetapi, MELALUI KORBAN TEBUSAN YESUS, KITA DAPAT MENERIMA “PENGAMPUNAN ATAS DOSA-DOSA KITA”. (Kolose 1:13, 14) Namun, untuk memperoleh pengampunan itu, kita harus sungguh-sungguh bertobat. Kita juga harus memohon dengan rendah hati kepada Yehuwa, meminta pengampunan-Nya atas dasar iman kita akan korban tebusan Putra-Nya.—1 Yohanes 1:8, 9.

      Benarkah saya memahami dng keliru ajaran SSY? Silahkan pembaca klik di sini utk melihat buku yg sama yg dikutip oleh Maxi yaitu “Apa yang Sebenarnya…” Yg mengatakan ajaran SSY yaitu:

      Yesus membayar harga tebusan untuk membebaskan manusia dari dosa Adam. Dengan cara inilah Yesus memberikan harapan kepada keturunan Adam.

      Dr 2 kutipan dlm buku yg sama menyatakan 2 pernyataan yg bertentangan. Mengapa demikian? Ini utk menipu pembaca awam seolah-2 SSY percaya Yesus menebus dosa manusia! Padahal tidak karena ajaran SSY lainnya mengatakan bahwa : “Karena ia yang mati telah dibebaskan dari dosanya” (Roma 6:7) Apakah artinya? Seseorang yg mati sudah membayar dosanya sendiri karena dosanya terbebaskan.

      Jadi tantangan bagi Maxi-Sam dari saya utk dijawab adalah

      1. Dosa siapakah yg Yesus tebus jk kematiannya dosanya sudah terbebaskan

      2. Bgmn Yesus bisa menebus dosa Maxi-Sam, jika kematian Anda telah membebaskan dosa-2 Anda?

      Sdr Maxi-Sam ini agak lucu kadang-2. Ia adalah penggemar berat blog ini sekaligus budak organisasi. Sayangnya, begitu banyak tantangan-tantangan yg saya buat. Namun tidak satupun dijawabnya! Coba tolonglah jawab tantangan-2 yg saya buat. Mari kita buktikan iman Anda berdasarkan Alkitab ataupun tafsiran BP atas Alkitab.

      Mudah-2an ini menjawab argumen-2 Maxi-Sam

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Hapus
    15. Mengenai tiang siksa
      Kamusnya nggak salah, yang salah pemakainya. Salah pilih arti yang akibatnya mendustai salib Kristus.
      Mendustakan Kristus, upahnya hidup tidak bahagia di sisa umur penjual tiang siksa.
      Jadi dustailah sak puasmu, dustailah anak cucumu sendiri biar bisa nemenin nabi NHK.

      Forumnya membongkar wt dan nabinya, ya isinya seperti ini, dosa2 Katolik sudah dibuka di katolisitas, buat apa dibahas disini.

      Alkitab aja bisa diutak-atik, surat Paulus bisa diserongkan. Apalagi buah pikiran John Wesley dan John Calvin juga lebih bisa diserongkan. Orang yg niat berbuat jahat bisa melakukan apapun. Link referensinya Mormon dikasihkan ke Maxi, nanti pasti ditolak. Majalahnya Mormon, "Liahona" diabonemenkan ke alamat Maxi, nanti jadi bungkus kacang rebus.

      Salam
      AS

      Hapus
    16. Maxi memang lihai dalam membuat orang tidak fokus.

      Persoalan dusta dialihkan untuk men-Judge Protestan.

      Tapi sayang secerdik-cerdiknya Maxi, dia belum belajar sepuluh perintah Allah. Mendustai Allah dan mendustai sesama

      Luk16:19-31 Orang kaya dan Lazarus yg miskin
      Poin pentingnya:
      Almarhum saksi pengen hidup barang sedetik untuk mengingatkan Maxi
      Kematian tidak membebaskan dosa almarhum IBSA/ Witnesses.

      Salam
      AS

      Hapus
    17. Selamat malam Sdr AS. Berikut ini tanggapan saya atas berbagai komentar jawaban Sdr yg ‘tersebar’ di beberapa thread.

      1. Sdr AS tulis : “Forumnya membongkar wt dan nabinya, ya isinya seperti ini, dosa2 Katolik sudah dibuka di katolisitas, buat apa dibahas disini.”

      SAYA JAWAB : Terus terang agak lucu saya membacanya. Bukankah saya sedang berdiskusi dg Sdr AS bukan dg situs ‘katolisitas’? Karena Sdr seorang Katolik rasanya adalah wajar dan sangat beralasan dong kalau saya menanyakan pendapat/pandangan Sdr AS PRIBADI tentang berbagai kepercayaan,tradisi, serta sejarah gereja Katolik sbgmn yang kalian lakukan terhadap kami SSY. [1 Petrus 3 : 15]

      2. Sdr AS tulis : “Alkitab aja bisa diutak-atik, surat Paulus bisa diserongkan. Apalagi buah pikiran John Wesley dan John Calvin juga lebih bisa diserongkan. Orang yg niat berbuat jahat bisa melakukan apapun. Link referensinya Mormon dikasihkan ke Maxi, nanti pasti ditolak. Majalahnya Mormon, "Liahona" diabonemenkan ke alamat Maxi, nanti jadi bungkus kacang rebus.”

      SAYA JAWAB : Pertama, secara pribadi apkh Sdr AS sudah pernah membaca Alkitab TDB/NWT?

      Kedua, Apkh Sdr AS juga sudah pernah membaca berbagai Alkitab terjemahan Katolik spt Douay-Rheims, New Jerusalem Bible, dan New American Bible serta membandingkannya dg TB LAI? Apakah tdk ada unsur ‘utak-atik’ menurut pemahaman Sdr?

      Ketiga : Apkh Sdr AS bisa tolong tunjukkan dibagian mana saya ada ‘menyerongkan’ buah pikiran John Wesley dan John Calvin?

      Keempat : Sdr kembali mencoba membaca pikiran saya meskipun sdh berulang kali saya minta tolong utk tidak melakukannya krn sejauh ini selalu salah. Sdr tidak kasih-pun saya SUDAH baca situsnya Mormon srta majalahnya ‘Liahona’. Bahkan situs katolisitas pun sudah sering saya baca meskipun Sdr tidak pernah memberikannya ke saya. Jadi sekali lagi tolonglah jangan suka membaca pikiran/perasaan orang. Lebih baik baca dan jawablah tulisan serta pertanyaan-pertanyaan yg sdh cukup banyak saya sampaikan ke Sdr AS. Pertanyaan saya : Apkh Sdr AS sudah baca berbagai referensi yang saya berikan kpd Sdr?

      3. Sdr AS tulis : “Maxi memang lihai dalam membuat orang tidak fokus. Persoalan dusta dialihkan untuk men-Judge Protestan.”

      SAYA JAWAB : Persoalan dusta yang mana yg Sdr maksudkan? Saya yang lihai dlm membuat orang tidak focus atau Sdr AS yang banyak membuat pernyataan tapi tanpa dasar serta minim penjelasan apalagi ayat Alkitab, sehingga justru membuka banyak ruang bagi pembaca utk bertanya lagi dan bertanya lagi?

      4. Sdr AS tulis : “Paulus sang Duta Salib Kristus dapat karunia bisa berbahasa apapun, pasti sebagai duta salib sudah berbicara dalam tiap bahasa dengan message sejernih kristal bahwa Yesus disalibkan. Demikian pula keduabelas rasul yg berpencar bisa berbicara bahasa apapun diluar bahasa Ibrani dan Yunani. Jadi kita jangan terpantek bahasa Yunani saja tapi tiap bahasa sudah ada istilah yg setara salib/cross/ kayu bersilang. Seluruh Eropa hampir dikuasai Romawi tentu sudah mudeng salib pula. … Saksi salib adl orang Kudus, Santo/santa yg punya Relic berupa salib. Masak orang suci mau berdusta? Contohnya FX Xaverius misionaris pertama di Asia, punya Relic rosario yg ada salibnya.”

      SAYA JAWAB : Sudah cukup banyak argument serta dasar dan bukti yg saya sajikan bahkan dari sumber-sumber sekuler non-SY tentang topic ini. Sebaliknya dp membuktikan saya salah dg menyerang argument serta dasar dan bukti yg saya sajikan, Sdr AS justru berulang-ulang menyampaikan pernyataan yg bahkan bagi seorang Protestan belum tentu akn menerimanya. Contohnya Sdr menyebutkan Relik/Relikwi disini. Saya rasa sudah cukup sehingga saya tidak akan menanggapi lagi topic ini.

      -- b e r l a n j u t --

      Hapus
    18. -- l a n j j u t a n n y a --

      5. Sdr AS tulis : “Link referensi yg diberi Maxi itu bertanggal 2010 si duta tiang penggantungan, bikin Tesis, lima tahun kemudian tidak ada reaksi apa2, 2015 tidak ada yg menindaklanjuti tesisnya. Dan pembuat Tesis dipuji2 oleh orang2 nya SSW, kemudian dipakai SSW sbg referensi.”

      SAYA JAWAB : Menurut saya pernyataan Sdr ini adalah bagian dari ‘ad-hominem’. Yakinkah Sdr AS bahwa hasil ‘survey langsung’-nya tidak ada reaksi apa-apa dan tidak ada yang menindaklanjuti? Apkh Sdr SUDAH BACA dg cermat link referensi tsb?
      Saya melihat dari komentar-komentar Sdr AS sama sekali tidak menanggapi atau menjawab berbagai pertanyaan yg substantif tapi sebaliknya menanggapi/menjawab hal-hal yg kurang penting.

      Sbg contoh : Sdh 2 kali saya menanyakan pertanyaan ini tp sampai sekarang belum di jawab : “BOLEHKAH Sdr AS TIDAK PERCAYA pada Tradisi Suci dan Magisterium Gereja [spt mis : Larangan penggunaan alat kontrasepsi/KB]”? Kalau boleh TIDAK PERCAYA, apkh ada sanksinya berupa ekskomunikasi atau tidak? “Bisakah Sdr AS melabrak ajaran2 salah, atau hanya berdamai (memaafkan segala kesalahan) [Gereja Katholik/Paus]? Apa yg Anda lakukan thd nabi palsu?” Berarti ini yang ke 3 kalinya.

      Kalau yg ini malah sdh ¾ kali saya tanyakan : Bisakah tolong berikan bukti yang sahih bahwa CTR/MP/SSY “mengajarkan pentakhtaan th 1914 dengan latar belakang piramida Giza?” Yg terakhir : Mengenai ‘akhir zaman’ 1914, mengenai Mikhael, dll.

      Semoga Sdr AS masih mau dan berkenan utk menjawabnya. Terima kasih dan sampai bertemu lagi.

      -- s e l e s a i --

      Hapus
    19. Tidak ada yg salah dgn membaca pikiran

      Yesus membaca pikiran orang Farisi dan pemuka agama

      Maxi sudah tau banyak tapi ingin menguji, sambil mencuri kesempatan kalau ada salah jawab yg bisa dimanfaatkan.
      Maxi ingin mengulur waktu, dan mengail di air keruh agar Katolik dan Protestan saling cekcok.

      Pertanyaan Maxi adl pertanyaan saksi pada umumnya, maka akan saya jawab, tapi waktunya saya ulur, agar fokus membongkar dusta watchtower tidak mandek hanya untuk melayani Maxi saja.

      Pertanyaan yg saya jawab: apakah orang Katolik harus percaya semua ajaran gereja?
      Sangat gampang, gembala tentu akan membuat ajaran yg meliputi seluruh kawanan domba nya. Seorang bapak tentu akan membuat arahan yg harus mengikat istri dan semua anak. Domba harus nurut kepada gembala, tapi ada saja domba yg jalannya lambat, susah dikendalikan, kebanyakan nyelonong kesana kemari, ada domba yg bandel juga.
      Demikian juga seorang bapak akan mengatur semua anaknya harus nurut, tapi ada anak yg harus di dispensasi, ada anak yg cuek, ada anak yg bandel, ada anak yg acuh tak acuh.
      Nah, Maxi sebetulnya sudah tahu tapi ingin agar menjawab dengan salah shg dapat di counter attack.

      Beda bukan dengan grup kultus, semua domba yg lamban dihadiahi sakit rohani, domba yg bandel langsung dipecat, domba yg nakal dikucilkan, domba yg berkehendak bebas harus baris seperti militer.

      Orang Katolik harus percaya semua ajaran gereja, tapi selalu ada yg belum paham, belum melaksanakan, belum tahu, belum yakin, belum sreg. Ya itulah realita bahwa Katolik bukan kumpulan orang2 yg seragam, tapi aneka karakter.

      Maxi sam jangan buang2 waktu, sebagai unitarian Anda harus fokus pada sepuluh perintah Allah. Semua orang harus taat, organisasi Anda tidak taat mendustai Allah, dan mendustai sesama itu mikirnya cukup 5 detik, jangan diulur2 ke topik2 tidak fokus.

      Salam
      AS

      Hapus
  67. Terinspirasi dari duta besar nya watchtower

    Bisakah melabrak sepuluh perintah Allah?
    Organisasi sole distributor saluran komunikasi Allah meNabrak 10 perintah Allah via publikasi, maupun praktek kesehariannya.

    Sudah tersebar penjelasannya dalam kalimat sederhana dan mudah dimengerti dalam setiap sudut blog ini dan dalam bahasa yg mudah dimengerti yaitu bahasa Indonesia yg formal, maupun informal/gaul.

    Salam
    AS

    BalasHapus
  68. Hallo pembuat artikel ini,
    mohon anda pelajari lagi artikel anda dengan otak kemampuan yang anda miliki. dari mana anda tau tentang semua ini? apakah anda pernah masuk kedalamnya dan mempelajarinya? apakah artikel ini dibuat berdasarkan hayalan anda? atau kumpulan beberapa artikel orang lain yang anda baca lalu anda copy kembali artikel tersebut yang belum tentu terbukti kebenarannya?

    salam
    STRR

    BalasHapus
  69. Yuk, kita tanya in saksi...
    Balai Kerajaan itu.....Kerajaan APA?
    Kalau Kerajaan Surga....jelas tidak Alkitabiah, Ayatnya dimana itu surga buka cabang di bumi
    Kalau Kerajaan JW.Org....berarti kerajaan duniawi, katanya bukan bagian dari dunia.

    Pertanyaan ini akan membuat saksi menjawab dengan ABSTRAK dan TIDAK SERAGAM melainkan imajinasi rasionalisasi masing2. Maka SSW yg terkenal seragam akan bingung sendiri mau jawab apa, dibahas penatua 3jam pun nggak akan selesai problem simalakama, dan akan membuat balai kerajaan ricuh dan kocar-kacir sendiri Wkwkwkwk.....

    Salam
    AS

    BalasHapus
  70. Filosofi yg terkandung dalam Watchtower adl filosofi kekuasaan; kerajaan duniawi; keangkuhan; estetika belaka, bertolak belakang dengan ajaran Alkitab: kerendahan hati, kesederhanaan, kasih, perdamaian, dll.

    Simbolisasi Watchtower selalu muncul walaupun kastil2 Eropa sudah kuno, ketinggalan jaman, jadul. Sekarang era demokratis simbolisasi nya gedung parlemen. Jaman kakek CTR sudah kuno, seratus thn kemudian masih dipakai, ^_^'. Bener2 nggak sadar salah merek. Dan yg terpenting isinya paket dusta, menunya loyal.

    Kerajaan dusta meluaskan wilayahnya dengan mengambil upeti yg ditransfer balai kerajaan dusta. Belajar dari sejarah, upeti tidak pernah jatuh ke tangan fakir miskin tapi masuk pundi2 kerajaan/ harta sah kerajaan/ khasanah perbendaharaan raja yg dicairkan sesuka-sukanya raja, untuk foya2 bisa, untuk beli permata mas kawin bisa, untuk menyuap raja lain bisa, untuk belanja alat perang juga bisa.

    Salam
    AS

    BalasHapus

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.